6 Cara Untuk Punya Rumah Sendiri Dengan Gaji Rp5 Juta

Pasang Iklan Disini

Wikimedan.com – 6 Cara Untuk Punya Rumah Sendiri Dengan Gaji Rp5 Juta. Memiliki rumah sendiri merupakan impian setiap orang. Namun ada beberapa kendala utama yang membuat sesorang sulit memiliki rumah sendiri, yakni harga yang terlampau mahal, terutama di wilayah Jakarta.

Namun jika Anda niat, keinginan memiliki rumah sendiri bukanlah sekedar impian. Mungkin sebagian orang menganggap ini hanya teori belaka, namun buktinya banyak orang yang bisa membeli rumah apabila dapat mengatur keuangannya dengan baik.

Banyak orang yang tidak mampu mengelola keuangannya dengan baik, sehingga tak mampu membeli rumah sendiri. Akan tetapi, jika kamu melakukan perencanaan yang baik, dengan disiplin menabung, dan menyesuaikan gaya hidup sesuai pemasukan, semua bisa dilakukan.

Pertanyaannya sekarang, apakah dengan gaji Rp 5 juta per bulan Anda bisa mencicil rumah? Jawabannya adalah tentu bisa. Berikut cara dan trik bagi Anda yang memiliki penghasilan pas-pasan namun ingin memiliki hunian sendiri, seperti dikutip rumah.com, Minggu (28/8/2022).

Cara Beli Rumah Dengan Gaji Rp 5 Juta

1. Hitung Kemampuan Mencicil

Anda direkomendasikan untuk membuat target dalam beberapa tahun ke depan dana yang diperlukan untuk membeli rumah. Hal ini dikarenakan membeli rumah membutuhkan kestabilan finansial, terlebih lagi jika saat ini Anda belum memiliki jumlah pendanaan yang dibutuhkan.

Solusi pembelian kredit bisa jadi pilihan, jika kendala dana tunai menjadi masalah dalam pembelian rumah. Cara ini pun kerap terhambat dengan urusan uang muka.

Dibutuhkan kedisiplinan dan komitmen untuk membuat anggaran dan benar-benar menjalankannya. Misal, anggaran untuk tabungan, belanja, bayar tagihan rutin, dan lain-lain harus sesuai dengan perhitungan yang sudah ditetapkan.

Dengan demikian, dana uang muka dan biaya proses cicilan rumah yang dibutuhkan bisa terkumpul dalam jangka waktu tertentu

 

2. Tentukan Skema

Bagi Anda yang memilik gaji Rp 5 juta perbulan, bisa menggunakan skema KPR subsidi maupun komersial mengingat rentang harga jual rumah subsidi masih banyak yang harganya di bawah Rp200 juta per unit.

Selain itu, dengan gaji sebesar Rp5 juta, Anda juga bisa mendapat cicilan kredit di bawah 35 persen penghasilan bulanan. Jika Anda ingin ingin memiliki hunian dengan kualitas yang lebih baik ketimbang subsidi, Anda bisa memilih skema KPR Komersial bisa dengan gaji Rp5 juta.

 

3. Lunasi Hutang

Jika Anda memiliki hutang, sebaiknya segera lunasi agar beban keuangan Anda akan berkurang ringan. Proses menabung akan jauh lebih mudah dan menyenangkan jika Anda tak lagi memiliki beban utang.

Dengan demikian, Anda akan lebih fokus pada kegiatan menabung ketika tidak ada beban cicilan/utang.

 

4. Alokasikan 30%

Prinsipnya, KPR adalah program yang membiayai terlebih dahulu pembelian rumah. Jadi, tanggung jawab untuk membayar rumah akan beralih ke pihak bank, lalu nanti Anda akan mencicilnya ke Bank. Namun sebelum itu, Anda perlu memenuhi uang muka atau DP yang tidak sedikit.

Bank umumnya akan membebankan DP sebesar 20-30% dari nilai penjualan rumah. Sekalipun persentasenya terbilang masih kecil, jumlah uang yang perlu dikeluarkan tidak demikian. Misalnya saja kamu membeli rumah seharga Rp200 juta. Maka DP yang perlu dikeluarkan adalah sekitar Rp40 – 80 juta Rupiah.

 

5. Jangan Boros

Bagi Anda yang memiliki penghasilan Rp 5 juta perbulan dan ingin memiliki rumah, maka tidak diperbolehkan untuk boros. Manfaatkanlah anggaran ini dengan bijak, jangan sampai mengganggu pos tabungan untuk DP dan cicilan rumah.

Sebaiknya mulai sekarang Anda menerapkan gaya hidup hemat. Catat pengeluaran apa saja yang terjadi dalam sebulan. Jika masih ada sisa dari 70%, tabunglah di pos DP dan cicilan rumah. Akan tetapi jika tidak ada sisa dan malah kelebihan pengeluaran, evaluasi apa yang salah.

Tindakan boros bisa dikendalikan dengan mengelola anggaran yang jelas untuk pengeluaran dan menabung di awal.

 

6. Buat Target yang Jelas

Dengan mempunyai tujuan menabung yang jelas, seperti menabung dengan tujuan untuk mengumpulkan uang DP rumah, nabung untuk beli tanah dan lain sebagainya maka akan membantu Anda untuk tetap fokus dan selalu berupaya dengan sungguh-sungguh ke arah tersebut.

Jika menabung dilakukan secara sistematis, menabung yang Anda lakukan akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Terapkan sejumlah aturan dalam pengelolaan keuangan seperti target mingguan, target harian, dan yang lainnya.

Tidak perlu menetapkan sejumlah target yang terlalu besar, yang justru akan membuat Anda malas untuk menjalankannya. Setelah tujuan, besaran atau jumlah tabungan adalah salah satu hal lainnya yang harus Anda miliki dengan jelas sejak awal.

Lakukan perhitungan keuangan dengan baik, termasuk menentukan rasio tabungan yang bisa dilakukan di dalam pendapatan tetap bulanan yang Anda terima. Miliki jumlah yang tepat dan segera sisihkan sejumlah uang sesuai dengan jumlah tersebut di awal pas gajian.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *