Bank of Canada: Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC) Berisiko

Daftar Indodax

Wikimedan – Bank sentral Kanada, Bank of Canada, baru-baru ini mengeluarkan laporan tentang risiko dan manfaat mata uang digital bank sentral.

“Sebuah anonim berbasis-token bank sentral mata uang digital (CBDC) akan menimbulkan risiko keamanan tertentu,” Bank of Canada menulis dalam laporan Oktober 5 nya.

“Risiko ini muncul dari bagaimana saldo dikumpulkan dan disimpan, bagaimana CBDC digunakan untuk transaksi, dan bagaimana berbagai solusi seperti e-wallet, pertukaran crypto dan bank bersaing untuk menarik pengguna.”

Selama setahun terakhir ini, diskusi telah meningkat dan berbagai pemerintah telah mulai mendigitalkan mata uang mereka dalam bentuk CBDC. China telah menjadi berita utama untuk yuan CBDC digitalnya.

Laporan Bank of Canada mencantumkan risiko di berbagai area, termasuk penyimpanan aset. Di dunia aset digital, pemegang token dapat membuat sejumlah besar dompet, menyebarkan dananya dalam jatah berbeda di seluruh dompet tersebut. Ini mengarah ke lebih banyak lokasi penyimpanan aset daripada yang masuk akal dalam keuangan tradisional.

Risiko juga muncul dari platform yang berpotensi memberikan solusi seputar CBDC. Sebagai tanggapan, solusi yang mungkin termasuk pembatasan kepemilikan dompet yang dibangun ke dalam CBDC, serta parameter untuk platform terkait yang ditetapkan oleh bank sentral terkait.

“Jika Bank of Canada menerbitkan CBDC, kemungkinan akan berbasis token,” kata laporan itu, mencatat adanya penggunaan kunci pribadi yang aman, meskipun kikuk, dalam persamaan tersebut.

“Untuk memastikan bahwa CBDC adalah alat pembayaran yang aman dan efisien, Bank perlu mempertimbangkan dengan cermat bagaimana CBDC akan dikumpulkan dan digunakan, dan eksternalitas apa yang akan timbul darinya.”

Laporan tersebut menjelaskan pro dan kontra dari dompet dan penyimpanan pribadi versus peluang penyimpanan aset terpusat, seperti pertukaran, sementara juga menyebutkan risiko dan tindakan lain yang terkait dengan CBDC potensial, serta kemungkinan aturan dan pedoman seputar kelas aset semacam itu.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *