10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Huawei Mate 20

Ditulis oleh Muhamad Dikdik Saparudin – Diperbaharui 21 November 2018

Huawei Mate 20 adalah HP yang diluncurkan berbarengan dengan saudaranya, Huawei Mate 20 Pro. Kedua HP ini pertama kali diluncurkan pada 16 Oktober 2018 di London Inggris. Pada momen tersebut, diperkenalkan pula Huawei Mate 20 X dan Huawei Mate 20 RS Porsche Design.

Carisinyal sudah membahas soal kelebihan dan kekurangan Huawei Mate 20 Pro. Pada kesempatan kali ini, yang bakal dibahas adalah Huawei Mate 20. Huawei Mate 20 ini ternyata memiliki beberapa perbedaan yang cukup menarik untuk dibicarakan.

Untuk bagian jeroan, antara Huawei Mate 20 dan Huawei Mate 20 Pro dibuat sama agar mereka bisa tampil maksimal bagi penggunanya. Di bagian kamera juga Huawei Mate 20 masih sangar karena menggunakan teknologi Leica yang luar biasa walaupun ada beberapa perbedaan dengan Mate 20 Pro.

Lalu apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari Huawei Mate 20 ini? Berikut ini Carisinyal akan membahas kebihan dan kekurangan Huawei Mate 20 yang bisa menjadi referensi sebelum meminang ponsel ini. Sebelum ke pembahasan, simak dulu spesifikasi dari Huawei Mate 20 ponsel ini.

Spesifikasi Huawei Mate 20

Huawei Mate 20

  • Rilis: November, 2018
  • Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Resolusi Layar: 1080 x 2244 pixels, 18.7:9 ratio (~381 ppi density)
  • Chipset: HiSilicon Kirin 980 (7 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.6 GHz Cortex-A76 & 2×1.92 GHz Cortex-A76 & 4×1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G76 MP10
  • Memori Internal: 128 GB, 4/6 GB RAM
  • Memori Eksternal: NM (Nano Memory), up to 256GB (uses SIM 2)
  • Kamera Belakang: 12 MP, f/1.8, 27mm (wide), 1/2.3″ + 16 MP, f/2.2, 17mm (ultrawide) + 8 MP, f/2.4, 52mm (telephoto)
  • Kamera Depan: 24 MP, f/2.0, 26mm (wide)
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh battery

Kelebihan Huawei Mate 20

1. Kinerja yang Tidak Bisa Diremehkan

Kirin 980

Jeroan yang dibawa Mate 20 masih dengan saudaranya di level atas Mate 20 Pro, yaitu menggunakan chipset HiSilicon Kirin 980 dengan proses manufaktur 7nm dan delapan inti CPU (2×2.6 GHz Cortex-A76 & 2×1.92 GHz Cortex-A76 & 4×1.8 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G76 MP10.

Performa Huawei Mate 20 Pro ini tergolong baik dan bersaing dengan HP yang mengusung Snapdragon 845. Situs Techradar melakukan Geekbench 4  pada HP ini dan mendapatkan skor yang tergolong tinggi seperti terlihat pada gambar berikut.

Geekbench Score Huawei Mate 20

* sumber: www.techradar.com

Hal menarik adalah nilai Geekbench Huawei Mate 20 ini lebih tinggi dibandingkan Huawei Mate 20 Pro. Hal ini karena resolusi layar HP ini yang lebih kecil dibandingkan saudaranya.

Adapun performa HP ini tergolong baik. Seperti kata Techradar, performa HP ini sangat lancar untuk digunakan bermain gim, urusan fotografi, maupun melakukan trimming pada video. Pendapat serupa juga diungkapkan oleh situs Androidpolice yang mengatkan kalau performa Huawei Mate 20 ini fantastic. 

Berdasarkan hal tersebut, kinerja yang dibawa oleh Mate 20 ini tidak patut dipertanyakan lagi. Kegiatan multimedia dan multitasking tentu dapat diharapkan dengan ponsel Mate 20 ini. Bekerja dan bersenang-senang tentu dapat dilakukan dengan baik karena ponsel ini mendukung baik kedua hal itu. 

2. Desain dan Tampilan yang Memukau

Tampilan Huawei Mate 20

Dilapisi body kaca di depan dan belakang serta frame dari aluminium membuat tampilan Mate 20 terlihat keren. Bodynya juga dibuat lebih tipis dibanding Mate 20 Pro sehingga membawa tampilan yang mengesankan. Pada bagian atas layar, poni Mate 20 diperkecil lagi hingga layarnya terlihat lebih luas yang memang lebih lebar dibanding Mate 20 Pro.

huawei mate 20

* sumber: www.techradar.com

Layar Mate 20 menggunakan panel IPS 16 juta warna dengan resolusi lebih kecil dibanding Mate 20 Pro, yaitu 1080 x 2244 pixel. Karena layarnya yang lebih lega maka kerapatan pixel yang dimilikinya pun hanya sekitar 381 ppi. Gorilla Glass ikut memperkuat dan melindungi layar Mate 20 ini.

Layar Mate 20 memiliki kontras yang baik saat berada di bawah sinar matahari. Mode otomatis juga dapat memungkinkan layar Mate 20 diset ke tingkat kecerahan yang lebih tinggi lagi.

3. Kapasitas Baterai Besar dengan Pengisian Cepat

Baterai Huawei Mate 20

Mate 20 dihidupi oleh daya baterai dengan kapasitas yang sedikit lebih kecil dibanding Mate 20 Pro, yaitu 4000 mAh. Walau demikian, daya ketahanan baterai yang dilakukan oleh GSM Arena menunjukan skor yang berbeda. Skor HuaweiMate 20 lebih unggul dari seniornya Mate 20 Pro (92 jam untuk Mate 20 dan 85 jam untuk Mate 20 Pro).

Waktu bertahan baterai Mate 20 saat digunakan untuk 3G Talk Time adalah 22:50 jam. Sedangkan untuk kegiatan web browsing dan menonton video masing-masing adalah 19:42 jam dan 14:38 jam. Perbedaan skor ini bisa dikarenakan teknologi Under Display Fingerprint (UDFP) yang dibawa Mate 20 Pro selalu aktif sehingga daya baterai sedikit terkuras.

FC Huawei Mate 20

Kapasitas baterai yang besar itu pun didukung pula oleh teknologi pengisian cepat  4.5V/5A. Dengan demikian, baterai Mate 20 dapat terisi hingga 58% dalam waktu 30 menit (bandingkan dengan Mate 20 Pro yang mencapai 70% dalam 30 menit). Mengapa berbeda? Jelas teknologi pengisian cepat yang dibawa Mate 20 tidak sama dengan Mate 20 Pro.

GSM Arena melanjutkan bahwa untuk mengisi baterai Mate 20 hingga 100% dibutuhkan waktu sekurang-kurang satu jam setengah.

4. Bidikan Foto Berkualitas

Kamera Huawei Mate 20

Teknologi Leica masih memperkuat sektor kamera Mate 20. Jumlahnya pun sama dengan Mate 20 Pro, yaitu tidak buah dengan pengaturan yang sama (lebar, reguler, dan telefoto) dan ditempatkan membentuk kotak persegi. Hanya saja ada perbedaan dengan resolusi dan teknologi tambahan yang diberikan pada kameranya.

Kamera pertamanya beresolusi 12 MP dengan aperture 1.8 dan lensa lebar 27mm. Yang kedua memiliki resolusi 16 MP dengan aperture 2.2 dan lensa ultra-lebar 17mm. Sedangkan yang terakhir adalah kamera dengan resolusi 8 MP dengan aperture 2.4 dan lensa telefoto 52mm.

Ketiga kamera tersebut ditemani oleh dual-LED dual-tone flash namun tidak dilengkapi dengan PDAF atau OIS. Untuk mengetahui lebih jelas foto Huawei Mate 20 ini, simak foto-foto berikut ini. 

hasil tangkapan kamera huawei mate 20 b

* sumber: www.techradar.com

hasil tangkapan kamera huawei mate 20 d

* sumber: www.techradar.com

hasil tangkapan kamera huawei mate 20

* sumber: www.androidpolice.com

hasil tangkapan kamera huawei mate 20 c

* sumber: www.techradar.com

hasil tangkapan kamera huawei mate 20 e

* sumber: www.techradar.com

Aplikasi kamera yang dibawa Mate 20 mendapat peningkatan dari hadirnya Kecerdasan Buatan Huawei yang mampu mengenali lebih dari 1.500 skenario dan 25 kategori. Sama seperti pada Mate 20 Pro, pengguna Mate 20 juga dapat mengambil foto dari jarak dekat mulai dari 2,5 cm dengan lensa ultra-wide Leica mereka.

Kualitas foto yang dihasilkan kamera utama Mate 20 juga mengesankan apalagi saat kondisi cahaya yang baik maka hasilnya pun sangat baik pula. Detailnya terlihat, warnanya terasa hidup dan akurat, kontras yang bagus, dan secara keseluruhan hasilnya dapat memuaskan mata penggunanya.

Foto yang diambil saat kondisi cahaya rendah juga cukup baik karena Mode Malam Mate 20 ditenagai oleh AI Image Stabilization HUAWEI yang canggih sehingga mampu menangkap foto bebas-buram dan dengan fokus yang baik. Mode Malamnya juga mampu menghasilkan gambar yang lebih cerah dan memunculkan lebih banyak detail.

5. Masih Hadirnya Jack 3.5mm

Jack di Huawei Mate 20

* sumber: www.gsmarena.com

Jika lubang audio 3.5mm pada Mate 20 Pro sudah dihilangkan maka pengguna Mate 20 masih dapat menggunakannya. Dengan demikian, kabel menjuntai saat sedang mendengarkan musik, menonton video, menelepon, dan lainnya masih dapat terlihat dengan Mate 20 ini.

6. Masih Setia dengan Inframerah dan FM Radio

huawei mate 20

Radio FM masih dapat dirasakan oleh pengguna di Mate 20 sementara di Mate 20 Pro sudah tidak bisa. Fitur hiburan kecil ini mungkin masih bisa diandalkan oleh sebagian pengguna di saat-saat tertentu. Sementara untuk fitur inframerah masih bisa ditemukan di kedua Huawei Mate dan setidaknya masih dapat digunakan untuk hal-hal tertentu juga.

Kekurangan Huawei Mate 20

1. Layar Masih IPS

Layar Huawei Mate 20

* sumber: www.gsmarena.com

Panel IPS yang masih diandalkan layar Huawi Mate 20 ini memang tidak mengecewakan, namun untuk ponsel sekelas Mate dengan harga yang lumayan semestinya teknologi layarnya lebih tinggi lagi. Seperti terlihat pada gambar di atas, HP ini hanya memiliki kerapatan layar 381 ppi saja. 

Sebenarnya alangkah lebih baik jika Huawei Mate 20 menggunakan AMOLED sama seperti Huawei Mate 20 Pro. Tetapi tampaknya penggunaan panel IPS LCD bertujuan agar harga HP ini bisa lebih murah.

2. Tidak Anti Air

waterproof

* sumber: www.flickr.com

Huawei Mate 20 hanya memiliki sertifikat IP53 yang artinya ponsel ini hanya terhadap debu dan cipratan air saja. Dengan demikian, ponsel Mate 20 dapat rusak jika tergenang atau terendam di dalam air. Apakah ini worth it dengan dengan harga yang ditawarkan oleh Mate 20? 

Jika tidak dibawa berenang sebenarnya tidak terlalu masalah tetapi mengingat harga HP ini yang cukup lumayan, tentu konsumen membutuhkan sertifikasi ketahanan yang lebih baik.

3. Tidak Triple Slot

triple slot SIM

 

Masih sama dengan Mate 20 Pro, Huawei Mate 20 juga tidak mendukung slot ketiga sebagai alternatif tambahan ruang memori. Jika memang hal itu diperlukan maka pengguna perlu menggunakan slot SIM 2 untuk kemudian diganti dengan memori nano eksternal.

Karena dukungan memori internalnya hanya sebesar 128 GB, maka bukan tidak mungkin sebagian penggunanya akan memerlukan memori tambahan.

4. Biometrik yang Biasa

Fingerprint Huawei Mate 20

Huawei Mate 20 hanya dibekali satu sistem biometrik bagi penggunanya, yaitu pemindai sidik jari yang terletak di bagian belakang tepat berada di bawah kamera utama. Jika dibandingkan dengan salah satu kompetitornya yaitu OnePlus 6T yang sudah UDFP (Under Display Fingerprint), tentu hal ini terlihat biasa saja.

Simpulan

Huawei mate 20 sepertinya ditujukan untuk pasar yang tidak menjual Mate 20 Pro. Dengan layar yang lebih besar dan kaya akan warna serta dukungan chipset Kirin yang luar biasa membuat Mate 20 adalah salah satu pilihan terbaik untuk menunjang berbagai aktivitas baik itu bekerja atau bersenang-senang.

Walaupun tidak sehebat apa yang ditampilkan oleh saudaranya, Huawei Mate 20 Pro, ponsel ini tetap merupakan sebuah flagship yang luar biasa di kelasnya.

Secara keseluruhan, apa yang dibawa Mate 20 kepada dunia sepertinya sudah dapat memahami apa yang dibutuhkan oleh calon penggunanya. Tertarik dengan Huawei Mate 20? Jika tertarik, silakan beli Huawei Mate 20 di Bukalapak melalui link berikut ini. 

Huawei Mate 20 ini adalah ponsel yang cukup menarik, bukan? Jangan lupa untuk membaca artikel menarik Carisinyal lainnya seperti 10 HP Huawei dengan Sensor Fingerprint Terbaru Tahun 2018 ini.


Kategori : Berita Teknologi

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *