10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 5G


Sehabis Galaxy S20 series, kini terbitlah seri lanjutannya yakni seri Galaxy S21. Seperti biasa, Samsung masih menggunakan sistem perilisan yang sama, yakni membagi seri flagship ini jadi tiga bagian – reguler, Plus, dan Ultra. Dan pada artikel ini kami akan membahas soal kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 5G reguler.

Merupakan “anak bungsu”, tentu banyak yang bertanya-tanya soal apa saja yang bisa ditawarkan ponsel ini. Pasalnya, semua orang tentu bisa menebak dia tidak lebih unggul dari kedua kakanya.

Tapi jangan buru-buru mencoret Galaxy S21 reguler ini dari hati Anda. Sebab, ponsel ini tetap merupakan keluaran flagship yang sudah dibekali beragam fitur khas Samsung. Bagaimana persisnya keunggulan ponsel ini? Simak yang berikut.

Spesifikasi Samsung Galaxy S21 5G

 

  • Rilis: Januari, 2021
  • Layar: Dynamic AMOLED 2x, 6,2 inci 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Exynos 2100 (5 nm)
  • GPU: Mali-G78 MP14
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: 12 MP + 64 MP + 12 MP
  • Kamera Depan: 10 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh

Kelebihan Samsung Galaxy S21 5G

Sudah siap melihat apa saja yang dapat ditawarkan smartphone canggih ini? Berikut adalah poin-poin kelebihan Samsung Galaxy S21 5G.

1. Teknologi Layar 120 Hz yang Canggih

 

Bukan lagi rahasia umum kalau teknologi layar pada Galaxy S series selalu setahap lebih maju dibanding yang lain. Berbekal Dynamic AMOLED 2X, menjadikannya perangkat dengan tampilan paling memukau di industri smartphone. Dibanding dengan Galaxy S20, tingkat kecerahan puncaknya juga lebih baik. Galaxy S20 punya peak brightness 1200 nits sementara pada Galaxy S21, angka tersebut naik 100 menjadi 1300 nits.

Nama 2X pada Dynamic AMOLED sendiri melambangkan dukungan terhadap laju penyegaran 120 Hz, dua kali lipat lebih mulus ketimbang 60 Hz yang menyambangi banyak ponsel pada umumnya. Refresh rate 120 Hz ini juga mendukung kapabilitas adaptif yang membuatnya bisa disesuaikan secara otomatis, tergantung dari kegiatan yang dilakukan.

Misal ponsel sedang menampilkan tampilan diam, maka laju penyegaran akan dikurangi menjadi 48 Hz saja. Barulah saat di-scroll atau bermain game laju penyegaran ini akan meningkat hingga 120 Hz. Menonton video dengan kualitas HDR juga akan menjadi sangat menyenangkan, terlebih karena ponsel ini sudah mendukung sertifikasi HDR10+.

2. Fitur Kamera Profesional

 

Samsung menjanjikan akan menghadirkan kemampuan fotografi yang lebih canggih lagi dibanding pendahulunya. Dengan membawa fitur-fitur menarik dari Galaxy S20 series, dan menyelipkan beberapa fitur baru tambahan lainnya untuk pengalaman fotografi yang lebih menyenangkan.

Pertama-tama, gadget ini dikemas dengan multi-camera yang mencakup tiga buah lensa. Lensa-lensa tersebut merupakan satu lensa utama 12 MP, lalu ada lensa telefoto beresolusikan 64 MP, dan terakhir adalah lensa ultrawide 12 MP.

Beberapa fitur dari kameranya mencakup resolusi perekaman 8K untuk kamera belakangnya, juga tersedia fitur Director’s View agar Anda bisa merekam atau memotret dari berbagai sudut pandang, menggunakan ketiga lensa belakang sekaligus (dan juga kamera depan). Lensa telefotonya pun bisa Anda gunakan untuk melakukan zoom secara optik sebanyak 3x. Zoom optik ini tidak akan mengurangi kualitas gambar sama sekali.

Di luar itu, pengguna juga dapat menikmati Dual Video Call yang bisa memunculkan kamera depan dan belakang secara bersamaan saat video call. Jadi, Anda juga bisa menunjukkan kondisi sekitar pada lawan bicara Anda. Oh iya, kamera depannya punya resolusi 10 MP, dan mendukung resolusi perekaman 4K pada frame rate 60 FPS. Berikut ini adalah beberapa contoh sampel foto yang dihasilkan dari kamera Samsung Galaxy S21.

3. Ukuran Bodi yang Compact

 

Samsung Galaxy S21 reguler merupakan yang paling minim fitur di antara kedua kakaknya yang lain. Tapi ini justru membuatnya jadi yang paling ringan dengan ukuran yang begitu ringkas. Lebih enak digenggam ataupun dimasukkan ke saku. Soalnya layarnya memang sangat kecil.

Dengan ukurannya yang sebesar 151.7 x 71.2 x 7.9 mm dan berat 169 gram (Sub6) serta 171 gram (mmWave), ponsel akan terasa lebih natural di tangan dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

4. Harganya Paling Murah

 

Sebagai varian yang terendahnya, Samsung Galaxy S21 tentu hadir dengan harga yang paling murah. Ini artinya, tidak perlu membayar dengan lebih mahal untuk mendapatkan value sekelas ponsel flagship. Hingga artikel ini ditulis, Samsung belum menyertakan harganya pada laman resminya.

Namun dilansir dari Kompas, Galaxy S21 akan dilepas dengan harga Rp12.999.000,- untuk varian 128 GB dan 8 GB, dan harga Rp13.999.000,- untuk varian 256 GB dan RAM 8 GB. Selisihnya pun lumayan banyak dibanding Galaxy S21 Plus yang buka harga di angka Rp15.999.000,-. Selisihnya mencapai Rp3 jutaan.

Apalagi, fitur pada Galaxy S21 Plus juga tidak begitu banyak yang meningkat, kecuali di bagian layar dan baterai yang lebih besar, keberadaan fitur Ultra Wide Band, dan beberapa peningkatan minor lainnya.

5. Performa Chipset yang Unggul

 

Untuk Anda yang punya passion di bidang eSport, pastinya memerlukan smartphone bertenaga agar permainan berjalan tanpa hambatan. Di sinilah Galaxy S21 dapat diandalkan. Galaxy S21 sendiri hadir pada dua versi, yakni versi global yang menggunakan Exynos 2100 dan juga versi Amerika Serikat yang menggunakan Snapdragon 888.

Dari segi performa, Exynos 2100 memang tidak sehandal varian Snapdragon dari segi performa. Tapi dalam penggunaan sehari-harinya, Exynos 2100 tetap berjaya dan layak untuk dipasangkan ke dalam bodi smartphone flagship ini.

Berdasarkan pengujian Mighty Gadget, skor GeekBench 5 pada Exynos 2100 meraih angka 1079 untuk single core dan 3381 untuk multicore. Ini lebih rendah dari Snapdragon 888 yang dapat skor 1139 pada single core dan 3693 untuk multicore.

Sedangkan menurut GSM Arena, Samsung Galaxy S21 5G ini dapat skor AnTuTu v8 sebesar 584055. Yang membuatnya menarik, skor ini lebih besar dibanding Apple iPhone 12 yang dapat skor 579048.

Dan, kalau di-compare dengan Galaxy S20 reguler sebagai pendahulunya, HP ini juga dapat peningkatan. Pasalnya, Galaxy S20 hanya dapat 525029 poin. Dengan kata lain, Galaxy S21 lebih baik dari generasi sebelumnya dan mengalahkan performa iPhone 12, yang notabene adalah saingan Samsung yang paling berat.

Kekurangan Samsung Galaxy S21

Hadir dengan cukup banyak keunggulan, Anda sebaiknya jangan lupakan sisi kekurangannya untuk dapat gambaran yang lebih lengkap mengenai HP ini.

1. Layar Terbilang Kecil

 

Untuk dapat menikmati konten secara luas, setidaknya dibutuhkan ukuran layar 6,5 inci. Namun rupanya Galaxy S21 reguler ini hanya dikemas dengan layar 6,2 inci saja. Mungkin Samsung ingin menjadikan versi reguler ini sebagai versi Mini dari pada Galaxy S21 series. Namun alangkah baiknya apabila layar pada versi ini setidaknya punya ukuran 6,4 inci yang masih terbilang layak untuk konsumsi konten visual sehari-hari.

2. Tidak Mendukung Fitur UWB

 

Ultra Wide Band adalah fitur baru dan unik yang hadir pada seri Galaxy S21. Fitur ini bisa membuat penggunanya saling bertransfer data dengan begitu cepat antar ponsel, mirip seperti NFC dan Bluetooth. Bedanya, UWB punya kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat.

Tidak itu saja, melainkan UWB juga dapat berfungsi untuk melacak benda yang hilang. Dengan syarat, benda tersebut (seperti tas dan yang lainnya) sudah dipasangkan perangkat bernama SmartTag. Nantinya UWB ini bisa menampilkan arah pada layar untuk menghampiri benda yang sedang dicari.

Oh iya, fitur UWB ini juga berfungsi untuk mencari HP lain yang hilang. Sayangnya, UWB hanya dapat dinikmati pada Galaxy S21 Plus dan Ultra saja.

3. Bodi Belakang Hanya Terbuat dari Plastik

 

Yang menjadikannya cukup kalah saing dibanding varian atasnya adalah material bodi belakang. Sementara kedua kakaknya sudah pakai Gorilla Glass Victus tidak hanya di bagian layarnya saja melainkan juga pada bagian belakangnya.

Anda tidak dapat mengekspektasikan tingkat ketahanan bodi yang sama pada Galaxy S21 yang hanya terbuat dari kaca plastik, sehingga lebih rentan untuk rusak saat terjatuh.

4. Fast Charging yang Kalah Saing

 

Baterai dari Galaxy S21 sebenarnya terbilang sangat layak untuk menjaganya tetap awet seharian, sekalipun hanya tertulis kapasitas 4.000 mAh di lama speknya. Terlepas dari ketahanan baterainya, nyatanya durasi pengisian daya ponsel ini hanya mengandalkan fast charging 25 W saja. Di harganya yang flagship ini, sungguh sayang Samsung tidak menyediakan fast charging yang lebih canggih lagi.

Tidak itu saja, kemampuan wireless charging-nya pun tidak sebagus Huawei P40 Pro ataupun Xiaomi Mi 10 yang masing-masing menyuguhkan fast charging 40 W dan 30 W, serta wireless charging 27 W dan 30 W. Sedangkan, wireless charging milik Galaxy S21 hanya 15 W saja.

Menurut pengujian GSM Arena, terlihat bahwa Samsung Galaxy S21 ini bisa dicas hingga penuh dalam waktu 1 jam 13 menit menggunakan Power Delivery 25 W.

5. Resolusi Layar Hanya Full HD Plus

 

Tidak bisa dipungkiri bahwa layar Samsung Galaxy S21 sangatlah memukau dan mampu memberikan kualitas tampilan yang cerah. Kendati demikian, ponsel tersebut hanya mengusung layar resolusi Full HD Plus.

Hal ini justru merupakan pengurangan ketimbang Galaxy S20 yang jadi generasi pendahulunya. Sebab, Galaxy S20 sudah menggunakan resolusi 1440p alias WQHD Plus. Dengan begini, secara teori, Samsung Galaxy S21 tidak akan menampilkan tampilan layar setajam Galaxy S20.

Simpulan

Bagaimana setelah melihat kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 5G di atas? Bisa dibilang dengan pasti kalau HP tersebut sungguh layak dinobatkan sebagai HP flagship yang canggih. Tapi apakah ia benar-benar tercanggih di banding kompetitornya yang lain? Tentu tidak.

Pasalnya, Galaxy S21 reguler ini masih terbilang agak outdated dari sebagian fiturnya. Seperti kamera yang masih sama seperti seri Galaxy S20, fitur fast charging yang tidak berubah dari generasi pendahulunya, dan bahkan mendapatkan resolusi layar yang lebih kecil. Seolah-olah, kita hanya sedang melihat anggota Galaxy S20 lainnya alih-alih generasi penerus.

Ada yang menganggap Galaxy S20 lebih preferable dibanding Galaxy S21, ada pula yang menilai Galaxy S21 lah yang lebih layak ditunggu. Hal ini dikarenakan Galaxy S21 menawarkan tampilan yang lebih fresh dan berani. Setiap orang akan langsung mengenali Galaxy S21 saat melihat desain Contour Cut di bodi belakangnya. Pastinya, hal ini akan membuat pengguna lebih percaya diri atas prestige yang didapat.

Kalau misalnya kita memandang HP ini dari face value-nya, Samsung Galaxy S21 tetap punya banyak kelebihan untuk ditawarkan seperti teknologi layar yang memukau. Ya, kalau soal layar kan memang Samsung jagonya. Lalu, performa chipsetnya.

Exynos 2100 adalah salah satu chipset pertama di tahun 2021 yang sungguh menjanjikan. Tidak pernah dipakai oleh ponsel lain manapun, dan pastinya lebih unggul ketimbang Snapdragon 865 yang kini bisa kita anggap outdated.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *