Alasan Sesungguhnya iPhone 15 Pakai USB-C Buang Kabel Lama

Pasang Iklan Disini

Wikimedan  – Alasan Sesungguhnya iPhone 15 Pakai USB-C Buang Kabel Lama. Deretan iPhone 15 sudah meluncur. Seperti rumor yang beredar, iPhone 15 kini membuang kabel Lightning dan menggantinya USB-C.

Apple telah mengumumkan barisan terbaru produk iPhone yang terdiri dari iPhone 15 Pro Max, iPhone 15 Pro, iPhone 15 Plus, dan iPhone 15.

Perbedaan paling signifikan dari barisan terbaru produk iPhone adalah “kabel” dan “colokan.” Biasanya, kabel produk Apple memang berbeda dengan produk HP lain.

Kini, Apple menggunakan colokan dan kabel yang sama dengan kebanyakan HP Android yaitu sambungan USB Type-C.

Lalu apa alasan Apple akhirnya mengganti USB-C? Android Police merangkum setidaknya ada tiga alasan dibalik keputusan itu. Berikut informasinya, dikutip Kamis (14/9/2023).

Aturan Eropa

Tahun lalu parlemen Eropa meluncurkan aturan untuk mewajibkan semua barang elektronik yang dijual di wilayah tersebut harus menggunakan USB-C. Kebijakan itu berlaku pada akhir tahun 2024 mendatang.

Uni Eropa beralasan aturan itu untuk mengurangi limbah elektronik dan memberikan kebebasan bagi konsumen untuk membuat pilihan yang sifatnya berkelanjutan.

Selain itu, aturan ini juga akan menghilangkan efek teknologi lock-in, di mana konsumen bergantung pada satu produsen saja.

Jelas aturan ini jadi ancaman bagi Apple karena selama ini iPhone masih menggunakan port lightning. Sebaliknya, hampir sebagian besar HP Android sudah mengikuti aturan tersebut jauh sebelumnya.

Kemampuan Transfer dan Charger

Kemampuan lightning dilaporkan jauh lebih rendah dibandingkan USB-C. Misalnya transfer USB-C sudah mencapai 40 Gbps, sedangkan konektor lightning hanya 480 Mbps pada pertengahan 2000-an.

Kecepatan charger iPhone dengan lightning diketahui hingga 20w. Sedangkan USB-C bisa mencapai 240w yang mempersingkat waktu pengisian daya.

Harga

Alasan lainnya adalah soal harga. Saat ini harga kabel Lightning jauh lebih mahal dibanding USB-C.

Tercatat, harganya bisa mencapai lebih dari Rp 400 ribuan. Android Police berpendapat kemungkinan Apple bisa saja mengurangi kecepatan pengisian daya dan data untuk kabel USB-C non resmi untuk keamanan baterai dan ponsel.

Selain itu, perusahaan juga bisa mengenakan biaya lebih besar pada sertifikasi MFI. Dengan begitu diharapkan dapat menaikkan harga kabel juga.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *