Aleix Espargaro Berharap Aprilia Segera Miliki Tim Satelit

Daftar Indodax

Aleix Espargaro Berharap Aprilia Segera Miliki Tim Satelit – Berita MotoGP: Aleix Espargaro mengaku frustasi karena ia memikul beban berat dipundaknya selain menjadi pebalap utama Aprilia sehingga berharap timnya memiliki tim satelit.

Seiring dengan kian dekatnya Gresini Racing dan VR46 ke Ducati, harapan Aprilia untuk membangun tim satelit makin kabur. Situasi ini tak pelak membuat Aleix Espargaro merasa kesal sekaligus sedih.

Pasalnya, semua beban di pundaknya makin berat. Selain berperan sebagai pebalap utama, pebalap asal Spanyol tersebut juga berpartisipasi dalam proyek pengembangan motor. Selain itu ia mempunyai tugas menjadi test rider dan memberi umpan balik kepada tim.

Di sisi lain, Espargaro ingin mendorong pabrikan asal Italia itu agar memiliki ambisi untuk menghadirkan motor yang lebih kompetitif.

Tanpa adanya mitra kerjasama, Aprilia mesti menunda pengembangan motor setidaknya hingga musim 2023. Mereka pun dihadapkan dengan restrukturisasi karena terancam bakal berpisah dari Gresini Racing musim depan.

Andrea Dovizioso kemungkinan dihadirkan menjadi tandeman Espargaro di dalam dan luar trek, setelah Aprilia terlihat puas dengan hasil uji coba.

“Di satu sisi, saya marah karena akan makin sulit bagi saya karena saya dituntut jadi orang tercepat. Saya juga mengembangkan semua bagian. Saya harus melakukan lebih banyak tes, semua akan bergantung kepada saya,” tutur Espargaro seperti yang dikutip dari Motorsport.com.

“Pada saat yang sama, itu adalah tantangan bagi saya, yang tidak terlalu buruk. Di sisi lain, saya sedikit sedih karena saya merasa ini proyek saya, Aprilia selalu di hati. Saya terlibat dalam proyek ini sejak awal, kecuali dua tahun pertama,” imbuhnya.

“Saya sangat gembira dengan ide punya tim junior, melihat lebih banyak (motor) Aprilia di trek, dengan pebalap muda. Saya sangat gembira dengan kemungkinan ini, tapi pada akhirnya, kami lihat itu tidak akan terjadi untuk tahun depan,” ia melanjutkan.

Aleix Espargaro pun optimistis Aprilia sudah melakukan strategi balap yang tepat, terbukti dari prestasinya musim ini. Ia selalu menjadi penghuni 10 besar kecuali saat mengalami kecelakaan di MotoGP Prancis dan MotoGP Catalunya.

“Satu-satunya hal yang bisa saya lakukan adalah meningkatkan motor, melihat kalau ada tim lain yang menginginkan mesin kami. Saya sudah membuktikan tahun ini kami punya motor tangguh. Memang benar bahwa itu bukan motor juara, belum. Tapi setidaknya, kami ada di trek yang tepat dan percaya pada saya, kami akan melihat lebih banyak Aprilia di trek masa depan,” jelas Espargaro.

Kakak rider Honda, Pol Espargaro, itu melihat Aprilia memiliki kemampuan yang setara dengan Suzuki, tim juara bertahan MotoGP. Bedanya, pabrikan asal Jepang itu memiliki dua pebalap dengan kualitas sama. Sedangkan ia terus berganti tandem yang bahkan sulit untuk menandingi dirinya.

Oleh sebab itu, Espargaro menyarankan timnya agar menyediakan pebalap dengan kemampuan minimal sama dengannya. Itu merupakan satu-satunya solusi ketika Aprilia tidak mempunyai tim satelit.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *