3 Keuntungan Mengaplikasikan Inner courtyard dalam Rumah

Berbagai inovasi dalam menghadirkan kenyamanan tinggal para pemukim terus dikembangkan dari waktu ke waktu. Mulai dari skala besar seperti pengembangan area pemukiman maupun skala spesifik seperti desain ruangan.

Misalnya saja konsep inner courtyard yang hadir dan diaplikasikan pada salah satu perumahan terbaru di Tangerang, perumahan Samanea Hill. Secara sederhana, inner courtyard dipahami sebagai konsep ruang terbuka yang terletak di dalam rumah.

Jika Anda belum mengetahui lebih dalam pengaplikasian innercourtyard dalam hunian, berikut ini adalah sejumlah keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat mengaplikasikannya.

 

Pencahayaan Maksimal

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan saat mengadopsi konsep innercourt yard dalam rumah tentu berkenaan dengan masuknya pencahayaan alami dari sinar matahari. Meskipun pada arsitektur hunian minimalis, pencahayaan alami sudah terjamin adanya di bagian dalam rumah, tetapi jika ditambah innercourt yard, pencahayaan alami pun akan semakin maksimal.

Selain membuat bagian tengah ruangan menjadi lebih terang, melalui pencahayaan alami ini rumah Anda akan terjamin kesehatannya dan terhindar dari berkembang biaknya bakteri.

Maksimalnya cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan melalui innnercourt yard pun bermanfaat untuk meminimalkan penggunaan energi listrik. Rumah pun menjadi hemat energi dan minim pengeluaran uang listrik.

 

Memaksimalkan Sirkulasi Udara ke Dalam Ruangan

Arsitek Profesional, Andra Matin, mengatakan tujuan penggunaan innercourtyard dalam perumahan Samanea Hill juga bermanfaat untuk memberikan suplai maksimal udara ke dalam ruangan. Jika hunian minimalis pada umumnya hanya memanfaatkan ventilasi fasad bagian depan dan taman belakang untuk masuknya udara ke dalam ruang, keberadaan innercourtyard akan memaksimalkan sirkulasi udara menjadi lebih baik. Selain meminimalkan kepengapan dari tiap ruangan, maksimalnya sirkulasi udara juga meningkatkan kesejukan dari bagian dalam rumah tanpa menggunakan pendingin ruangan. Desain innercourtyard sendiri dapat bekerja menjadi lebih maksimal jika area plafon ruang didesain cenderung tinggi.

 

Estetik

Selain bermanfaat untuk aspek kesehatan dan penerangan dalam ruang, keuntungan lain yang didapatkan yakni datang dari aspek visual. Keberadaan innercourt yard yang didesain dengan sedemikian rupa sesuai dengan keinginan para pemukimnya dapat mengubah visualisasi ruangan menjadi lebih estetik dan instagrammable.

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *