Alasan Apple Telat Rilis iPhone 5G

Jakarta, Wikimedan – Beberapa vendor sudah mengambil ancang-ancang untuk menghadirkan smartphone 5G, sebut saja Huawei. dan Samsung. Kedua Brand ini disebut-sebut akan mengenalkan smartphone 5G tahun depan.

Jika Huawei dan Samsung sudah bersiap-siap dengan smartphone 5G pertamanya, Apple juga tidak ingin ketinggalan.Namun brand asal Cupertino, California, Amerika ini baru akan mengenalkan iPhone  5G lebih lambat, yakni di 2020.

Kenapa Apple tidak lebih dulu merilis iPhone 5G? Jika ditelisik, selama ini, Apple memang seringkali terlambat meluncurkan gadget terbaru. Apple meluncurkan iPhone 3G pada 2008 setelah jaringan tersebut dirilis 2007. Apple baru meluncurkan iPhone 4G pada 2012 atau dua tahun setelah smartphone sejenis meramaikan pasar.

Seperti dilaporkan Mac Rumors, Perusahaan ini sepertinya melihat jaringan 5G terpasang lebih dulu, dan menunggu jaringan 5G benar-benar siap. Sehingga mereka merilis iPhone yang kompatibel dengan teknologi jaringan 5G.

Tidak hanya itu, pilihan untuk menunda ketersediaan ponsel 5G itu juga mungkin didukung oleh masalah hukum antara Apple dengan Qualcomm. Perselisihan keduanya itu membuat Apple harus menggunakan chip modem bikinan Intel.

Menurut laporan yang ada, chip modem 5G Intel membuat iPhone menjadi tak stabil dan menyedot daya baterai yang terlalu besar. Alhasil mereka harus menunggu sampai chip modem tersebut stabil saat dibenamkan ke dalam iPhone.

Sementara jaringan 5G, di Amerika Serikat, operator Verizon telah meluncurkan layanan 5G di 4 kota termasuk Los Angeles. Akan tetapi, hardware Verizon untuk jaringan 5G itu tak sesuai dengan standar yang diterapkan 3GPP selaku badan standardisasi.

 

 

Kategori : Berita Teknologi

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *