4 Cara Mengaktifkan 5G Telkomsel di Smartphone


Jakarta, Wikimedan – Cara Mengaktifkan 5G Telkomsel di Smartphone. Meski beberapa operator lain dikabarkan juga tengah berlomba dalam mempersiapkan jaringan 5G, hingga saat ini 5G Telkomsel masih menjadi perbincangan hangat.

Ya, seperti yang kita ketahui, PT Telekomunikasi Selular alias Telkomsel, menjadi operator pertama yang menawarkan jaringan 5G pertama di Indonesia.

Namun ternyata, sampai saat ini masih banyak yang belum tahu bagaimana cara mengaktifkan jaringan 5G Telkomsel. Guna menikmati layanan 5G Telkomsel, terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelanggan setia Telkomsel. Beberapa diantaranya meliputi :

1.Menggunakan Kartu Bertipe uSIM ( kartu SIM 4G )

Hal pertama yang harus pengguna lakukan yaitu memastikan sudah menggunakan kartu bertipe uSIM. Perlu digaris bawahi, saat ini nomor ponsel sejumlah pelanggan telah diaktifkan fitur 5G secara langsung, dan akan bertambah secara bertahap.

Kemudian, pelanggan juga dapat mengunjungi laman www.telkomsel.com/5G untuk mengisi form registrasi aktivasi fitur 5G untuk nomor ponselnya, sekaligus memberi aspirasi sebagai bahan pertimbangan dalam perkembangan jaringan 5G Telkomsel selanjutnya.

2.Berada di Lokasi yang Sudah Terlayani Jaringan 5G Telkomsel

Awal mula layanan jaringan 5G Telkomsel muncul, baru 9 kota yang mendapatkan akses layanan tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, jaringan 5G Telkomsel telah diperluas ke beberapa kota.

Deretan daftar kota yang sudah dapat menjangkau layanan 5G Telkomsel diantaranya meliputi wilayah Jakarta ( Telkomsel Smart Office, Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara, Pondok Indah dan Widya Chandra Jakarta Selatan), Tangerang Selatan ( Bumi Serpong Damai dan Alam Sutera ), Jawa Barat ( Institut Teknologi Bandung dan Telkom University ), Balikpapan, Medan, Surakarta, Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, dan Denpasar.

Lalu, layanan 5G Telkomsel tersedia juga di GraPARI Bandara Soekarno Hatta, GraPARI Pemuda Surabaya, GraPARI Pettarani Makassar, GraPARI Renon Bali, GraPARI Batam Center, GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Solo, Kantor Balai Kota Solo, dan GraPARI Balikpapan.

Baca juga:Ini Daftar Harga Paket Internet Telkomsel 5G

3.Menggunakan Smartphone yang Sudah Mendukung Jaringan 5G Telkomsel

Selanjutnya, untuk bisa menikmati layanan 5G Telkomsel, pelanggan harus menggunakan smartphone yang sudah mendukung jaringan 5G. Tetapi perlu diingat, pengguna terlebih dahulu harus memastikan apakah fitur 5G di perangkat tersebut sudah dapat digunakan atau masih ter-unlock.

Dijelaskan bahwa perangkat yang mendukung layanan Telkomsel 5G adalah perangkat dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2.300 MHz. Perangkat ini di antaranya yaitu Oppo Reno5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60, Vivo X60 Pro, Oppo Find X3 Pro 5G, serta Realme 8 5G.

4.Memastikan Nomor Ponselnya Telah Ter-Aktivasi Fitur 5G

Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan, hal terakhir yang perlu pengguna lakukan ialah memastikan kembali apakah nomornya sudah berhasil ter-aktivasi layanan 5G Telkomsel pada bar jaringan yang biasanya terletak di bagian atas layar ponsel.

Sebagai informasi tambahan, pengguna smartphone harus melakukan un-lock di perangkat masing-masing agar bisa terhubung ke jaringan 5G. Un-lock ini biasanya digulirkan Over The Air (OTA) atau seperti pembaruan perangkat lunak.

Apabila pelanggan ragu melakukan un-lock secara mandiri di smartphone nya, disarankan untuk mengunjungi layanan merk ponsel masing-masing, bukan melalui gerai GraPARI.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *