5 Cara Mudah Menanam Aglonema, Tanaman yang Lagi Banyak Diburu dengan Harga Ratusan Ribu Rupiah

Tanaman hias seperti Aglonema memang tak pernah sepi peminat. Jika trend-nya tengah naik, harganya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah seperti sekarang ini. Tak heran jika banyak yang kemudian membudidayakannya secara mandiri. Bisa untuk dijual kembali maupun hanya untuk menyalurkan hobi merawat tanaman.

Aglonema atau disebut juga sebagai Sri Rejeki ini bisa dibudidayakan dengan beragam cara. Mulai dari biji-bijian maupun secara stek. Jika telaten dalam merawat dan berkualitas bagus, tanaman yang dihasilkan bisa bernilai ekonomis tinggi. Selengkapnya, simak tips menanam sekaligus merawat aglonema berikut ini.

Pilih metode tanam aglonema sesuai dengan kebutuhan

Ilustrasi metode tanam aglonema dengan cara stek [sumber gambar]

Aglonema bisa ditanam setidaknya dengan lima cara, yakni dari biji, stek, cangkok, hingga dengan teknik memisahkan anakan. Metode tanam tersebut bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki. Jika memilih menggunakan biji-bijian, menyiapkan media tanam adalah langkah berikutnya yang harus dilakukan.

Siapkan media tanam yang diperlukan

Ilustrasi media tanam aglonema [sumber gambar]

Media tanam aglonema memerlukan tingkat keasaman (pH) netral antara 6-7. Cara tersebut bisa diperoleh lewat penggunaan campuran antara humus daun dan pasir dengan perbandingan 3:1. Kemudian, media tanam dimasukkan ke dalam pot dengan takaran 3/4 dari kapasitas pot. Sebelumnya, isi dasar pot dengan pecahan bata merah atau genting.

Teknik pemupukan dan penyiraman secara rutin

Ilustrasi penyiraman aglonema [sumber gambar]

Aglonema menyukai area tanam yang berimbang, yakni tidak terlalu kering maupun basah. Untuk itu, tata cara penyiraman dan proses pemupukannya harus diperhatikan. Usahakan agar tidak menggunakan air yang mengandung kaporit pada saat menyiram. Sementara untuk pupuk, bisa menggunakan zat kimia atau alami yang berasal dari air cucian beras.

Cara merawat daun aglonema agar tetap sehat dan mengkilap

Ilustrasi mengkilapkan daun aglonema dengan cara dilap [sumber gambar]

Aglonema yang sehat adalah tanaman yang memiliki bentuk bagus dan memiliki daun mengkilap. Caranya, daun bisa dilap dengan spons lembut yang telah diberi air atau memanfaatkan ampas kelapa yang dioleskan. Lakukan secara perlahan dan rutin hingga hasilnya benar-benar maksimal. Usahakan agar aglonema diletakkan di tempat yang teduh dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Jenis-jenis aglonema yang banyak dicari konsumen

Eka Setyawati dan koleksi tanaman hias Aglonemanya [sumber gambar]

Ada beberapa jenis dari aglonema yang banyak dicari konsumen agar memudahkan kita pada saat proses budidaya. Jenis-jenis tersebut adalah aglonema emerald, aglonema adelia, aglonema moonlight, aglonema claudia, aglonema lady valentine, aglonema siam aurora, aglonema legacy, aglonema widuri, dan aglonema cinta. Masing-masing punya ciri dan karakteristik yang khas.

BACA JUGA: Isinya Daun Doang, tapi 5 Tanaman Hias Ini Harganya Bisa Mencapai Jutaan Rupiah!

Pasangan suami istri bernama Bagus Sulistyohadi dan Eka Setyawati di Madiun, Jawa Timur, adalah salah satu contoh sukses dalam membudidayakan aglonema yang memiliki nilai ekonomis. Dilansir dari Kompas (02/09), omsetnya berkisar Rp1 juta hingga Rp2 juta saja sebelum pandemi Covid-19. Namun pada saat ini, nilainya naik menjadi Rp15 juta sampai dengan Rp20 juta per bulan. Tertarik mencoba Sahabat Wikimedan?

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *