9 Manfaat Menakjubkan Susu Kunyit dari India, Tertarik Mencoba?

Pasang Iklan Disini

Orang Indonesia rasanya kurang familiar dengan susu kunyit karena biasanya rempah ini diolah menjadi jamu. Namun setelah mengetahui beragam manfaat susu kunyit buat kesehatan tubuh, Anda mungkin jadi tertarik untuk mencobanya. Tenang, Anda tidak usah jauh-jauh sampai terbang ke India untuk mencicipi susu unik satu ini, lho! Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Kandungan nutrisi susu kunyit

Susu kunyit dikenal juga dengan nama golden milk, turmeric latte, atau haldi doodh. Minuman ini dibuat dari susu sapi yang dicampur kunyit dan rempah berkhasiat lainnya.

Dalam satu cangkir susu kunyit, mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh, di antaranya:

  • Kalori: 130 kalori
  • Lemak: 5 gram
  • Protein: 8 gram
  • Natrium: 125 mg
  • Gula: 12 gram laktosa, gula alami yang ada pada susu
  • Karbohidrat: 12 gram

Susu unik ini sebetulnya lebih dulu dijadikan minuman obat oleh orang-orang India. Memang, apa manfaatnya?

Manfaat susu kunyit untuk kesehatan tubuh

Kandungan bahan aktif dalam kunyit yang disebut curcumin sudah sejak lama dikenal manfaatnya dalam sejarah pengobatan India Kuno. Antioksidan ini mampu melawan kerusakan sel dan melindungi tubuh dari stres oksidatif.

Merangkum berbagai penelitian yang dilansir dari laman Health Line, berikut adalah sejumlah manfaat susu kunyit untuk kesehatan:

1. Meringankan nyeri sendi dan peradangan

Studi menunjukkan bahwa senyawa curcumin kunyit memiliki sifat antiradang sangat kuat. Curcumin itu sendiri sering diolah ke dalam berbagai obat-obatan untuk masalah peradangan sendi seperti steoarthritis atau rematik (rheumatoid arthritis).

Studi menemukan bahwa asupan 500 miligram curcumin setiap hari lebih ampuh untuk mengurangi nyeri sendi dibanding dengan 50 miligram obat radang sendi generik

2. Meningkatkan kesehatan otak

Studi menunjukkan bahwa curcumin dapat meningkatkan kadar brain-derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF adalah senyawa yang berperan dalam pembentukan sel-sel baru di otak. Tingkat BDNF yang rendah sering kali dikaitkan dengan berbagai gangguan otak, salah satunya penyakit Alzheimer.

Untuk itu, ada potensi dari susu kunyit untuk meningkatkan kesehatan otak sekaligus menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Apalagi rempah tambahan dari susu kunyit, seperti jahe atau kayu manis juga memiliki senyawa curcumin.

3. Memperbaiki mood

Sebuah penelitian meminta 60 orang pengidap depresi yang terbagi dalam 3 kelompok untuk minum curcumin, obat antidepresan, dan kombinasi keduanya selama 6 minggu.

Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang minum kombinasi susu kunyit dan obat antidepresan mengalami peningkatan suasana hati yang lebih baik. Perubahan suasana hati yang lebih baik ini tentu membuat gejala depresi akan berkurang.

Depresi merupakan gangguan suasana hati yang juga dikaitkan dengan rendahnya kadar BDNF.

4. Melindungi kesehatan jantung

Penyakit jantung telah banyak menyebabkan kematian di seluruh dunia. Menariknya, kandungan curcumin dari kunyit dapat meningkatkan fungsi lapisan endotel, yaitu lapisan yang membungkus pembuluh darah sekaligus menjaga jantung tetap sehat.

5. Menjaga kadar gula darah tetap stabil

Jika Anda membuat susu kunyit tanpa tambahan pemanis, maka manfaat susu kunyit ini bisa Anda dapatkan. Kunyit, jahe, dan kayu manis dari susu kunyit dapat mengurangi jumlah glukosa yang diserap di dalam usus setelah Anda makan sehingga gula darah akan lebih terkontrol.

6. Berpotensi mengurangi risiko kanker

Kanker terjadi akibat adanya pertumbuhan sel-sel di sekitar jaringan tubuh yang tidak terkendali. Hingga kini, perawatan konvensional untuk menyembuhkan penyakit ini masih terus digali.

Salah satu studi menyebutkan bahwa adanya hubungan penyakit kanker dengan senyawa 6-gingerol pada jahe dan curcumin yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker menyebar ke jaringan tubuh lainnya.

7. Memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur

Di India, susu kunyit sering digunakan sebagai obat pilek. Salah satu kandungan dari kayu manis cinnamaldehuyde bersifat antibakteri. Kemudian, curcumin pada kunyit serta jahe yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Semakin kuat pertahanan tubuh terhadap penyakit, semakin susah celah bagi virus, bakteri, atau jamur untuk menimbulkan infeksi lebih parah, sehingga tubuh jadi lebih cepat pulih.

8. Menyehatkan pencernaan

Gangguan pencernaan seperti maag bisa menimbulkan rasa sakit pada perut bagian atas. Nah, salah satu bahan alami yang biasanya digunakan untuk meringankan kondisi ini adalah jahe dan kunyit.

Jahe mempercepat proses pengosongan lambung yang tertunda. Sementara kunyit meningkatkan produksi empedu untuk mencerna lemak lebih baik.

9. Menguatkan tulang

Selain kunyit, bahan utama dari susu kunyit adalah susu sapi. Anda pasti tahu manfaat susu, bukan? Ya, susu kaya akan kalsium dan vitamin D, dua nutrisi penting yang membangun dan menjaga kepadatan tulang.

Selain itu, vitamin D juga meningkatkan kemampuan usus untuk menyerap kalsium pada makanan. Kecukupan kalsium dan vitamin D dapat menurunkan risiko berbagai penyakit tulang, seperti osteopenia atau osteoporosis.

Resep mudah bikin susu kunyit di rumah

manfaat susu kunyit
Sumber: The Year In Food

Manfaat susu kunyit yang melimpah tentu tidak ingin Anda lewatkan begitu saja, bukan? Anda bisa mencoba membuat susu kunyit di rumah lewat resep berikut.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1/2 gelas (120 ml) susu sapi atau susu alternatif sapi lainnya, tanpa pemanis
  • 1 sdt kunyit
  • 1 potong kecil jahe segar parut atau 1/2 sdt bubuk jahe
  • 1/2 sdt bubuk kayu manis
  • sejumput lada hitam
  • 1 sdt madu atau sirup maple (opsional)

Campurkan semua bahan ke dalam panci yang berisi air panas. Kecilkan api, biarkan airnya mendidih selama 10 menit atau sampait tercium bau kunyit yang khas.

Saring minuman tersebut dan masukkan pada gelas. Kemudian, sajikan dengan “sendok” kayu manis. Minuman ini bisa bertahan selama 5 hari jika disimpan dalam kulkas. Namun, Anda perlu memanaskan kembali ketika akan diminum.

Baca Juga:


Kategori : Berita Kesehatan

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *