6 Cara Mengetahui Pemilik Nomor Telepon yang Tidak Dikenal


6 Cara Mengetahui Pemilik Nomor Telepon yang Tidak Dikenal. Apakah kamu pernah menerima telepon dari nomor yang tidak dikenal? Bagi sebagian orang, hal ini bisa jadi pengalaman yang membuat risih. Pasalnya, kita tidak tahu pasti apakah yang menelepon adalah orang yang kita kenal atau justru malah orang jahat yang berusaha melakukan penipuan.

Belum lagi kalau kamu punya mantan yang belum move on, jangan sampai kamu diteror terus menerus sehingga bisa mengganggu kehidupanmu yang baru. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk bisa mengetahui siapa yang menelepon ponsel kita, sekalipun nomornya belum dimasukkan ke kontak.

Nah, kebetulan kali ini Wikimedan akan jabarkan beberapa cara sukses agar kamu bisa mengetahui identitas sang penelepon misterius. Yuk langsung disimak yang berikut ini!

1. Pakai Aplikasi Android dan iOS (GetContact)

 

Tahukah kamu? Ada lho aplikasi yang bisa digunakan untuk membongkar identitas pemilik nomor telepon yang tidak dikenal. Aplikasi ini bernama GetContact dan tersedia untuk perangkat Android maupun iOS. Untuk menggunakan GetContact di ponsel kamu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Unduh aplikasi GetContact melalui Google Play Store (klik link ini) atau Apple App Store (klik link ini).
  2. Buka aplikasi GetContact dan izinkan akses aplikasi sesuai dengan yang ditampilkan di layar.
  3. Di bagian Recent Calls, semua nomor masuk dan keluar belakangan ini akan ketahuan nama pemiliknya.
  4. Kamu pun dapat mengunjungi tab Call History untuk mencari tahu pemilik nomor HP yang pernah menghubungi kamu hingga setahun ke belakang.
  5. Di aplikasi GetContact, kamu pun dapat menginput nomor ponsel secara manual dengan mengunjungi menu Dial.

Nah, tidak sulit, bukan? Untuk seterusnya, setiap ada nomor tidak dikenal yang masuk ke HP-mu, akan muncul semacam pop-up yang berisikan nama identitas serta keterangan apakah nomor tersebut merupakan spam atau bukan.

2. Lewat Website (TrueCaller)

 

Mungkin saat ini ponselmu sedang mati, tapi kebetulan sudah mencatat nomor ponsel misterius yang menghubungimu terus menerus. Nah, kamu bisa gunakan sebuah website bernama TrueCaller yang bisa diakses melalui PC. Berikut adalah langkah-langkah mengetahui nomor ponsel melalui TrueCaller.

  1. Kunjungi laman TrueCaller (https://truecaller.com).
  2. Lakukan sign in dengan mengklik menu Sign In pada daftar menu di sebelah kiri.
  3. Kamu bisa melakukan one-click sign in menggunakan akun Google (Gmail) ataupun Microsoft.
  4. Setelah sign in, kamu tinggal perlu mengetikkan nomor ponsel yang tidak dikenal pada kolom isian yang tersedia. Pastikan kode negaranya sudah sesuai (+62 untuk Indonesia).
  5. Nah, lalu akan muncul foto profil, nama, dan alamat email dari si pemilik nomor misterius.

Menggunakan TrueCaller versi web memang mudah dan praktis, tapi sayangnya situs ini hanya hanya bisa dipakai beberapa kali saja sebelum mencapai limit.

3. Melalui “Forget Password” di Facebook

 

Tidak semua nomor bisa diketahui identitasnya melalui dua cara di atas. Nah, kalau kamu masih penasaran siapa pengagum rahasiamu, kamu juga bisa menggunakan platform medsos raksasa bernama Facebook. Lah, kok bisa? Ikuti saja cara-cara di bawah ini.

  1. Buka laman atau aplikasi Facebook.
  2. Jika kamu sudah ter-logged in dengan profilmu, lakukan sign out terlebih dahulu.
  3. Kemudian, klik atau tap pada tulisan Forget Password atau Lupa kata sandi.
  4. Masukkan nomor HP yang tidak dikenal pada kolom isian.
  5. Apabila nomor tersebut pernah dipakai untuk mendaftar Facebook, akan muncul foto profil dan nama identitas pemilik nomor.

Cara ini begitu simpel tapi memang tidak semua orang akan kepikiran untuk pakai fitur lupa kata sandi di Facebook. Tentu saja, seperti cara lain pada daftar ini, cara ini tidak 100% berhasil. Soalnya bisa jadi si pemilik nomor tidak memiliki akun Facebook, atau mendaftarkan akun Facebook-nya dengan nomor lain.

4. Melalui Kontak WhatsApp

 

Kalau belum berhasil juga, tidak ada salahnya mencoba aplikasi chat WhatsApp yang masih satu naungan dengan Facebook. Cara ini nampaknya punya tingkat keberhasilan lebih tinggi ketimbang Facebook. Pasalnya, kini hampir semua orang sudah memiliki WhatsApp sebagai kemudahan berkomunikasi.

  1. Simpan nomor yang tidak dikenal ke kontak dengan sembarang nama, misalnya John Doe.
  2. Selanjutnya, buka aplikasi WhatsApp.
  3. Lalu, lakukan tap pada tombol yang ada di pojok kanan bawah untuk melihat daftar kontak WA.
  4. Apabila nomor yang dicari terdaftar di WhatsApp, akan muncul nama kontak John Doe beserta foto profil. Dari foto ini kamu bisa mengetahui apakah pemilik nomor merupakan orang yang kamu kenal atau tidak.

Besar kemungkinan, nomor tersebut bisa ditemukan di WhatsApp. Hanya saja, tidak semua orang menampilkan foto aslinya sebagai profil sehingga sulit untuk diketahui pemiliknya sehingga cara ini tentu tidak 100% akan berhasil.

5. Tanyakan Langsung ke Orangnya

 

Sudah coba cara-cara di atas tapi masih belum ketahuan juga identitasnya? Tentu hal ini akan membuatmu stres. Nah, ada satu lagi nih solusi yang sebenarnya paling mudah, yakni dengan bertanya secara langsung kepada si penelepon atau pengirim SMS.

Tapi kalau kamu sebegitu paranoidnya, bisa minta tolong ditemani teman atau keluarga yang satu rumah. Tinggal bertanya dengan kalimat, “Maaf, ini dengan siapa?”, dan tunggu respon dari si pemilik nomor. Semoga saja sih dia mau menjawab dengan jujur supaya kamu tidak penasaran lagi.

Namun agar lebih sopan, kamu bisa beralasan bahwa semua kontakmu terhapus karena habis reset HP. Siapa tahu yang melakukan missed call ini adalah teman atau kerabat yang mudah baper kalau ditanya identitasnya.

6. Tanyakan ke Teman atau Keluarga

 

Namanya juga orang jahil, biasanya tidak akan membeberkan identitasnya secara sukarela sekalipun sudah ditanya beberapa kali. Daripada pusing-pusing, coba saja tanyakan kepada teman atau keluarga.

Kirimlah nomor tersebut ke teman sembari bertanya, “Kamu tahu pemilik nomor ini, enggak?” Siapa tahu, temanmu ini ternyata pernah simpan nomor tersebut di kontaknya. Kalau temanmu ini baik, dia pasti akan memberitahukan identitas sang pemilik nomor.

Itu tadi adalah beberapa cara yang bisa dilakukan apabila kamu menerima telepon-telepon dari nomor yang tidak dikenal. Jangan sampai biarkan masalah ini berlarut-larut. Soalnya kalau kamu terus-terusan diteror, bisa-bisa kamu kehilangan fokus dan bisa berpengaruh buruk sama produktivitas. Hati-hati juga kalau nomor tersebut selalu mengirimkan SMS minta pulsa ataupun modus-modus lainnya. Nah, kami doakan semoga berhasil, ya!

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *