5 Tanda Masalah Paru-paru Bisa Terlihat dari Kulit

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – 5 Tanda Masalah Paru-paru Bisa Terlihat dari Kulit. Paru-paru adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Sebab, salah satu organ pernapasan ini berhubungan langsung dengan peredaran darah. Bila terjadi masalah, paru-paru dapat menyebabkan masalah besar dalam sistem metabolisme tubuh.

Terdapat beberapa tanda dan gejala awal penyakit paru-paru, yakni Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), asma, hingga kanker. Ternyata, masalah pada paru-paru juga bisa terlihat pada kulit, apa saja?

1. Kulit kuning

Kanker paru-paru yang telah menyebar ke pankreas atau hati dapat menyebabkan penyakit kuning. Penyakit kuning adalah kondisi berubahnya warna beberapa bagian tubuh, seperti permukaan kulit dan sklera atau bagian putih mata menjadi berwarna kekuningan.

Hal ini disebabkan oleh meningkatnya bilirubin di dalam darah. Bilirubin adalah zat berwarna kuning atau oranye yang dibuat selama pemecahan normal sel darah merah. Jika kanker paru-paru telah menyebar ke hati, pankreas, atau saluran empedu, dapat menyebabkan kadar bilirubin yang lebih tinggi dari normal.

2. Kulit gatal

Tanda masalah paru-paru dari kulit juga terlihat dari sisi kulit gatal. Dilansir dari Very Well Health, kulit gatal bisa menjadi tanda lain bahwa kanker paru-paru telah menyebar ke hati. Jika hati terpengaruh maka dapat menyebabkan penumpukan garam empedu yang menimbulkan rasa gatal.

3. Mudah memar

Kulit mudah memar dapat menjadi salah satu tanda masalah paru-paru. Tumor tertentu dapat menyebabkan sekresi terlalu banyak hormon adrenokortikotropik yang meningkatkan kadar kortisol. Peningkatan kadar ini dapat menyebabkan gejala kulit, seperti kulit yang mudah memar, guratan pada kulit atau stretch mark berwarna ungu yang signifikan, dan wajah merah serta bengkak.

4. Heliotrope Ruam

Ruam heliotrope adalah ruam berwarna ungu kemerahan di sekitar mata akibat dermatomiositis. Para ilmuwan mengatakan, dermatomiositis yang rumit dengan kanker paru-paru non-sel kecil tidak jarang dan kanker paru-paru yang parah dapat berkembang dengan cepat.

5. Papula Gottron

Salah satu tanda masalah paru-paru pada kulit adalah papula gottron. Papula gottron adalah benjolan merah tua atau bercak menonjol pada buku-buku jari, sendi jari tangan atau kaki, siku, pergelangan kaki, atau lutut. Serupa dengan heliotrope ruam, ini juga disebabkan oleh dermatomiositis.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *