Cara Hapus Cache di HP Android, Bikin Memori Jadi Lega

Daftar Indodax

Wikimedan – Ketika mencari informasi mengenai cara untuk meningkatkan performa smartphone Android, maka biasanya pengguna akan disarankan untuk menghapus cache di Hp Android mereka.

Kendati demikian, banyak diantara pengguna yang belum paham bagaimana melakukannya.

Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini redaksi Wikimedan akan memberikan tips bagaimana cara hapus cache di Hp Android sebagai upaya untuk meningkatkan performa smartphone dan juga bisa membuat memori menjadi lega.

Sebelum masuk ke caranya, kita akan bahas dulu apa itu sebenarnya cache? meengapa ini disarankan untuk sering dihapus dan dibersihkan dari perangkat kita?

Apa Itu Cache?

Secara umum, file cache atau yang dalam baha Indonesia di sebut dengan Tembolok dapat diartikan sebagai salinan data sementara dari sebuah aplikasi, yang memungkinkan pengguna untuk bisa membuka kembali aplikasi lebih cepat.

Prinsipnya, pada sebuah perangkat Android menyediakan sejumlah memori untuk menyimpan data dari setiap aplikasi yang telah diinstall.

Untuk setiap aplikasi yang terpasang pada perangkat Android memiliki sejumlah kecil memori yang tersedia. Meski demikian, besaran filenya sendiri akan berbeda-beda tiap aplikasinya.

Selain itu, jenis file yang disimpan juga hanya file yang dianggap penting oleh aplikasi itu sendiri. Meski ukuran filenya kecil, apabila terdapat pada banyak aplikasi dan jarang dibersihkan maka bisa jadi ukuran filenya akan membengkak.

Inilah yang jadi bieng kerok, mengapa kinerja smartphone android menjadi melambat.

Cara Hapus Cache di HP Android

Sekarang saatnya kita membersihkan file-file sampah pada perangkat Android guna meningkatkan kinerja smartphone dan membuat memori sistem menjadi lapang kembali.

Untuk mempermudah pekerjaan, kita membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketika bernama aplikasi CCleaner yang bisa kalian untuh secara gratis di layanan Google Play Store.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Setalah aplikasi berhasil diunduh, buka dan jalankan aplikasi CCleaner tersebut.
  • Selanjutnya, silahkan Klik pada menu Start Here. Nantinya, Aplikasi ini akan secara otomatis memindai cache yang harus dibersihkan pada perangkat Android kalian.
  • Tunggu hingga proses pemindaian selesai, lama proses ini tergantung dari seberapa banyak file sampah yang ada. Semakin banyak maka semakin lama prosesnya.
  • Jika proses scan selesai, selanjutnya silahkan tap pada menu Finish Cleaning. Ini merupaka proses selanjutnya untuk melakukan pembersihan file-file sampah tersebu.
  • Tunggu hingga proses pembersihan file cache ini hingga selesai.
  • Jika semua proses sudah selesai dijalankan, nantinya aplikasi akan memberikan notifikasi mengenai besaran file cache yang telah dibersihkan dari memori internal smartphone.
  • Selesai.

Demikian informasi mengenai cara hapus cache di Android dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Sebenarnya bisa saja kita membersihkannya tanpa bantuan aplikasi, tapi ini cukup menyita waktu karena kita harus melakukan pembersihan satu persatu pada aplikasi yang tersimpan.

Dengan rutin membersihkan file sampah ini, maka performa smartphone Android anda dijamin akan meningkat dengan dratis.

Selain itu, memori internal/sistem pada HP Android Anda juga akan menjadi lebih lapang. Selamat mencoba.

(ikhsan)

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *