5 Sinyal Tubuhmu Sudah Menjerit Kepayahan. Ini Bukan Soal Badan Lagi Manja Doang

Tubuh memiliki alarm sendiri untuk menentukan limit-nya. Sayangnya, kesibukan yang padat sering bikin alarm ini “tidak terbaca”. Dengan alasan “toh masih kuat”, sinyal-sinyal tanda bahaya itu diabaikan dan tubuh terus diforsir untuk melakukan banyak hal.

Bila terus-terusan dilakukan, hal ini bisa bahaya. Ujung-ujungnya kamu bisa tumbang dan malah harus istirahat total di rumah atau bahkan harus rawat inap di rumah sakit! Nggak mau begini kan? Nah, kalau beberapa tanda tubuh sudah kamu alami, sudah saatnya kamu harus lebih perhatian pada diri sendiri.

1. Meski sering terjadi saat tubuh tidak fit, jangan sepelekan diare dan mual-mual. Mutaber bisa bahaya kalau tidak segera diobati

Gejala muntaber via www.123rf.com

Mungkin diare dan mual adalah hal biasa yang kamu alami saat tubuhmu sedikit terganggu. Ada banyak hal yang menyebabkan kamu diare. Mulai dari udara atau cuaca yang lagi “nggak jelas” yang membuat tubuhmu “masuk angin”, hingga salah makan yang membuat perutmu mulas-mulas. Tapi diare ini nggak bisa disepelekan lho. Bisa saja itu menjurus ke muntaber, yaitu infeksi saluran cerna karena virus. Diare dan muntah bisa menghilangkan banyak cairan tubuh, dan ini sangat berbahaya. Karena itu sesibuk apapun, perhatikan betul kebersihan makananmu ya.

2. Tubuh gampang lelah dan malas melakukan aktivitas. Kebersihan rumah yang kurang dijaga jadi sarang nyamuk, waspada DBD ya

Terlalu lelah membersihkan rumah via de.123rf.com

Banyaknya aktivitas ditambah pola tidur yang kurang bagus akan membuatmu gampang capek. Pulang kerja rasanya kamu sudah tak sanggup melakukan apa-apa Di akhir pekan, alih-alih membereskan tumpukan baju kotor di rumah atau menguras kamar mandi, kamu malah tidur seharian. Hmm, lingkungan tempat tinggal yang kurang bagus ini bisa meningkatkan risiko demam berdarah lho. Soalnya nyamuk aedes aegypti ini tergolong nyamuk “rumahan” yang suka bersarang di dalam rumah. Menjaga kesehatan bukan cuma sekadar menjaga makanan, tapi juga kebersihan lingkungan. Coba cek lagi aktivitasmu. Apa sih yang bikin kamu gampang capek begitu?

3. Susah tidur, kulit pucat, gampang capek dan sering berdebar-debar? Waspada anemia akut yang bisa bahaya

Gejala anemia via www.123rf.com

Anemia atau kurang darah terjadi saat kadar hemoglobin dalam darahmu di bawah norma. Untuk perempuan, anemia mungkin sering terjadi terutama saat datang bulan. Tapi anemia jelas bukan kondisi yang bisa disepelekan. Apalagi kalau hemoglobinmu sudah di bawah angka 6g/dl dan sampai menyebabkan hilangnya kesadaran. Ini bahaya, dan kemungkinan besar mengharuskanmu untuk opname agar bisa diobservasi atau malah ditransfusi. Selain yang sudah disebutkan di atas, gejala anemia yang lain adalah sesak napas dan sakit kepala, kurang konsentrasi, kulit kuning, dan BAB berdarah. Waspada ya, kalau tubuhmu mengalami sinyal-sinyal itu.

4. Asam lambung kambuh 2x seminggu udah kayak jadwal pacaran. Bahaya nih kalau terus dibiarkan

Asam lambung kambuh via www.123rf.com

Penyakit ini seringkali disembuhkan dan dianggap penyakit anak kosan yang cukup diobati dengan obat di warung. Memang sih asam lambung bukan tergolong penyakit berat, tapi kalau dibiarkan berlama-lama bisa bahaya. Sudah banyak asam lambung yang merembet ke mana-mana hingga akhirnya berakhir fatal. Selain pola makan, asam lambung juga dipengaruhi oleh faktor psikis lho. Bisa jadi kamu sedang stress tingkat tinggi atau kelelahan. Mulai hari ini, pola makan dan manajemen stres harus diperhatikan ya. Masa nunggu opname dulu baru peduli? Jangan sampai uang yang kamu cari dengan kerja keras setiap hari malah habis untuk biaya opname di rumah sakit.

Namun untuk urusan yang satu ini, kamu bisa mengandalkan Asuransi Bebas Handalasuransi kesehatan untuk individu yang bisa dibeli mulai dari Rp75.000 per bulan serta berbasis syariah. Asuransi Bebas Handal mengcover seluruh biaya rawat inap, mulai dari kamar, alat-alat kesehatan, pemeriksaan, lab, obat, hingga tindakan. Bukannya berharap sakit, tapi ada baiknya juga berjaga-jaga ‘kan?

5. Napas terasa panas, sakit tenggorokan, dan pusing adalah gejala kamu mau sakit. Jangan diabaikan lagi ya

badan rasanya nggak jelas via www.pexels.com

Sebenarnya membaca sinyal tubuh itu mudah kok. Kalau kamu sudah merasakan sering pusing, sakit tenggorokan, napas dari mulut terasa panas, pegal-pegal, dan nggak enak makan, itu tandanya tubuhmu sudah siaga menuju sakit. Jadi kita sendiri yang harus peka. Kalau gejala-gejala itu sudah muncul, coba deh mulai konsumsi madu dan perbanyak minum air putih. Kalau perlu tidur lebih awal supaya tubuhmu punya waktu leluasa untuk istirahat. Jangan malah digeber untuk mengerjakan ini dan itu dengan alasan “mumpung belum sakit…”

Meski masih muda dan tubuh cenderung masih bugar, kita harus selalu memperhatikan kesehatan sejak sekarang lho. Salah satunya adalah menjaga pola makan dan pola hidup, serta berjaga-jaga untuk urusan kesehatan dengan Asuransi Bebas Handal Asuransi kesehatan murni khusus untuk rawat inap. Cara belinya pun nggak ribet karena kamu tinggal ine dan memilih metode pembayaran yang paling nyaman buatmu. Pembayarannya pun bisa kamu pilih sendiri mau bulanan atau tahunan.

Saat kamu memerlukan rawat inap, proses administrasi dan lain-lain dijamin nggak bakal ribet. Tinggal gesek kartu asuransi sesuai plan, dan kamu akan mendapatkan manfaat kesehatan sampai Rp100.000.000 per tahunnya.  Tak cuma memberikan full coverage untuk rawat inap, kamu juga bisa mendapatkan benefit emergency medical assistant. Asuransi Bebas Handal bikin sehat terjangkau, tanpa risau. Urus asuransi segampang ini, #MasaGakMau?

Selagi masih muda, kita memang harus terus berlari mengejar mimpi. Tapi jangan sampai lupa kalau tetap wajib hukumnya untuk perhatian pada diri sendiri. Karena bukan cuma

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *