7 Ciri Orang Jenius yang Sangat Jarang Disadari

Daftar Indodax

Wikimedan.com – 7 Ciri Orang Jenius yang Sangat Jarang Disadari. Ada banyak orang yang disebut sebagai jenius di muka Bumi ini. Namun sulit mendefinisikan tingkat kecerdasan dalam satu bentuk nyata.

Beberapa orang mencoba membuat penilaiannya sendiri soal ciri orang jenius. Misalnya dari karya ataupun kebiasaan orang yang disebut sebagai jenius tersebut. Penilaian pada kebiasaan karena mereka dianggap cukup berbeda dari orang kebanyakan. Misalnya dari penampilan hingga kebiasaan menyendiri.

Lalu apa saja ciri-ciri orang yang disebut jenius? berikut daftarnya, dirangkum Oleh CNBC Indonesia dari berbagai sumber, Senin (22/11/2021).

1. Cenderung Berantakan

University of Minnesota pernah melakukan penelitian terhadap munculnya kreativitas pada seseorang. Hasilnya ide banyak bermunculan dari orang-orang di lingkungan berantakan daripada yang berasal dari tempat rapi.

Baca juga : Liburan ke Labuan Bajo Gak Nguras Kantong, Gimana Caranya?

Profesor Cornell Robert J. Sternberg mencoba mendefinisikan kecerdasan. Menurutnya adalah kemampuan belajar dari pengalaman, beradaptasi dengan situasi baru, memahami dan menangani konsep abstrak dan menggunakan pengetahuan untuk memahami lingkungan seseorang.

2. Lebih Suka Menyendiri

Orang-orang yang suka menyendiri alias ‘me time’ ternyata dianggap memiliki IQ tinggi. Ini terlihat dalam penelitian berjudul ‘Country roads, take me home… to my friends: How intelligence, population density, and friendship affect modern happiness’.

Penelitian Norman P.Li dari Singapore Management University dan Satoshi Kanazawa dari The London School of Economics and Political Science mengungkapkan keramaian membuat orang ber-IQ tinggi menjadi tidak nyaman.

3. Mengakui Kesalahan

Sifat ini harusnya dimiliki semua orang, namun nyatanya banyak dari mereka yang sering sulit mengakui kesalahannya sendiri. Orang jenius dianggap bisa mengakui kesalahannnya. Sebab IQ tinggi cenderung memiliki otak yang bisa memahami sudut pandang orang lain dan tidak takut mengakuinya.

4. Sering Mengkritik Diri Sendiri

Hal ini terungkap dalam studi Cornell University tahun 1999. Dimana para peneliti menemukan orang yang tidak kompeten tak mampu mengenali ketidakmampuan sendiri dan menyebabkan meningkatnya penilaian diri mereka.

Penelitian mengungkapkan jika orang cerdas jauh dari kata percaya diri. Sebab mereka cenderung meremehkan kemampuannya, ini karena mereka tahu banyaknya pengetahuan di luar sana.

5. Suka Bicara Sendiri

Mereka yang dianggap jenius dikatakan suka berbicara sendiri. Kebiasaan ini dapat meningkatkan daya ingat dan mempertajam pola pikiran. Ini berbeda dengan pemikiran banyak orang. Dimana seseorang yang terlihat suka bicara sendiri dianggap tidak waras.

6. Suka Menantang Diri

Mereka dengan nilai IQ tinggi disebut sering menantang dirinya sendiri untuk melakukan hal yang lebih besar. Orang-orang ini memiliki kebiasaan tidak memiliki rasa puas pada sebuah pencapaian.

Padahal orang tersebut sudah melewati tahapan yang dianggap cukup bagi kebanyakan orang lain.

7. Sering Begadang

Kebiasaan ini memang tidak baik untuk tubuh. Namun ternyata orang dengan IQ tinggi banyak yang melakukannya dan disebut lebih nyaman bekerja dengan cara ini dibanding pagi hari.

Orang jenius cenderung menghabiskan lebih banyak waktu berpikir dan berkarya. Jadi mereka akan memiliki jam tidur lebih sedikit dan memiliki menghabiskan waktu istirahat untuk hal produktif.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *