3 Cara Hilangkan Stres dan Cemas

Pasang Iklan Disini

Wikimedan.com – 3 Cara Hilangkan Stres dan Cemas. Kecemasan dan stres bisa menjadi musuh terburuk otak. Pasalnya, selama situasi stres dapat membuat diri menjadi tertutup, pikiran cemas, dan jantung berdebar.

Mengutip CNBC Internasional, seorang Ahli Saraf Dr. Tara Swart Bieber mengungkapkan jurus rahasia untuk untuk menghentikan stres dan kecemasan dalam hanya beberapa menit.

Tara menyebutkan tubuh manusia memiliki kekuatan atas apa yang dipikirkan dalam otak. Dia beberkan tiga latihan yang dapat dilakukan agar saraf menjadi lebih tenang.

 

1. Menghela napas dengan penuh perhatian

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan duduk tenang dan nyaman. Tara mengungkapkan hal ini bisa dilakukan saat gejala utama dari stres sudah mulai terlihat. Seperti pernafasan pendek, bahu tegang, dan detak jantung meningkat.

Dia menyebutkan, cara ini bisa dilakukan dalam tiga langkah yaitu dengan menarik napas panjang dan dalam melalui hidung dan tahan selama lima detik. Kemudian tarik napas dengan cepat selama satu detik dan tahan selama tiga detik.

Selanjutnya tarik napas panjang perlahan dan panjang melalui mulut selama enam detik. Lakukan rangkaian pernapasan tersebut selama 3 kali.

“Menghembuskan napas panjang menyebabkan sedikit peningkatan tekanan pada reseptor di jantung, memberi sinyal pada otak untuk memperlambat detak jantung,” ungkapnya kepada CNBC Internasional, dikutip Sabtu (3/12/2022).

 

2. Latihan setengah salamander

Latihan ini seperti meniru sikap hewan salamander atau sejenis kadal karena mata Anda bergerak sementara kepala diam. Tara mengungkapkan latihan ini diawali dengan duduk atau berdiri dalam posisi yang nyaman dengan kepala menghadap ke depan. Kemudian geser mata tanpa menoleh.

Kemudian dilanjutkan dengan memiringkan kepala ke posisi netral dan mengarahkan mata untuk melihat ke arah depan lagi. Tara menyarankan agar melakukan langkah yang sama pada sisi lainnya.

“Half-salamander merangsang saraf vagus, yaitu sistem yang mengontrol detak jantung Anda. Latihan ini dapat memicu respons relaksasi di tubuh kita,” ujarnya.

 

3. Salamander penuh

Latihan ini hampir sama dengan latihan sebelumnya, namun latihan ini lebih baik dilakukan saat sedang berada di rumah. Masih mengikuti hewan salamander, Tara menyebutkan latihan ini dilakukan dengan berlutut dengan posisi merangkak dan kepala menghadap ke bawah.

Kemudian dilanjutkan dengan menoleh dan memiringkan kepala ke kiri. Lakukan hal ini dan biarkan tulang belakang kiri di tubuh berputar dengan kepala miring ke kiri. Kemudian tahan hingga satu menit. Terakhir, bawa kepala dan tulang belakang ke tengah untuk diluruskan. Lakukan pula siklus yang sama untuk sisi yang berlawanan.

“Meskipun kecemasan bisa menakutkan, memahami bagaimana tubuh dan otak kita bereaksi pada saat-saat itu dapat menghilangkan sebagian tekanan dan membantu kita mengendalikan sistem saraf kita,” tutupnya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *