5 Cara Mudah Mengobati Sengatan Lebah di Rumah


Sengatan lebah dapat menyebabkan benjolan yang terasa panas dan amat sakit. Namun tenang, ada banyak cara mudah yang bisa Anda gunakan untuk mengobati sengatan lebah di rumah tanpa harus pakai obat dokter. Cek di bawah ini, ya!

Sebelum diobati, buang dulu sengatnya

Setelah menyengat “korban”, lebah kadang meninggalkan sebagian patahan alat penyengatnya (stinger) atau bahkan masih dalam bentuk utuh di dalam kulit. Maka sebelum mulai mengobati bengkaknya, periksa dulu lokasi sengatannya.

Lepaskan sengatan lebah yang masih menancap di kulit dengan menariknya pakai pinset, menyekanya, atau mengoreknya sampai keluar. Keluarkan dengan cara apa pun yang Anda bisa, secepat mungkin. Menghilangkan stinger dan kantung racunnya dari kulit akan mencegah iritasi lebih lanjut.

Berbagai cara mengobati sengatan lebah di rumah

sengat lebah

Setelah yakin penyengatnya sudah keluar dari kulit, berikut berbagai cara mengobati sengatan lebah yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Kompres es

kompres dingin

Setelah Anda disengat lebah, segera bersihkan tempat sengatan tersebut dengan air mengalir untuk membilas sisa racun lebah.

Kemudian, masukkan beberapa bongkah es batu dalam plastik dan balut dengan handuk tipis bersih. Tempelkan kompres es tersebut pada lokasi bengkaknya selama 10-15 menit untuk mengurangi rasa sakit dan kemerahan. Angkat dan diamkan kulit setelah 15 menit. Jika ingin diulang, tunggu dulu sekitar 10 menit barulah tempel lagi kompresnya.

Selalu gunakan kain untuk melindungi kontak langsung antara kulit dan es. Es dapat merusak kulit jika bersentuhan secara langsung.

2. Oles minyak esensial

obat gigitan serangga

Baru ada sedikit bukti medis yang bisa menunjukkan bahwa minyak esensial dapat meredakan rasa sakit atau bengkak akibat gigitan serangga. Namun yang selama ini populer digunakan secara turun temurun untuk mengobati sengatan lebah adalah tea trea oil, minyak lavender, minyak thyme, minyak rosemary, dan witch hazel.

Sebelum mengoleskan minyak esensial ke kulit, campurkan terlebih dulu dengan minyak pelarut, seperti minyak zaitun. Perlu diingat beberapa minyak esensial mungkin dapat menyebabkan reaksi alergi.

3. Lidah buaya

jus lidah buaya

Getah atau gel lidah buaya dapat melembapkan kulit dan meredakan peradangan secara alami. Lidah buaya juga memiliki sifat antibakteri, yang membantu mencegah bekas tempat sengatan menjadi infeksi.

4. Losion calamine

efek samping salep obat kortikosteroid

Losion calamine sering digunakan untuk meredakan gatal-gatal, tapi ternyata juga bisa mengurangi rasa sakit akibat sengatan lebah atau tawon. Cobalah oleskan sedikit lotion calamine ke tempat sengatan dan tunggu beberapa menit sampai gejalanya mereda. Boleh diulangi beberapa kali dalam sehari jika dirasa perlu.

5. Madu

minum madu

Madu mengandung senyawa yang mengurangi peradangan dan pembengkakan. Sifat antibakteri alami dalam madu juga dapat membantu mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan kulit.

Anda bisa mengoleskan sedikit madu ke tempat bekas sengatan. Lakukan ini di dalam ruangan tertutup, agar bau madu tidak menarik datangnya lebah lain.

Baca Juga:



Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *