3 Cara Mencuci Batik Agar Tidak Luntur Paling Mudah yang Bisa Anda Lakukan

Daftar Indodax

3 Cara Mencuci Batik Agar Tidak Luntur Paling Mudah yang Bisa Anda Lakukan – StAndar kerapian setiap orang memang berbeda, namun hampir seluruh kalangan masyarakat setuju bahwa salah satu faktor kerapian pakaian bisa dinilai dari warna pakaian itu sendiri. Seiring berkembangnya zaman, banyak masyarakat yang menggunakan berbagai jenis kain dengan beragam warna untuk menjadikan pakaiannya tampil sempurna.

Di Indonesia sendiri, salah satu jenis kain yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah kain batik. Kain batik sendiri merupakan kain khas yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kain batik juga menjadi salah satu ciri khas Indonesia yang sudah terkenal hingga ke luar negeri.

Meski banyak digunakan oleh berbagai kalangan, namun kain batik termasuk jenis kain yang membutuhkan perawatan khusus. Banyak masyarakat yang mencari informasi cara mencuci batik agar tidak luntur sebagai salah satu cara menjaga kualitas kain batik yang dimilikinya.

Lantas adakah cara mempertahankan warna kain batik meski telah dicuci ? jawabannya tentu saja ada. Berikut beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk memastikan agar warna kain batik Anda tidak luntur setelah di cuci.

Cuci Secara Manual

Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan agar warna kain batik Anda tidak luntur adalah dengan mencucinya secara manual. Seperti diketahui saat ini hampir semua kalangan masyarakat menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian. Meski lebih simple, namun mencuci menggunakan mesin cuci nyatanya bisa membuat warna pada kain batik lebih mudah pudar.

Agar warna kain batik yang Anda miliki tidak mudah pudar, akan lebih baik jika Anda mencuci kain batik tersebut secara manual menggunakan tangan. Anda hanya perlu menyisakan sedikit waktu Anda untuk mencuci baju batik secara manual dan bersiaplah untuk memiliki kain batik dengan warna yang bertahan lama.

Cuci Menggunakan Sampo

Cara mencuci batik agar tidak luntur selanjutnya bisa Anda lakukan dengan cara mengganti detergen menggunakan sampo. Salah satu hal yang sering membuat warna kain luntur adalah kesalahan penggunaan detergen. Beberapa kandungan pada detergen terkadang bekerja terlalu keras sehingga membuat serat dan warna kain rusak.

Untuk menyiasati agar warna kain batik Anda tidak rusak saat dicuci, Anda bisa mengganti deterjen dengan sampo. Sampo dikenal memiliki kandungan aditif yang mampu membersihkan secara lembut sehingga tidak merusak permukaan dari objek yang dibersihkan.

Untuk mendapatkan hasil pencucian yang maksimal, Anda juga bisa merendam terlebih dahulu kain batik Anda menggunakan shampo namun tidak boleh terlalu lama. Akan lebih baik jika Anda mencuci kain batik ini menggunakan sampo dengan metode pencucian manual langsung oleh tangan.

Cuci Dengan Air Hangat

Cara mencuci batik agar tidak luntur lainnya bisa Anda lakukan dengan mengganti air cucian menggunakan air yang hangat. Air hangat dikenal mampu mempermudah proses pembersihan kotoran pada pakaian sehingga Anda tidak perlu mencuci kain batik Anda terlalu lama.

Dengan mengganti air cucian menggunakan air hangat Anda juga tidak perlu mengucek kain menggunakan tangan dengan terlalu lama. Air hangat yang digunakan untuk mencuci kain batik bisa membuat proses pencucian jauh lebih cepat sehingga potensi lunturnya warna batik bisa dihindari.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan warna pada kain batik yang Anda miliki. Pada dasarnya kualitas kain batik bisa dijaga apabila Anda menggunakan metode pencucian yang tepat.

Cara mencuci batik agar tidak luntur diatas bisa Anda gunakan secara berkala sebagai salah satu cara untuk menjaga kualitas pakaian batik Anda. Menjaga kualitas pakaian yang Anda kenakan bisa membantu meningkatkan penampilan Anda secara maksimal.

Share :