5 Benda Sejarah Bernilai Tinggi yang Justru Datangkan Petaka dan Kutukan bagi Manusia

Daftar Indodax

Wikimedan.com – Siapa sangka jika benda peninggalan sejarah masa lalu ternyata masih memiliki ‘tuah’ tertentu bagi sebagian kalangan yang meyakini hal tersebut. Peristiwa inilah yang pernah dialami oleh beberapa orang turis yang mengalami kesialan dalam hidupnya karena mencuri benda bekas reruntuhan Pompeii, kota maksiat yang terkubur akibat letusan Gunung Vesuvius.

Beberapa benda bersejarah yang ditemukan di zaman modern memang lekat dengan mitos dan kisah seramnya masing-masing. Peninggalan sejarah masa lalu itu dipercaya memiliki kutukan bagi siapa saja yang memilikinya. Selengkapnya, simak ulasan Wikimedan berikut ini.

Manusia Es Otzi yang membuat banyak orang meninggal secara misterius

Manusia es Otzi yang berasal dari peradaban purba di masa lalu [sumber gambar]Misteri besar memang benar-benar menyelimuti benda yang satu ini. Otzi atau Oetzi yang merupakan mumi Manusia Es berusia sekitar 5.300 tahun, kerap dikaitkan dengan kematian sejumlah orang yang pernah meneliti mumi tersebut. Mulai dari arkeolog senior Amerika Serikat Tom Loy menurut laporan Deutsche Welle, kemudian ilmuwan Konrad Spindler, ahli patologi Rainer Henn, hingga pembuat film dokumenter tentang pemulihan Ötzi, Rainer Hölz.

Kutukan benda-benda milik Raja Mesir Tutankhamun

Penelitian terhadap makam Raja Mesir Tutankhamun [sumber gambar]Makam Raja Mesir Tutankhamun memang dikenal akan kutukannya yang melegenda. Para korbannya adalah para arkeolog dan ahli sejarah yang tengah meneliti keberadaan makam pembesar Mesir tersebut. Pola dan waktu kematian yang tidak bisa dijelaskan secara pasti, sempat menjadi misteri tersendiri. Muncul dugaan bahwa hal tersebut disebabkan oleh segel kutukan yang terpasang di makam, atau penyebab lainnya seperti tertular virus dan bakteri. Benda lainnya seperti cincin dan ukiran Mesir kuno juga dianggap sebagai benda terkutuk.

Artefak bekas Kota Pompeii yang diyakini penuh dengan kutukan

Benda-benda di reruntuhan Kota Pompeii [sumber gambar]Reputasinya sebagai kota maksiat di masa lalu membuat Pompeii lekat dengan kutukan bernasib sial. Sejumlah turis mengaku mengalami hal tersebut setelah ketahuan mencuri benda-benda yang ada di sana. Massimo Ossana, seorang pengawas arkeolog Pompeii, kerap mendapat paket berisi benda-benda seperti vas, ubin mosaik, dan potongan keramik yang dikembalikan para turis. Rata-rata mengaku mendapat kesialan hidup akibat benda tersebut.

Bola Meriam Ballista dianggap sebagai pembawa sial

Bola Meriam Ballista yang sempat hilang dicuri [sumber gambar]Meriam batu (proto-cannonballs) di perbatasan Suriah dan Israel yang dulu pernah digunakan oleh Kekaisaran Romawi untuk meruntuhkan benteng lawan, ternyata merupakan benda terkutuk. Dua buah meriam batu sempat hilang dari museum pada tahun 2015, namun tiba-tiba dikembalikan dengan sebuah surat yang berbunyi ‘Ini adalah Bola Ballista Gamla dari perkampungan di kaki Gunung. Aku mencurinya pada Juli 1995, dan sejak saat itu aku selalu ditimpa sial. Jangan pernah curi barang antik!’.

Makam terkutuk Raja Casimir IV Jagiellon

Makam Raja Casimir IV Jagiellon [sumber gambar]Makam Raja Casimir IV Jagiellon sejak lama telah menjadi legenda turun temurun di Eropa sebagai salah satu benda terkutuk. Tempat persemayaman pria yang merupakan Raja Polandia sejak tahun 1447 sempat memakan korban dari sejumlah peneliti dan arkeolog, ketika mencoba meneliti makamnya. Penelitian pun mengidentifikasi bahwa kematian disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur yang mengakibatkan infeksi maupun kanker pada korbannya.

Soal adanya kutukan bagi mereka yang mengalami tentu harus disikapi secara bijaksana. Salah satunya adalah karena kesalahannya sendiri yang mencuri benda-benda bersejarah tersebut tanpa izin. Seperti kisah-kisah di atas, kutukan yang terjadi boleh dipercaya atau tidak. Semua kembali pada diri kita masing-masing.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *