Bisa Jadi Alternatif, 5 Bahan Alami Ini Dipercaya Dapat Mengatasi Diabetes

Daftar Indodax

Bisa Jadi Alternatif, 5 Bahan Alami Ini Dipercaya Dapat Mengatasi Diabetes. Sobat Wikimedan pasti sudah tidak asing dengan diabetes, penyakit dalam atau yang lebih dikenal sebagai kencing manis. Penyakit yang hinggap dikarenakan pasifnya aktivitas hormon insulin, sehingga tubuh tidak mampu mengoksidasi glukosa yang masuk menjadi energi. Beberapa faktor penyebab diabetes di antaranya pengaruh obat-obatan, keturunan, obesitas, dan pola hidup yang tidak sehat.

Penyakit diabetes tergolong penyakit yang cukup berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Pengobatan yang bisa dilakukan di antaranya terapi suntik insulin, mengubah pola hidup yang sehat, dan rutin untuk kontrol ke dokter. Selain obat dari dokter, Sobat Wikimedan bisa menambah pilihan obat herbal ke dalam daftar untuk penyembuhan. Selain mudah didapat, obat herbal ini terbilang cukup aman. Apa saja yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar gula darah? Mari kita simak ulasan berikut.

1. Duwet

Buah kecil berwarna hitam seperti anggur ini bisa membantu untuk menurunkan kadar gula dalam darah yang cenderung tinggi. Meskipun rasanya manis ketika sudah matang, tapi duwet memiliki sifat antidiabetes dan mengandung tanin yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Sobat Wikimedan bisa mengonsumsi bijinya untuk hasil yang maksimal pada waktu pengobatan.

2. Ciplukan

Untuk bisa menemukan tanaman dengan bunga berbentuk unik ini, kamu cukup mencarinya di tepi sawah kering atau perkebunan. Tanaman yang tumbuh liar ini mengandung tanin, vitamin C, gula, kriptoxantin, alkaloid, dan asam malat. Zat-zat tersebut yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

3. Biji Alpukat

Jika kamu suka meminum jus atau makan buah alpukat, jangan pernah buang bijinya. Biji alpukat memiliki manfaat untuk menurunkan juga menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh. Caranya sangat mudah, iris-iris biji alpukat dan keringkan. Setelah itu, blender lembaran keripik biji alpukat tersebut. Anda bisa memasukkan serbuk biji alpukat ke dalam kapsul dan bisa diminum satu kali sehari.

4. Daun ceri

Daun ceri, atau biasa disebut dengan daun kersen, sudah terbukti memiliki kandungan yang efektif untuk membantu sekresi hormon insulin dalam tubuh, yaitu flavonoid dan saponin. Sehingga dapat mengontrol kolesterol yang memicu datangnya diabetes. Caranya adalah rebus beberapa lembar daun ceri dan air rebusannya dapat diminum secukupnya.

5. Kayu Manis

Meskipun namanya mengandung unsur manis, namun kayu yang biasa dijadikan penyedap aroma masakan ini, mengandung senyawa kafeat dan sinamat. Kandungan itu memiliki fungsi tinggi untuk menghambat aktivitas enzim glukosidase. Jika enzim terhambat, maka kadar gula dalam darah akan menurun. Caranya sangat mudah, yaitu seduh kayu manis dengan air panas di dalam gelas, tunggulah beberapa saat dan minum air tersebut secukupnya.

Cukup mudah bukan menemukan tanaman-tanaman herbal di atas dan cara mengonsumsinya? Namun, jika sudah mengonsumsi tanaman-tanaman di atas secara cukup dan tidak ada perubahan, ada baiknya berkonsultasi kembadi kepada dokter.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *