10 Tempat Wisata Keren dan Terjangkau di Malang Raya dan Batu

Wikimedan – 10 Tempat Wisata Keren dan Terjangkau di Malang Raya dan Batu. Berbicara tentang tempat liburan dan wisata tidak akan pernah ada habisnya. Karena bagi pecinta traveling atau backpacker kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan paling menyenangkan yang harus dilakukan saat masa liburan tiba, terutama bagi mereka yang telah memiliki anak pada usia sekolah. Merajut kenangan indah bersama anak saat liburan akan menjadi sesuatu hal yang istimewa dan dikenang oleh anak sepanjang sejarah hidupnya.

Untuk mendapatkan liburan yang berkesan bagi anak, Anda tidak perlu ke tempat mahal dan menghabiskan banyak uang yang biasanya menjadikan beban tersendiri bagi orang tua. Namun begitu, Anda tetap membutuhkan budget tertentu agar Anda bisa mendapatkan fasilitas dan kenyamanan sesuai standart yang Anda tetapkan. Jangan sampai liburan Anda menjadi tidak menyenangkan hanya karena budget Anda yang pas pasan, sehingga anak pun menjadi kecewa dan tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Jika Anda berada diluar wilayah Malang, tentu liburan ke wilayah lain akan menjadi kenangan tersendiri bagi anak. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bagi warga Malang sendiri untuk mengunjungi tempat wisata keren dan terjangkau dibawah ini, karena selain keren dan murah meriah tentu Anda tidak perlu jauh- jauh ke luar kota untuk mendapatkan kenangan yang indah bersama anak. Apa sajakah tempat itu? Yuk simak ulasannya dibawah ini!

Alun- alun kota Batu Malang ini adalah tempat wisata yang murah meriah karena tidak ada tiket masuknya. Lokasinya tepat berada dijantung kota Batu yaitu di jalan Diponegoro, Sisir, Kec. Batu. Alun- alun Batu ini beda dengan Alun- alun lain, karena selain bisa dijadikan tempat nongkrong atau duduk- duduk tempat ini terdapat wahana playground anak dan juga bianglala serta komedi putar . Bahkan, Alun- alun Batu ini diklaim sebagai satu- satunya Alun- alun di Indonesia yang terdapat wahana bianglala permanen dan komedi putar didalamnya.

Untuk playgroundnya tidak dikenakan biaya alias gratis, namun untuk bianglala dan komedi putar Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp.5000 per orang. Selain itu, disini terdapat air mancur yang sangat menyejukkan (yang tidak boleh dipegang airnya karena berpotensi menyetrum) dan ada juga air mancur ramah anak yang keluar langsung dari bawah, sehingga anak- anakpun bisa bermain air dan mandi disana. Ada juga taman lampion yang indah dimalam hari dan juga toilet bentuk buah apel dan strawberry yang cukup instagramable lho!

Ada juga patung kelinci dan buah- buahan yang hanya boleh dinaiki oleh anak- anak dan juga ada badut kartun dimalam hari yang bisa diajak berfoto ria bersama anak. Yang tidak kalah menarik ditempat wisata satu ini yaitu ada tempat kuliner dan cindera mata serta aksesoris yang tepat berada diutara taman dimana tempat itu full dengan kegiatan kuliner yang beraneka ragam. Dijamin Anda ingin membeli dan memakan semuanya, karena semua kuliner dan jajanan disana sangat menggoda selera. Yang paling fenomenal yaitu ada ketan legendaris yang sudah ada sejak jaman dahulu kala.

  • Batu night paradise (BNS)

Tempat wisata keren dan terjangkau kedua yaitu Batu Night Spectacular atau biasa disingkat BNS. Jam buka BNS ini dimulai pada sore hari dan akan ditutup pada jam 12 malam. Udara dingin di Kota Batu akan diliputi oleh suasana hangat dan menyenangkan BNS. BNS memiliki beberapa wahana menarik yang harus Anda coba seperti sepeda udara (jika Anda takut ketinggian sebaiknya tidak menaiki wahana ini), rumah berhantu, rodeo, rumah kaca dan wahana menarik lainnya.

Ada 25 wahana untuk dicoba yang tentunya akan membuat suasana malam menjadi lebih menyenangkan. Ada berbagai tempat makan dan kafe yang juga dilengkapi dengan musik live dan lentera yang indah. Area lentera ini juga sangat pas untuk berfoto ria karena akan menghasilkan foto yang instagramable.

Untuk dapat memasuki tempat wisata yang menyenangkan dan memuaskan ini, Anda hanya perlu menghabiskan dua puluh ribu rupiah pada hari Senin hingga Kamis, dan untuk hari Jumat, Sabtu dan Minggu dikenakan biaya 30 ribu per orang. Dari kota Malang, rute ke lokasi BNS ini cukup mudah dan tidak terlalu sulit untuk dicapai. Sepanjang jalan dari Malang, ada rambu-rambu yang akan membawa Anda ke BNS.

  • Jatim park 2

Jatim Park II merupakan tempat wisata keren dan terjangkau yang memiliki tema flora dan fauna dengan 3 menu yaitu Batu Secret Zoo, Eco Green Park dan Museum satwa. Museum satwa menyajikan pemandangan layaknya kebun binatang dari luar. Disini terdapat replika beberapa binatang dari mulai zaman dahulu sampai sekarang. Replika binatang yang paling mencolok ada 3 macam, yaitu replika Gajah, replika Jerapah, dan yang paling keren adalah replika Dinosaurus yang ukurannya sangat besar sekali. Gajahnya juga ada yang berwarna pink imut lucu dan sangat cantik untuk diabadikan dalam kenangan bersama anak- anak tercinta.

Selain itu, ada juga kebun binatang Batu Secret Zoo dengan koleksi binatang yang lengkap. Kebun binatang ini didesain sedemikian rupa hingga habitatnya yang sekarang sangat mirip dengan habitat asli untuk setiap hewan. Sehingga, tidak hanya membuat berbagai binatang bahagia, tetapi juga membuat pengunjung senang memasuki habitat mereka seperti aslinya. Batu Secret Zoo selain merupakan kebun binatang yang luas, penataannya pun juga sangat rapi dan konsepnya menarik, sehingga pengunjung tidak akan merasa lelah di seluruh area kebun binatang.

Dan yang terbaru, ada tempat yang sangat cozy dan sejuk yaitu area Eco Green Park. Di area ini, Anda akan dapat memasuki semacam hutan buatan yang teduh dan melihat taman yang indah. Bagi Anda yang suka berfoto pasti akan sangat puas berfoto di kawasan hutan buatan ini, karena tempatnya sangat instagramable banget. Adapun Eco Green Park ini juga memiliki misi untuk membuat orang lebih mencintai lingkungan. Sangat cocok, tentu saja, untuk mengajar anak-anak.

Jika Anda ingin kesini, Anda bisa datang ke di Desa Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Untuk tiket satu arah agar dapat mengunjungi semua area ini biaya masuknya 85 ribu jika berkunjung pada hari Senin, Selasa, Rabu atau Kamis dan pada hari jum’at, sabtu dan minggu tiket masuknya menjadi 125 ribu per orang.

  • Taman Selecta Batu

Tempat wisata keren dan terjangkau selanjutnya yaitu taman Selecta Batu Nama Selecta terdengar sangat asing jika dipakai untuk nama sebuah taman di tanah Jawa. Namun, pemberian nama Selecta ini bukanlah tanpa alasan. Ada sejarah panjang di balik pemberian nama ini. Taman Selecta ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Taman ini dibangun juga oleh orang Belanda saat menjajah Jawa dan mereka menjadikan tempat ini sebagai tempat pilihan untuk peristirahatan mereka pada waktu itu.

Taman ini sering digunakan oleh Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Muh.Hatta. Beliau berdua pernah tinggal di sebuah pondok yang berada dekat dengan taman ini dan sering menghabiskan waktu di taman ini juga. Yang menarik dari taman ini bahwasannya taman ini merupakan salah satu taman paling terawat di Indonesia. Totalnya luasnya mencapai 18 hektar. Taman ini juga memiliki banyak koleksi tanaman baik asli Indonesia maupun dari luar Negeri.

Taman ini menyajikan hamparan pemandangan yang sangat indah, sejuk dan menenangkan. Ketika Anda merasa lelah dengan aktivitas sehari-hari maka Anda akan merasa segar kembali saat Anda mengunjungi tempat ini. Bagi Anda pecinta flora, tentu saja taman ini adalah salah satu surga dunia yang indah. Dan bagi pecinta dunia fotografi, ada banyak sudut menarik yang bisa ditangkap dari lensa kamera Anda.

Selain terdapat taman bunga yang sangat indah, Selecta ini juga dilengkapi dengan berbagai wahana lainnya seperti kolam renang, flying fox, taman air dan water boom. Taman Selecta ini berlokasi di Kabupaten Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Lokasinya juga sangat mudah dijangkau karena dekat dengan kantor pemerintah Kota Batu. Adapun untuk biaya yang harus Anda siapkan yaitu Rp. 25.000 per orang. Namun, jika Anda datang bersama rombongan, maka akan ada diskon menjadi Rp. 20.000 per orang.

  • Batu Wonderland

Selain tempat diatas, ada juga tempat wisata keren dan terjangkau lain yang wajib Anda kunjungi, yaitu Batu Wonderland. Tempat ini memiliki wahana permainan air yang seru dan menyenangkan tetapi berukuran kecil. Batu Wonderland ini disebut sebagai taman air mini, dan memang diperuntukkan bermain air yang aman untuk anak-anak.

Lalu mengapa mengunjungi Batu Wonderland? Selain terdapat area bermain air, Batu Wonderland juga merupakan tempat yang kompleks, disana terdapat hotel, pusat perbelanjaan, dan juga taman bermain. Dan juga, ada tempat belanja di daerah ini yang membuat Anda tidak harus repot ketika ingin membeli oleh-oleh khas untuk dibawa pulang dari Malang dan Batu.

Harga tiket masuk ke Batu Wonderland ini pun terbilang sangat murah. Hanya 10 ribu per orang untuk Senin- Sabtu, dan pada hari Minggu ha. Bagrga tiket menjadi 20 ribu. Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata malang ini, Anda bisa datang ke Jalan Iman Bonjol Bawah nomor 9, Batu, Jawa Timur.

 

  • Museum Angkut/ Transportasi

Tempat wisata keren dan terjangkau satu ini adalah Museum yang didalamnya terdapat koleksi alat transportasi terlengkap baik transportasi darat (sepeda motor,mobil,dll), laut maupun udara. Koleksi di museum ini juga disertai dengan tahun rilisnya. Mulai dari transportasi klasik, modern, hingga alat transportasi yang paling canggih pun di sana tersedia semua. Selain dijadikan wisata edukasi, Museum Angkut ini juga sangat menarik bagi semua kalangan termasuk anak muda. Karena selain bisa melihat berbagai koleksi antik dan cantik alat transportasi, pengunjung juga bisa bebas berfoto dengan baground yang cantik dan lux dan bahkan bisa mengendarai beberapa kendaraan juga.

Selain alat transportasi dari Indonesia, ada juga alat transportasi dari luar negeri. Di museum ini juga dibuat berdasarkan tema di setiap zona yang membuat pengunjung tidak bosan di seluruh area museum. Misalnya untuk zona Las Vegas, dibuat dengan latar belakang seolah-olah itu adalah Las Vegas yang asli. Tempatnya yang terkesan sangat mewah dan lux menjadikan tempat ini sangat disukai oleh pengunjung dan sangat tepat untuk dijadikan baground foto yang instagramable.

Museum ini terletak di Jalan Terusan Sultan Agung No.2, Kota Batu. Harga tiketnya cukup tinggi untuk ukuran museum yaitu 100 ribu / orang dan untuk pengunjung yang membawa kamera juga dikenai biaya 30 ribu. Meskipun harganya cukup tinggi untuk sebuah museum, tetapi Anda tidak akan kecewa dengan apa yang akan diperoleh di museum ini nantinya. Tentunya harga tersebut masih terjangkau untuk tempat yang sekeren dan sebagus ini, bukan?

  • Coban rondo

Tempat wisata keren dan terjangkau ke tujuh yaitu Coban Rondo. Coban dalam bahasa lokal artinya air terjun, sedangkan rondo artinya janda. Jadi, Coban Rondo berarti air terjun janda. Konon katanya air terjun ini digunakan oleh seorang putri Dewi Anjarwati untuk merenungi nasibnya dibatu yang ada dibawah air terjun setelah ia ditinggal mati oleh suaminya sehingga menjadi janda. Tempat wisata ini juga sangat terkenal lho!

Coban Rondo adalah salah satu coban terindah di Malang dan bahkan di Jawa Timur. Air terjun ini sangat alami dan sangat tinggi, suasananya indah, menyejukkan dan tentu saja menguarkan hawa segar yang disenangi semua orang.

Bagi Anda yang suka selfie pasti akan senang berada di sini. Anda bisa berfoto ria dan juga bisa mandi sepuasnya disini. Hanya dengan tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah, Anda bisa langsung masuk dan menikmati keindahan alam air terjun alami. Air terjun ini terletak di Kabupaten Pujon, Malang, Jawa Timur dan tidak sulit untuk mencapai nya.

  • Taman Labirin

Selain bisa menikmati air terjun coban rondo, Anda juga bisa sekaligus mencoba Taman Labirin yang sedang hits ini. Taman labirin ini memang baru saja dibuat oleh para manajer Coban Rondo. Namun begitu dibangun, tempat wisata keren dan terjangkau ini begitu menarik dan menjadi tempat wisata Malang yang ngehits.

Labirin di taman ini adalah labirin buatan tetapi dengan bahan-bahan alami. Tanamannya asli semua, hanya dipangkas membentuk jalan tikus dan akan membuat wisatawan bingung mencari jalan keluarnya. Ketinggian tanaman labirin ini setinggi dua meter dan taman ini boleh dimasuki oleh siapa saja. Dan jika Anda memasukinya, dijamin Anda akan mendapatkan sensasi bermain yang luar biasa.

Anda tidak perlu khawatir akan menginap di labirin ini jika Anda tidak bisa keluar, karena Anda tidak akan benar-benar tersesat. Disana ada menara pemantauan yang akan menyelamatkan Anda jika Anda tidak bisa keluar. Menara pemantauan ini boleh dipanjat oleh siapa saja sehingga Anda juga dapat meminta kerabat atau keluarga Anda untuk berjaga-jaga di menara untuk memberikan bantuan jika Anda berada dalam kesulitan. Dan karena bisa dipanjat oleh siapa saja maka menara pemantau ini juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk pengambilan foto yang sangat pas dan keren. Dari ketinggian, foto hits dan menarik akan dtercipta, yang tentu saja sulit ditemukan di tempat lain dan Anda tetap harus berhati- hati.

  • Museum Tubuh Bagong Adventure

Seperti apa pariwisata Malang yang satu ini? Museum Tubuh Bagong Adventure merupakan tempat yang tepat untuk mendapatkan banyak pengetahuan tentang anatomi tubuh manusia. Ya, sesuai dengan namanya, museum ini adalah museum yang menunjukkan deskripsi terperinci dari semua organ tubuh manusia. Tempat wisata yang keren dan terjangkau ini bisa disebut juga dengan wisata edukasi. Oleh karena itu sebagian besar yang datang adalah para siswa sekolah bersama dengan guru- guru mereka. Namun begitu tidak menutup kemungkinan bagi wisatawan atau orang umum dapat berkunjung ke tempat ini.

Museum Tubuh Bagong Adventure merupakan salah satu museum unik dan museum tubuh terbesar di Asia dan hanya satu-satunya di Indonesia. Konsep bangunannya modern dan artistik sehingga banyk disukai pengunjung. Pintu masuknya adalah mulut bagong, sitokoh pewayangan yang menganga lebar. Didalamnya terdapat 13 zona yang menggambarkan organ tubuh manusia seperti mata, telinga, tangan,kaki,paru-paru, otak dan sebagainya.

Museum ini konsepnya sangat modern dan Andapun tidak akan bosan. Tujuannya dibuat modern agar semua orang lebih memahami tentang anatomi tubuh manusia dan agar kita lebih peduli tentang kesehatan. Bagi anak-anak, museum ini adalah wahana pembelajaran yang sangat menarik dan dapat menjadi sarana yang cukup mudah untuk mengajarkan organ-organ tubuh. Bagi orang dewasa museum ini juga penting karena selain mengenal berbagai macam organ tubuh, kita juga akan mengetahui bahaya penyakit yang mengintai.

Tempat wisata satu ini memiliki ukuran yang sangat luas yaitu mencapai 3,5 hektar. Bangunan utamanya ada enam lantai yang akan menyajikan tentang anatomi tubuh dengan peralatan modern. Selain itu, di museum ini juga menyediakan ruang makan atau food court yang bisa digunakan untuk beristirahat dan makan- makan.

Meskipun Museum Tubuh Bagong Adventure adalah objek wisata, namun ada juga fasilitas kesehatannya lho! Ya, di museum ini pengunjung yang telah membayar tiket masuk dapat melewati pemeriksaan gratis seperti pemeriksaan gula darah, pemeriksaan kolesterol, pemeriksaan tinggi badan, pemeriksaan berat badan ideal, atau pemeriksaan gout.

Lokasi museum yang unik dan mendidik ini terletak di Jalan Kartika Nomor 2, Kota Batu, Jawa Timur. Lokasinyapun juga mudah dijangkau dan masih dekat dengan Jatim Park I. Biaya tiketn masuknya sebesar 40 ribu untuk hari Senin- Kamis dan hari-hari lainnya akan naik menjadi 60 ribu.

  • Hawai waterpark malang & Malang Night Paradise

Tempat wisata keren dan terjangkau terakhir ini masih belum lama berdiri. Namun begitu, tempat ini sudah bisa dengan cepat menjadi tempat favorit keluarga saat berlibur ke Malang. Tempat permainan air ini bertemakan Kepulauan Hawaii dengan konsep yang matang sehingga membuat siapa pun yang mengunjungi objek wisata ini menjadi seperti benar-benar berada di Hawaii, bahkan didepan ada juga patung anak berbaju mini mirip perempuan- perempuan dipantai Hawai.

Suasananya pun dibuat mirip dengan Hawai. Mulai dari wahana Mavi Island yang diperuntukkan bagi anak- anak, Hawaii Water House, Rainbow Fall, Ekolu Slide, dan sebagainya. Di Mavi Island anak- anak bisa bermain dengan aman dan menyenangkan dikolam yang tidak terlalu dalam. Kadang juga akan didatangkan alat yang bisa mengeluarkan busa sangat banyak dijam- jam tertentu. Tidak hanya anak- anak, orang dewasa pun akan senang mandi busa.

Hawai water park adalah tempat yang tepat untuk menyelesaikan tur Anda di Malang dan Batu. Letaknya ada di Singosari, Kabupaten Malang, Jatim. Yang paling populer dari Hawai waterpark ini adalah gelombang Tsunami buatannya. Memang benar, tidak ada yang mau merasakan tsunami nyata. Namun, Tsunami buatan Hawaii di Hawai Waterpark menghadirkan sensasi yang luar biasa menyenangkan, bahkan ada jam- jam tertentu yang hanya diperuntukkan untuk anak- anak saja. Anda akan merasakan ombak menerjang di kolam yang cukup cepat tetapi memiliki standart keamanan yang terjamin.

Selain tsunami buatan, ada juga wahana ekstrim lain yang disebut Twister Xtreme Slide, semacam seluncuran namun sangat extrim. Wahana ini sejenis seluncuran yang sangat ekstrim ketinggiannya, dan lekukan papan luncurnyapun juga sangat menarik dan menegangkan (jangan coba- coba wahana satu ini jika Anda takut ketinggian). Wahana ini juga diklaim sebagai luncuran ekstrim paling liar, yang pertama di Indonesia dan hanya ada lima negara di Asia. Benar- benar tempat wisata keren dan terjangkau yang patut Anda pertimbangkan untuk dikunjungi jika Anda berlibur ke Malang.

Ada juga wahana lain di Hawai Waterpark yang diperuntukkan untuk anak-anak (permainan anak) atau juga area outbound yang tak kalah menantang. Di Hawai Waterpark ini  tidak hanya memiliki berbagai area bermain air tetapi juga berbagai area bermain non-air. Harga tiket Hawai Waterpark yang terbilang cukup mahal akan terbayarkan dengan kepuasan yang setimpal. Bagi Anda yang ingin memasuki taman air ini, biayanya Rp75.000 untuk hari kerja dan Rp100.000 untuk akhir pekan. Dijamin, bagi Anda yang menempatkan Hawaii Waterpark dalam rencana perjalanan Anda, tentu Anda tidak akan menyesal.

Selain biaya diatas Anda juga harus menyiapkan kocek lebih saat berlibur di hawai Waterpark ini. Karena tempatnya yang sangat ramai pengunjung, Anda akan kehabisan tempat untuk sekedar meletakkan barang dan bisa duduk- duduk saat selesai berenang atau bermain air. Untuk itu di Hawai waterpark ini disediakan juga gazebo keluarga yang berbayar. Harga sewa gazebo 25 ribu rupiah. Dan untuk mie instan maupun kopi rata- rata harganya juga 25 ribu rupiah per mangkok atau cup. Belum lagi jika Anda ingin sewa ban, tentu akan ada harga sewa lagi. Meskipun begitu, ada juga gazebo yang gratis lho! Jika budget Anda tipis sebaiknya Anda sarapan terlebih dahulu sebelum datang kesini, dan makan siang diluar saat sudah selesai bermain.

Jika malam hari tempat wisata ini berubah menjadi Malang Night Paradise dan Anda bisa menikmati sensasi naik perahu dimalam hari yang sangat menyenangkan. Selain itu diHawai waterpark ini juga terdapat wahana komedi putar yang sangat disukai oleh anak- anak. Dan bahkan saat liburan natal dan tahun baru tempat ini juga menyediakan area berseluncur dan bermain di es seperti diluar negeri. Hal ini akan menjadikan kenangan yang indah dan sangat menyenangkan bagi Anak- anak dan keluarga Anda. Tetapi even ini biasanya akan ada hanya dieven- even tertentu saja.

Demikian artikel tentang 10 tempat wisata keren dan terjangkau di Malang raya dan Batu. Masih banyak tempat lain yang indah yang bisa Anda kunjungi di wilayah Malang dan batu ini. Meskipun begitu, tentu Anda harus menyiapkan budget lebih ya, karena liburan akan lebih menyenangkan saat semua wahana dan keinginan anak- anak Anda bisa terpenuhi. Tetapi jangan terlalu takut juga untuk berlibur, karena kita bisa menyiasati liburan dengan berbagai cara agar liburan menjadi ramah dikantong. Salah satunya dengan membawa bekal makanan dan jajanan sendiri dari rumah. Terimakasih sudah berjunjung, sampai jumpa!

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *