Begini Persiapan PMJ Jelang Reuni Aksi 212

Wikimedan – Aksi reuni 212 akan digelar pada Minggu (2/12) mendatang. Hal ini setelah Polda Metro Jaya menerima surat pemberitahuan rencana aksi di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Melalui surat itu, dari jajaran Intelkam PMJ sudah menghitung perkiraan personel yang akan diterjunkan saat aksi 212.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, aksi 212 akan dilakukan pengamanan sedemikan rupa, termasuk titik-titik lokasi pergerakan massa.

“Kami sudah menerima surat pemberitahuan dari panitia. Degan ada surat itu, intel sudah lakukan perkiraan massa,” ujarnya di Polda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Selasa (27/11).

Kekuatan personel yang akan diterjunkan saat aksi 212 akan disiapkan Biro Operasi Polda Metro Jaya. Pemberlakuan rekayasa arus lalu lintas menuju silang Monas dan Masjid Istiqlal juga akan dipertimbangkan.

“Kami akan atur apakah ada rekayasa atau tidak, apakah dilakukan buka tutup atau tidak, termasuk apakah nanti dilakukan contra flow, dari Sabhara dan TNI juga diterjunkan. Ini sedang direncanakan titik mana saja,” kata dia.

Pada prinsipnya, pihak kepolisian akan mengamankan jalannya kegiatan aksi 212 itu. Sementara itu belum dihitung secara rinci kebutuhan personel yang akan diterjunkan.

“Dari polisi pada prinsipnya akan mengamankan kegiatan itu. Jumlah massa yang akan turun ke jalan belum lihat,” kata Argo.

Berkaitan dengan beredarnya kabar yang menyebutkan kegiatan reuni 212 bertepatan dengan agenda kepresidenan di Masjid Istiqlal, kata Argo, hal itu tidak perlu dimasalahkan.

“Saya pikir ngga masalah ada kegiatan ramah tamah di masjid. Ini kegiatan keagamaan ini jadi gak perlu dimasalahkan,” kata Argo.

(wiw/JPC)


Kategori : Berita Nasional

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *