Inilah 12 Cara Mengubah File PDF ke Excel yang Paling Mudah


Cara Mengubah File PDF ke Excel – Sebuah file dokumen PDF bisa berisikan apa saja, entah itu gambar, tulisan, ataupun kombinasi keduanya. Biasanya, file PDF yang berkaitan dengan laporan atau skripsi bisa saja mengandung data-data berupa tabel dan angka-angka.

Bagaimana jika tabel tersebut ingin kita gunakan dalam aplikasi Sheet seperti Excel ataupun Google Sheet? Tentu hal ini tidak memungkinkan, mengingat Excel tidak dapat membuka file PDF.

Terlebih lagi, file PDF juga tidak memiliki format seperti Excel yang bisa mengenali baris dan kolom. Nah, salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasinya adalah dengan mengubah file PDF tersebut menjadi file Excel alias file berformat XLS. Apakah hal tersebut memungkinkan? Tentu saja bisa, karena kami punya informasi yang bisa membantu Anda dalam mengonversi file PDF menjadi XLS.

Baca juga : Penerus Oppo Find X2 Membawa Kamera Makro ‘Mikroskop’

Tapi sebelum kita mulai, pastikan bahwa file PDF yang hendak dikonversi sudah melalui tahapan OCR alias Optical Character Recognition. Anda perlu melakukan proses ini supaya teks di dalam PDF bisa dipindai dan diseleksi untuk kemudahan konversi. Kunjungi laman ini untuk mengetahui caranya. Ada 2 type Cara Mengubah File PDF ke Excel, yaitu secara online dan secara offline. Mari kita bahas satu persatu yah.

Secara Online

Kelebihan yang kamu peroleh ketika convert PDF to Excel dengan layanan internet, kamu tidak perlu meng-install aplikasi dan bisa melakukannya melalui perangkat apapun. Ditambah, ini semua gratis, tak perlu biaya apapun (hanya modal kuota atau WiFi saja).

Cukup search di halaman website favoritmu dan ikuti tahap-tahap konversi pada situs yang kamu pilih. Berikut adalah beberapa situs yang recommended untuk mengubah PDF ke Excel.

1. iLove PDF

Masih sama seperti cara sebelumnya, kunjungilah situs (ilovepdf.com). Setelah itu, pilih file yang akan diubah dan pastikan kamu memilih format PDF, lalu click Open. Tunggu hingga dokumen PDF kamu berhasil diunggah, jika sudah, klik opsi Convert to Excel dan tunggu lagi sampai proses konversi selesai.

Selanjutnya, pilih Download Excel untuk menyimpan file dalam perangkat, atau gunakan opsi Google Drive dan Dropbox jika mau menyimpannya secara online.

2. PDF to Excel

Ada pula cara lainnya yakni dengan membuka website (pdftoexcel.com). Melalui situs ini, kamu bisa mengubah file PDF ke dalam satu format saja, yaitu Excel. Usai dibuka, kamu dapat drop atau drag file yang akan dikonversi lalu klik Upload dan pilih Format File PDF.

Selanjutnya, klik Open dan tunggu proses unggah hingga converting selesai, kalau ingin lebih cepat, kamu bisa menggunakan versi berbayar. Apabila sudah, jangan lupa pilih Free Download untuk menyimpan hasil konversi.

3. Hi PDF

Situs yang tak kalah bagus untuk proses converting adalah (hipdf.com). Untuk mengunggah dokumen yang akan diubah ke Excel, klik opsi Choose File dan pilih File Format PDF. Selanjutnya, klik Open dan tunggu sampai file tersebut berhasil di-upload.

Jika sudah, langsung pilih Convert, tunggu beberapa saat sebelum muncul tombol mengunduh hasil konversi dengan memilih Download. Selesai, deh, file PDF-mu sekarang sudah berubah jadi Excel.

4. Soda PDF

Cara paling praktis selanjutnya adalah konversi file melalui website Soda PDF yang rupanya menyediakan beragam pilihan format di dalamnya. Langkahnya gampang banget, buka situsnya (sodapdf.com) dan klik opsi Pilih PDF.

Setelah dokumen ditemukan, pilih Open untuk mengunggah. Seusai berhasil diunggah, file tersebut akan otomatis di-convert ke Excel oleh website-nya. Tunggu hingga proses selesai lalu klik Download atau pilih opsi Kirim File melalui e-mail.

5. Clever PDF

Sebenarnya cara ini bisa kamu lakukan secara online maupun offline, aplikasinya juga dapat dipasang pada perangkat Windows dan Mac. Tapi, tahapan yang dipaparkan kali ini untuk versi online, ya. Situsnya bisa kamu temukan dengan mudah, yaitu (cleverpdf.com).

Setelah mengunjungi websitenya, kamu dapat langsung mengunggah file dengan Pilih File. Selanjutnya klik Start Convert, tunggu hingga prosesnya selesai, lalu pilih Download.

6. Via SmallPDF.com

Yang satu ini jauh lebih simpel dari cara sebelumnya. Alih-alih menggunakan cara manual menyalin tablet satu per satu, Anda bisa mengunggah file PDF yang editable ke situs SmallPDF.com. Setelah diunggah, situs tersebut akan membuatkan versi XLS-nya yang bisa Anda edit dengan format kolom dan baris yang sama persis seperti aslinya.

  1. Buka situs SmallPDF.com atau dengan mengklik link ini.
  2. Kemudian, klik pada pilihan PDF to Excel seperti pada gambar di atas.
  3. Klik Choose file dan pilihlah file PDF yang akan dikonversi.
  4. Anda akan dihadapkan dengan dua opsi, yakni Convert to Excel dan Convert to Excel with OCR. Pilihlah opsi Convert to Excel, karena file PDF Anda sudah melalui tahapan OCR sebelumnya. (Jika belum, ikuti langkah-langkah pada artikel cara mengedit file PDF hasil scan.)
  5. Klik tulisan Choose option dan proses konversi akan langsung berjalan.
  6. Klik tulisan Download untuk mengunduh hasil konversi dalam format XLSX.

Silakan buka file Excel tersebut menggunakan Microsoft Excel. Tabel yang ada di dalamnya sudah sesuai dengan aslinya – angka-angka berada di baris dan kolom yang seharusnya. Jadi, Anda bisa langsung melakukan menggunakan tabel tanpa perlu penyesuaian format.

Secara Offline

Kebalikan dari cara online, meskipun harus mengunduh aplikasi di perangkat terlebih dahulu, app ini mungkin bisa lebih memudahkan kamu. Karena, kamu mungkin tidak terkoneksi dengan internet selama 24 jam, dan ketika kamu butuh meng-convert PDF ke Excel, kamu sudah punya aplikasinya di perangkat.

Terlebih, aplikasi-aplikasi konversi ini tersedia dalam dua versi, berbayar dan juga gratis. Kamu dapat convert PDF to Excel kapanpun, bahkan tanpa adanya internet. Berikut beberapa aplikasi convert yang bisa kamu install sekarang juga.

1. Menggunakan Adobe Acrobat DC

Siapapun yang sering berkutat dengan file PDF pastinya sudah tidak asing dengan program Adobe Acrobat, sebuah software untuk membaca, mengedit, dan mengonversi file PDF paling populer yang pernah ada. Apapun yang ingin Anda lakukan pada file PDF, Adobe Acrobat sungguh menunjang semuanya, termasuk mengubah file PDF menjadi format Excel.

Akan tetapi, aplikasi ini memang tidak tersedia secara gratis, dan membutuhkan biaya langganan berkala untuk menggunakannya. Namun jika Anda sudah memilikinya di laptop, Anda bisa menggunakan tahapan di bawah ini.

  1. Buka file PDF menggunakan Adobe Acrobat DC.
  2. Klik pada menu Export PDF.
  3. Pilih menu Spreadsheet dan klik pada tulisan Export.
  4. Pilihlah direktori penyimpanan dan simpan hasil konversi yang telah Anda buat.

Ya, semudah itu. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengotak-atik pengaturan agar lebih sesuai dengan hasil yang diharapkan. Misalnya, Anda bisa membuat worksheet terpisah untuk masing-masing tabel, atau membuat worksheet berbeda untuk halaman PDF yang berbeda.

2. PDF to All Converter

Aplikasi gratis ini sebenarnya multifungsi, tak hanya dapat mengubah PDF ke Excel melainkan juga format-format dokumen yang lainnya. Langsung saja, kalau mau mengubah PDF ke Excel, first step yang perlu kamu lakukan adalah menjalankan aplikasi dan klik Browse.

Setelah itu, pilih dokumen yang ingin diubah dengan klik File PDF lalu klik Open. Pastikan kamu memilih PDF to Excel. Selanjutnya, tunggu hingga proses konversi selesai dan file milikmu otomatis tersimpan. Untuk membuka hasil convert to Excel, pilih Open Output Folder, ya.

3. PDF Element

Software selanjutnya yang bisa kamu coba bernama PDF Element. Melalui aplikasi tersebut, kamu dapat melakukan konversi tanpa terhubung internet, canggih, kan? Pastikan terlebih dahulu menginstall aplikasinya, ya. Selanjutnya, buka dan pilih opsi Open File.

Lalu, cari dokumen yang ingin diubah, terus klik File PDF dan pilih Open. Cari lagi opsi Convert pada menu bar, serta tambahkan keterangan To Excel, lalu klik Continue. Jangan lupa tentukan lokasi folder penyimpanan. Terakhir, pilih Save dan tunggu hingga konversi selesai sebelum klik opsi Finish.

4. Foxit Reader

Convert PDF dengan cara ini cukup unik dibandingkan cara-cara sebelumnya. Aplikasinya bisa didapatkan secara gratis melalui situs resminya. Bedanya, untuk aplikasi ini, kamu harus membuka file PDF terlebih dahulu dan copy paste isi dokumennya dengan pilih tab Home, Select, lalu Select Text lagi atau tekan CTRL + A.

Jika semua teks sudah ter-copy, jalankan Microsoft Excel dan klik Paste atau Paste Keep Source Formatting untuk hasil yang lebih rapi menyesuaikan dengan format aslinya. Dan, terakhir pilih Save.

5. Melalui Copy Paste

Nampaknya ini merupakan sebuah cara yang paling umum, di mana Anda tinggal perlu melakukan seleksi pada semua tulisan yang ada di file PDF dan melakukan paste ke sebuah file Excel yang baru.

Ini tergolong cara yang cukup ampuh jika Anda memiliki tablet dengan jumlah kolom yang tidak terlalu banyak, karena Anda akan melakukan penyesuaian terhadap lokasi cell agar sesuai dengan format aslinya. Berikut adalah caranya.

  1. Buka file PDF yang ingin dimasukkan ke dalam Sheet.
  2. Lakukan seleksi pada sebuah tabel.
  3. Buka aplikasi Microsoft Excel, kemudian buka file Spreadsheet yang baru.
  4. Paste-kan tabel yang telah disalin tadi ke dalamnya.
  5. Anda akan menyadari bahwa format pada Excel tidak sesuai dengan yang ada di PDF. Lakukan pengeditan untuk hingga kolom dan barisnya sesuai seperti aslinya.
  6. Lakukan penyimpanan pada file dengan format XLS dan Anda sudah berhasil melakukan konversi dari PDF ke XLS.

Tentu saja, meskipun cara ini tidak memerlukan aplikasi tambahan, cara manual seperti ini akan cukup merepotkan apabila banyak jumlah tablet yang perlu disalin. Keuntungannya, Anda tidak perlu menginstal apapun dan tidak membutuhkan koneksi internet.

6. Menggunakan Software Able2Extract

Cara sebelum mungkin membuat Anda kesulitan apabila file-nya berukuran besar dan tidak punya kecepatan internet yang memadai. Nah, cara ini bisa jadi pas untuk Anda, karena mengandalkan aplikasi yang hanya perlu diinstal sekali.

  1. Unduh aplikasi Able2Extract melalui link ini.
  2. Instal aplikasi tersebut pada PC Anda.
  3. Buka aplikasi Able2Extract dan klik Open, pilih file PDF yang akan dikonversi.
  4. Di sidebar sebelah kanan, ada seksi Selection. Klik pada tulisan Select all.
  5. Pada tab Convert, Anda bisa memilih menu Excel untuk melakukan konversi file PDF ke Excel.
  6. Akan muncul dua pilihan, yakni Automatic dan Custom. Jika ingin formatnya sama persis dengan file PDF asli, pilihlah opsi Automatic dengan mengklik tulisan Convert. Pilihan Custom mengharuskan Anda untuk melakukan penyesuaian lagi terhadap struktur tabel.
  7. Pilih direktori penyimpanan dan klik tombol Save.

Coba buka file XLSX yang sudah disimpan tadi. Dijamin, hasilnya akan serupa dengan yang cara No. 2 tadi, menjaga keaslian format tabel supaya tidak berbeda dengan aslinya. Sekarang, tabel tersebut bisa digunakan sebagai referensi untuk sheet lainnya menggunakan formula yang Anda butuhkan. Memang cukup disayangkan, untuk versi trial-nya, Anda dibatasi hanya bisa melakukan konversi maksimal tiga halaman dalam sekali proses.

Ternyata, mengubah file PDF menjadi file Excel tidak sesulit yang dibayangkan, bukan? Sudah ada beragam macam aplikasi dan situs yang menyediakan layanan konversi tanpa harus mengorbankan formatting. Asalkan, jangan lupa untuk membuat versi OCR dari file PDF yang akan dikonversi. Jika tidak, bisa-bisa hasil file Excel-nya hanya menampilkan gambar yang sama sekali tidak bisa diedit. Itulah 12 Cara Mengubah File PDF ke Excel yang Paling Mudah. Semoga bermanfaat

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *