3 Bahan Alami Hair Mask Untuk Rambut Kering Dan Mengembang

Daftar Indodax

3 Bahan Alami Hair Mask untuk Rambut Kering dan Mengembang – Rambut yang rusak merupakan salah satu masalah yang paling sering dialami kaum wanita. Rambut rusak bisa disebabkan oleh beberapa factor, salah satunya adalah karena terlalu banyak terpapar bahan kimia, baik lewat asap dan polusi, sampo, maupun berbagai produk perawatan rambut lainnya.

Rambut yang kering bisa dikenali dengan mudah lewat ujungnya yang bercabang, kusam, kasar, dan patah. Masalah tersebut umumnya terjadi karena rambut kekurangan minyak dan pelembab yang dibutuhkan.

Agar dapat mengatasi masalah rambut kering dan rusak atau mengembang, Anda bisa memberikan nutrisi kepada rambut dengan cara menggunakan masker. Anda bisa membuat masker sendiri untuk mendapatkan nutrisi alami tanpa bahan kimia. Dengan membuat masker rambut sendiri, Anda tak hanya bisa menghemat biaya perawatan rambut, tetapi juga lebih sehat karena terbuat dari bahan alami.

Ada 3 bahan alami yang bisa Anda jadikan masker rambut atau hair mask untuk rambut kering dan mengembang. Berikut bahan-bahan alami tersebut beserta resepnya:

Alpukat

Alpukat tinggi akan serat sehingga membuat buah ini mudah diaplikasikan pada rambut. Alpukat matang merupakan pelembap yang bagus bagi rambut dan kulit, serta memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi.

Buah alpukat juga mengandung minyak alami yang berfungsi sebagai deep conditioner bagi rambut kusam. Untuk membuat masker rambut dari alpukat, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

– Sediakan alpukat yang sudah matang, kupas kulitnya dan tumbuk dagingnya hingga halus. Tuang dalam mangkuk dan campurkan dengan minyak zaitun, kocok hingga rata.

Perlu diketahui bahwa minyak zaitun mempunyai kecenderungan untuk mencerahkan warna rambut. Maka, jangan menambahkan minyak zaitun apabila rambut Anda diwarnai. Anda bisa menggunakan minyak almond atau minyak jojoba sebagai gantinya.

– Basahi rambut dan oleskan dari kulit kepala sampai ujung rambut dan biarkan selama 25 hingga 30 menit.

– Pijat kulit kepala, lalu bilas rambut hingga bersih.

Telur

Telur merupakan bahan alami yang bisa dijadikan sebagai hair mask untuk rambut kering dan mengembang. Bahan alami ini kaya akan protein yang sangat bermanfaat dalam menguatkan folikel rambut.Telur mengandung nutrisi yang berperan sebagai deep conditioner untuk membantu membuat rambut yang kusam menjadi lembut dan berkilau.

Apabila Anda sering meluruskan rambut menggunakan bahan kimia yang keras, maka masker telur dengan minyak zaitun bisa menjadi solusi yang tepat untuk merapikan rambut Anda. Berikut cara membuat masker telur:

– Campurkan 2 butir telur dengan 4 sendok makan minyak zaitun, aduk rata.

– Oleskan masker secara merata ke seluruh rambut dan diamkan selama 20-25 menit. Gunakan shower cap setiap menggunakan masker rambut agar dapat membantu memerangkap kelembapan. Dengan begitu, rambut akan mendapatkan hidrasi yang lebih baik.

– Keramas atau bilas rambut hingga bersih.

Pastikan Anda tidak menggunakan air panas untuk keramas. Sebab, air panas akan membuat telur sulit dibilas.

Pisang

Untuk mengatasi beberapa masalah rambut, Anda bisa menggunakan pisang sebagai hair mask untuk rambut kering dan mengembang.  Pisang bersifat sebagai pelembap yang sangat baik untuk mengatasi rambut kasar dan kering. Buah yang banyak mengandung vitamin dan mineral ini bisa menguatkan rambut yang rusak.

Bahan alami ini memiliki kelembaban yang dibutuhkan rambut. Di mana, kelembaban tersebut akan membantu mencegah rambut rusak dan bercabang. Gunakan secara teratur untuk meningkatkan kesehatan rambut secara menyeluruh.

Tak hanya mengatasi rambut rusak, masker pisang juga sangat bermanfaat untuk mengatasi ketombe. Gunakan masker pisang untuk mendapatkan rambut berkilau dan sehat. Berikut cara membuat masker pisang:

– Haluskan satu atau dua buah pisang sesuai panjang rambut Anda. Apabila ampasnya terlalu tebal, Anda bisa menambahkan satu sendok makan susu.

Pastikan bubur pisang benar-benar halus tanpa ada gumpalan atau potongan.  Tambahkan juga satu sendok makan minyak zaitun bila perlu.

– Basahi rambut dan oleskan masker dari kulit kepala hingga ujung rambut.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa Anda jadikan masker rambut atau hair mask untuk rambut kering dan mengembang. Masker alami ini lebih efektif dibandingkan dengan perawatan di salon atau spa.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *