6 Hal Menarik Usai Sesi Uji Coba MotoGP di Valencia

Berita MotoGP: Sesi Uji coba yang berlangsung selama dua hari usai digelar pada Selasa dan Rabu pekan ini di Ricardo Tormo Valencia. Dari sesi uji coba itu, terdapat 6 hal menarik berikut untuk disimak.

1. Masihkah Marc Marquez Tampil Dominan Musim Depan?

Mungkin masih terlalu awal untuk memprediksinya tetapi sepertinya pebalap Repsol Honda yang meraih gelar juara dunia kelimanya di kelas premier musim ini tersebut tak akan mulus menghadapi musim depan yang disebabkan oleh kedua hal berikut.

Pertama, para rival Marquez mampu tampil sangat kompetitif dan tak kalah jauh dari Marquez seperti yang ditunjukkan oleh Maverick Vinales dan Andrea Dovizioso. Demikian juga dengan duo Suzuki Ecstar dan pebalap Italia Franco Morbidelli bersama tim anyarnya.

Rival-rival Marquez tersebut bisa mengancam dominasi Marquez karena cedera yang dialami Marquez sehingga Marquez harus masuk kamar operasi pada Desember ini.

Kondisi itu sedikit banyak bisa mempengaruhi persiapan Marquez yang akan dijelang pada Januari dan barangkali juga ketika musim depan sudah berlangsung. Mampukah para rival Marquez memanfaatkan situasi ini?

2. Apakah Yamaha Sudah Siap?

Sebuah pertanyaan menarik untuk tim pabrikan asal Iwata ini setelah mereka menghadapi musim sulit yang telah membuat mereka merasakan periode tanpa gelar juara yang terentang sejak Juni 2017 hingga Oktober 2018.

Menjadi bertambah menarik ketika Vinales berhasil menjadi yang tercepat pada sesi uji coba di Valencia pekan ini. Uji coba berikutnya di Jerez pada pekan depan bisa menjadi barometer untuk melihat kesiapan Yamaha menghadapi musim depan.

3. Apakah Jorge Lorenzo Perlu Waktu Lama Beradaptasi dengan Honda?

Ketika bergabung bersama tim Ducati, ternyata Lorenzo perlu waktu lebih lama dari perkiraan untuk bisa beradaptasi dengan tim barunya setelah meninggalkan Yamaha pada awal musim 2017 lalu.

Apakah hal ini terjadi lagi ketika Lorenzo tampil di musim perdananya bersama Repsol Honda pada 2019 nanti?

Hasil uji coba Lorenzo di Valencia kemarin hanya di posisi 12 tetapi kondisi cederanya masih belum sepenuhnya pulih dan kecepatannya juga sudah lumayan karena pebalap asal Mallorca ini hanya terpaut 0,827 detik dari Vinales yang memimpin sesi uji coba.

Pertanyaan selanjutnya, seberapa baik hasil yang diraih Lorenzo di Jerez pekan depan?

4. Franco Morbidelli Mulai Unjuk Gigi?

Debutan terbaik 2018 ini kini telah tampil bersama tim satelit Yamaha dan mengendarai motor dengan spec yang sama seperti yang dikendarai oleh duo pabrikan Yamaha.

Debutnya bersama motor Yamaha berhasil mencuri perhatian, termasuk dari Marquez sehingga Morbidelli diprediksi bisa meraih hasil lebih bagus musim depan.

5. Saatnya KTM Bersaing dengan Nama-nama Besar?

Keberhasilan Pol Espargaro meraih podium perdana bagi tim pabrikan Austria ini di seri pamungkas kemarin memberikan indikasi bila KTM sudah mampu bersaing dengan nama-nama mapan seperti Honda, Ducati dan Yamaha musim depan. Apalagi Espargaro akan bertandem dengan peraih gelar pebalap independen terbaik di dua musim beruntun yaitu Johann Zarco.

Pada sesi uji coba kemarin, Pol Espargaro hanya terpaut 0, 871 detik dari Vinales, sedangkan Zarco terkesan masih berupaya untuk beradaptasi mengendarai motor RC16 sehingga pebalap Prancis ini sempat terjatuh sebanyak dua kali.

6. Siapakah Debutan Terbaik?

Para debutan (rookie) juga terlihat tampil meyakinkan ketika mereka yang terdiri Francesco Bagnaia (Alma Pramac Racing), Joan Mir (Team Suzuki Ecstar), Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech 3) melakukan debut mereka di sesi uji coba di Valencia kemarin.

Bagnaia yang merupakan juara dunia Moto2 2018 tampil paling meyakinkan dalam debutnya diantara para debutan lainnya di Valencia kemarin. Sesi uji coba di Jerez pada pekan depan menjadi ujian keempat debutan ini selanjutnya.

Artikel Tag: Marc Marquez, Maverick Vinales, Valencia Test, Jerez Test, 2019, Franco Morbidelli, motogp


Kategori : Berita Olahraga

Komentar
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *