Baim Wong Mau Cabut Pendaftaran Citayam Fashion Week

Wikimedan.com – Baim Wong Mau Cabut Pendaftaran Citayam Fashion Week. Usai diprotes sana-sini, Baim Wong akhirnya akan mencabut pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) atas merek Citayam Fashion Week. Hal itu diumumkan Baim lewat video di akun YouTube “Baim Paula” yang memiliki lebih dari 20 juta subscriber.

“Memang kita mau melepaskan [Citayam Fashion Week], karena saya tidak mau menjadi seperti ini,” kata Baim, dikutip Selasa (26/7/2022).

Karena idenya mendaftarkan HAKI untuk Citayam Fashion Week menuai kontroversi, Baim mengaku jadi belajar lebih jauh mengenai Intellectual Property (IP) atau kekayaan intelektual. Dia juga sempat merujuk pada Harajuku di Jepang, yang konsepnya seperti Citayam Fahion Week, di mana jalan tersebut dipenuhi oleh anak muda berpakaian nyentrik. Namun, kekayaan intelektual atas Harajuku tidak dimiliki oleh satu pihak.

“Saya mengerti ini domainnya publik, saya kan belum terlalu mengerti mengenai IP….”, lanjut dia. “Harajuku punya Jepang pun tidak ada ininya [IP], karena itu domain publik.”

Mengakui kekeliruannya, Baim pun meminta maaf kepada semua pihak. Meski demikian, ia kembali menegaskan bahwa niatannya mendaftarkan Citayam Fashion Week bukan untuk kepentingan pribadi, tapi karena ingin memajukan kawasan tersebut.

“Ini pelajaran buat saya. Maaf kalau semua jadi heboh,” ujarnya.

Seperti diketahui, Baim Wong lewat perusahaannya, PT Tiger Wong Entertainment, mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Kementerian Hukum dan HAM untuk mendaftarkan hak atas penyelenggaraan acara tersebut. Dalam permohonan perusahaan Baim Wong, Citayam Fashion Week disebut sebagai hiburan dalam peragaan busana hingga podcast.

Baim langsung menuai protes karena dituding ingin meraup untung dari CFW. Bahkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuat pesan yang meminta dia membatalkan pendaftaran CFW.

“Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuhkembangnya harus natural dan organik pula,” tulisnya, di akun Instagram @ridwankamil, Senin (25/7/2022).

“Anda [Baim Wong] dan istri sudah hebat punya kerja-kerja luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini. Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya,” kata dia.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *