Breaking News: Rusia Umumkan Gencatan Senjata Perang Ukraina

Pasang Iklan Disini

Wikimedan.com – Breaking News: Rusia Umumkan Gencatan Senjata Perang Ukraina. Rusia mengumumkan gencatan senjata terbaru dengan Ukraina, Selasa (8/3/2022) malam waktu setempat. Ini untuk melakukan evakuasi penduduk sipil.

Sebagaimana dilaporkan AFP dari kantor berita Rusia, gencatan senjata akan dimulai Rabu pagi pukul 10.00. “Federasi Rusia mendeklarasikan ‘rezim diam’ dan siap menyediakan koridor kemanusiaan,” kata badan di lembaga Kementerian Pertahanan Rusia, yang bertanggung jawab.

Evakuasi warga sipil sebelumnya memang sudah terjadi Selasa pagi di kota Sumy. Evakuasi juga dilakukan di ibu kota Kyiv.

Tetapi upaya evakuasi dari kota pelabuhan Mariupol telah gagal. Baik Ukraina ataupun Moskow menyalahkan masing-masing kegagalan tersebut.

Sebelumnya gencatan senjata untuk evakuasi sempat terjadi pekan lalu, setelah kedua negara bernegosiasi di perbatasan Belarusia. Namun dalam berapa jam saja gencatan senjata itu juga dilanggar.

Serangan Rusia ke Ukraina dimulai 24 Februari. Presiden Rusia berdalih “operasi militer” dilakukan untuk mengamankan wilayah Ukraina Timur, di mana pemberontak didukung Moskow, sebagai negara merdeka dan menjauhkan Ukraina dari NATO.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/news/20220309062135-4-321157/breaking-news-rusia-umumkan-gencatan-senjata-perang-ukraina

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *