AUDUSD Tidak Merespon Data Penjualan Eceran Aussie yang Turun, Menunggu Arah Risiko Selanjutnya

Daftar Indodax

Data penjualan eceran Australia dilaporkan mengalami penurunan untuk laporan bulan Juli 2020 ini. Namun meski mengecewakan, Dolar Australia hari ini tidak memberikan respon apapun. Hal ini bisa terlihat pada pasangan AUDUSD yang tidak mengalami pergerakan apapun. Pasangan bertahan di sekitar nilai tukar 0,7275. Mampu bangkit dari titik paling rendah hari Jumat (4/9) sesi Asia di 0,7251.

Data mengenai penjualan eceran Aussie yang menjadi tolak ukur kekuatan belanja konsumen dilaporkan berada di 3,2% untuk bulan Juli dalam bulan ke bulan. Sementara itu pada bulan sebelumnya, data disampaikan mengalami kenaikan sampai 3,3%.

Kemungkinan salah satu alasan Dolar Australia hari ini tidak merespon apapun adalah karena data itu masih dianggap pertumbuhan yang baik. Menggambarkan bahwa minat beli para konsumen Aussie masih cukup kuat. Walaupun sedang ada gelombang kedua pandemi virus Corona yang menyerang beberapa negara bagian Australia. Apalagi pembatasan wilayah juga diberlakukan seperti pada Melbourne.

Dolar Australia hari ini akan mengalami penurunan jika pada pasar saham global mengalami penurunan. Pada hari Kamis kemarin, Wall Street mencatatkan penurunan besar akibat adanya penjualan saham teknologi dengan jumlah yang besar.

Banyak investor yang melihat bahwa kehancuran perekonomian seperti pada Maret kemarin kemungkinan tidak akan terjadi. Karena bank-bank utama global termasuk The Fed sudah memberlakukan kebijakan moneter yang dinilai sudah sangat akomodatif.

Pergerakan AUDUSD hari ini akan terus mengawasi dinamika arah risiko. Karena kejelasan arah risiko global pastinya akan membantu saham global untuk bergerak. Dampaknya AUDUSD juga akan ikut bergerak mengikuti kemana arah saham. Karena untuk sesi Asia ini sangat sedikit sekali rilis data ekonomi yang mampu menggerakkan pasar keuangan global.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *