5 Tips Memilih Produk yang Ampuh Atasi Kulit Gatal

Kulit gatal memang membuat Anda jengkel. Bila tidak diobati, rasa gatal bisa mengganggu aktivitas bahkan tidur Anda di malam hari. Untuk mengatasi kulit gatal, Anda bisa menggunakan produk pereda gatal yang di jual di toko obat atau apotek.

Namun, memilih produk tersebut tidak boleh sembarangan karena malah bisa membuat kondisi Anda jadi bertambah parah. Jadi, bagaimana memilih produk pereda gatal yang ampuh? Simak panduannya berikut ini.

Tips memilih produk untuk mengatasi kulit gatal

“Memilih produk yang tepat untuk mengatasi kulit gatal bisa membuat pengobatan lebih efektif. Efek sampingnya mungkin juga lebih rendah, selama Anda menggunakan produk dengan benar dan tepat memilihnya”, ucap Gil Yosipovitch, MD, seorang dosen kesehatan kulit di Miller School of Medicine di University of Miami, seperti dilansir dari laman Consumer Reports.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih produk pereda gatal antara lain:

1. Ketahui dulu apa penyebab kulit gatal

gatal karena kulit kering

Kulit gatal bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti kondisi kulit kering, eksim, psoriasis, atau penyakit kulit gatal lainnya. Untuk kulit kering, Anda bisa melakukan perawatan sendiri dengan beberapa produk pereda gatal tanpa resep.

Namun untuk kondisi eksim, psoriasis, dan penyakit kulit lainnya, Anda perlu pengawasan dokter untuk meringankan gejala. Sebelum menggunakan produk pereda gatal tanpa resep. konsultasi lebih dulu pada dokter apakah produk tersebut aman digunakan atau justru mengganggu pengobatan Anda.

2. Baca komposisi produk dengan cermat

memilih pelembap

Setelah Anda mengetahui penyebab kulit gatal, Anda bisa memilih produk pereda gatal berdasarkan kandungan bahan-bahannya. Berbagai kandungan yang biasanya digunakan untuk mengatasi kulit gatal, antara lain:

  • Menthol dan calamine. Menthol dapat meringkankan rasa gatal dengan menimbulkan sensasi dingin di kulit sehingga saraf mengirimkan sinyal pada otak untuk mengalihkan perhatian Anda dari rasa gatal. Sementara calamine dapat mengurangi rasa gatal sekaligus lecet akibat sengatan atau gigitan serangga.
  • Diphenhydramine. Jika rasa gatal muncul karena alergi, maka diphenhydramine bisa jadi solusinya. Zat ini bersifat antihistamin, yaitu menghambat senyawa histamin yang diproduksi kulit selama reaksi alergi terjadi.
  • Hidrokortison. Zat ini dapat meredakan rasa gatal sekaligus mengurangi peradangan. Biasanya digunakan untuk meringankan gatal akibat eksim, psoriasis, atau alergi produk pembersih dan perhiasan.
  • Urea dan lauromacrogol. Kedua bahan akitif ini dapat meredakan rasa gatal sekaligus menjaga kelembapan kulit. Anda dapat menggunakan bahan ini untuk mengobati atau mencegah kulit kering, kasar, bersisik, kulit gatal dan iritasi ringan pada kulit gatal.

3. Pilih varian produk sesuai kenyamanan

pelembap untuk psoriasis

Produk pereda gatal tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari krim, bedak tabur, atau gel. Anda bisa memilih produk mana yang paling nyaman Anda gunakan.

Biasanya produk krim lebih banyak dipilih karena tidak mengotori pakaian seperti bedak, dan tidak terlalu lengket seperti gel. Cari tahu produk tertentu yang sudah masuk dalam daftar untuk dibeli, pastikan apakah produk tersebut tersedia dalam berbagai varian atau tidak.

4. Pilih produk bebas pewangi

pilih produk

Tahukah Anda jika obat-obatan, termasuk produk pereda gatal, cenderung tidak harum? Ini ada alasannya, lho. Meski bau harum dapat memanjakan hidung Anda, produk yang mengandung pewangi cenderung kurang baik untuk kondisi kulit yang bermasalah.

Saat kulit Anda gatal, kulit Anda jadi sangat sensitif. Zat kimia penghasil bau harum bisa meningkatkan risiko munculnya alergi dan iritasi kulit lebih lanjut. Anda tentu tidak mau kondisi kulit gatal jadi lebih parah, bukan? Jadi, lebih baik pilih produk pereda gatal yang bebas pewangi tambahan.

5. Cari tahu seberapa efektif produknya

Dexpanthenol adalah obat

Setiap produk pereda gatal mengunggulkan bahan yang berbeda sehingga tingkat efektivitasnya pada setiap orang juga berbeda. Jadi, tetap ada kemungkinan Anda tidak cocok pada produk pereda gatal tertentu, meski jarang terjadi,

Untuk itu, pilih produk yang ukurannya lebih kecil. Lalu, coba oleskan atau taburkan sedikit produk pada area kulit yang gatal. Kemudian, amati bagaimana efeknya pada kulit Anda. Jika tidak ada reaksi alergi, silakan lanjutkan pemakaian produk untuk mengobati kulit gatal.

Baca Juga:


Kategori : Berita Kesehatan

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *