10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note 10 Plus

Samsung Galaxy Note 10 Plus atau Samsung Galaxy Note 10+ adalah HP Samsung kelas atas yang jadi penerus Samsung Galaxy Note series. Seperti Samsung Galaxy Note series lainnya, HP ini hadir dengan S-Pen atau sebuah stylus yang berfungsi untuk meningkatkan produktivitas pemakainya.

Samsung Galaxy Note 10 Plus sendiri hadir dengan spesifikasi dan fitur mumpuni. Tak ayal banderol harga mulai dari Rp16 jutaan membuat HP ini jelas berada di kelas atas. Tapi apakah, harga tersebut layak untuk spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh HP ini? Untuk menjawabnya, mari simak 10 poin kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Note 10 Plus yang telah dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 10 Plus

  • Chipset: Exynos 9825 (7 nm)

  • RAM & Memori: 12 GB & 256/512 GB

  • Kamera: Quad 12 MP + 12 MP + 16 MP + Kamera VGA 3D TOF

  • Kisaran Harga: Rp 16.700.000

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Samsung Galaxy Note 10

Samsung Galaxy Note 10 Plus memiliki beberapa kelebihan yang membuat HP ini menarik untuk dilirik. Apa saja kelebihan tersebut? Simak poin-poinnya berikut ini!

1. Speaker Kencang

Samsung Galaxy Note 10 Plus

* sumber: www.tomsguide.com

Samsung Galaxy Note 10 Plus adalah HP dengan kualtias audio terbaik. Suara yang dihasilkan HP ini tergolong kencang. Seperti yang diungkapkan Digitaltrends, yang mengatakan kalau HP ini memiliki speaker stereo yang mengesankan. Suara yang keluar keras dan terdengar hebat. Terlebih, speaker HP ini sudah mendukung Dolby Atmos.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh AndroidAuthority. Menurut mereka, Samsung Galaxy Note 10 Plus  memiliki suara yang terdengar baik. AndroidAuthority menguji speaker stereo dengan Dolby Audio HP ini dan mereka menyatakan kalau HP ini memiliki kualitas suara yang terdengar baik. Satu kelebihan tersendiri tentunya.

2. Desain Mewah dengan S-Pen

Samsung Galaxy Note 10 Plus

* sumber: www.tomsguide.com

Samsung Galaxy Note 10 Plus hadir dengan desain warna yang mewah dengan berbagai pilihan warna yang menarik. Misalnya pilihan warna Aura Glow yang membuat tampilan Galaxy Note memancarkan warna berkilau yang bergantian dan terlihat kemewahan yang menarik dan cenderung menonjol sejauh mata memandang.

AndroidAuthority adalah situs yang memuji desain HP ini. Menurut mereka, desain Samsung Galaxy Note 10 Plus ini terlihat mewah dan elegan. Terlebih penempatan kamera dengan posisi vertikal membuat desainnya cukup pas dan tidak terlihat aneh di bagian belakang.

GSMArena, situs teknologi kenamaan juga memuji desain dari Samsung Galaxy Note 10 Plus ini. Model Aura Glow yang mereka pegang mampu menampilkan warna cantik dan menonjol. Samsung Galaxy Note 10 Plus dengan model Aura Glow ini menurut mereka memiliki pewarnaan yang mirip dengan bagian CD (compact disc).

Selain model Aura Glow, Samsung Galaxy Note 10 Plus juga memiliki beberapa pilihan model lainnya yakni Aura White, Aura Black, dan Aura Blue. Oh yah satu hal menarik lagi dari desain HP ini adalah bodi belakang HP ini yang sudah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 6. 

3. Layar Dynamic AMOLED Terbaik

Samsung Galaxy Note 10 Plus

* sumber: www.tomsguide.com

Samsung Galaxy Note 10 Plus hadir dengan panel layar Dynamic AMOLED. Layarnya sudah dilindungi pelindung Corning Gorilla Glass 6. Dimensi layar HP ini sendiri adalah 6,8 inci dengan resolusi 1440 x 3040 piksel. Layarnya memiliki screen-to-body ratio 91.0% dengan kerapatan layar 498 ppi. Layarnya juga sudah mendukung HDR10+.

Dari spesifikasinya, jelas layar HP ini menawarkan kualitas yang baik. Situs Tomsguide mengatakan kalau HP ini bisa dianggap sebagai HP dengan layar terbaik. Hal ini juga sesuai dengan pengujian mereka yang mencatatkan hasil kalau Samsung Galaxy Note 10 Plus memiliki tingkat kecerahan 686 nits, mengalahkan  OnePlus 7 Pro (513 nits), iPhone XS Max (606 nits) dan Galaxy S10 Plus (625 nits).

AndroidAuthority juga mengatakan kalau layar HP ini memiliki tampilan layar yang cemerlang. Berkat panel Dynamic AMOLED, layar HP ini mampu menampilkan gambar yang cerah dan tidak jenuh. Tampilan layar laptop ini yang luar biasa juga diperkuat dengan penghargaan dari DisplayMate dengan memecahkan “12 rekor display berkat peningkatan performanya”.

4. Kamera Depan dan Belakang Oke

Samsung Galaxy Note 10+

* sumber: www.techradar.com

Samsung Galaxy Note 10 Plus memiliki kualitas kamera depan dan kamera belakang yang baik. Kamera depan HP ini dibekali dengan kamera 10 MP yang memiliki bukaan f/2.2.  Kamera ini sudah dibekali Dual Pixel PDAF, Dual video call, Auto-HDR, dan juga dukungan rekaman video sampai 2160p.

Hasil tangkapan kamera foto selfie ini tergolong bagus. Seperti kata GSMArena, hasil tangkapan kamera depan HP ini memiliki rentang dinamis yang mengesankan. Bagian terbaiknya adalah autofokusnya yang konsisten sehingga menghasilkan foto selfie yang fokus dan bagus. 

Untuk kamera belakang, HP ini dilengkapi dengan konfigurasi empat kamera. Keempat kamera tersebut adalah kamera utama 12 MP dengan bukaan f/1.5-2.4, kamera telefoto 12 MP dengan bukaan f/2.1, kamera ketiga 16 MP dengan bukaan f/2.2, dan terakhir ada kamera TOF 3D. Bagaimana hasil tangkapan kamera belakang HP ini? Lebih baik simak terlebih dulu contoh hasil tangkapan kamera belakang HP ini.

Hasil tangkapan kamera Samsung Galaxy Note 10 Plus

* sumber: www.digitaltrends.com

Hasil tangkapan kamera Samsung Galaxy Note 10 Plus

* sumber: www.digitaltrends.com

Hasil tangkapan kamera Samsung Galaxy Note 10 Plus

* sumber: www.digitaltrends.com

Hasil tangkapan kamera Samsung Galaxy Note 10 Plus

* sumber: www.digitaltrends.com

Hasil tangkapan kamera Samsung Galaxy Note 10 Plus

* sumber: www.digitaltrends.com

Terlihat hasil tangkapan kamera HP ini tergolong bagus. Seperti kata Digitaltrends, hasil tangkapan kamera HP ini tergolong bagus dan memiliki karakteristik yang fleksibel dan kuat. Selain itu foto mode malam dari HP ini juga tergolong bagus dan bisa mengalahkan para pesaing seperti Apple iPhone XS Max, Google Pixel 3 XL, atau bahkan OnePlus 7 Pro.

GSMArena juga mengatakan kalau hasil tangkapan kamera belakang HP ini tergolong bagus dan luar biasa. Hasil fotonya mampu menghasilkan foto dengan rentang dinamis yang mengesankan dan memiliki banyak detail yang baik. Warna-warna yang dihasilkan foto ini juga tergolong bagus.

Kualitas kamera belakang HP ini yang bagus juga diperkuat dengan hasil tes DxOMark. DxOMark menguji HP Samsung Galaxy Note 10 Plus 5G dan mendapatkan skor 113 (skor tertinggi DxOMark, saat artikel ini dibuat).

Samsung Galaxy Note 10 Plus 5G sendiri memiliki konfigurasi kamera yang sama dengan Samsung Galaxy Note 10 Plus standar, hanya beda jaringan saja. Hasil tersebut jelas menunjukan kalau kamera belakang HP ini benar-benar bagus.

5. Daya Tahan Baterai Awet

Samsung Galaxy Note 10+

* sumber: www.digitaltrends.com

Samsung Galaxy Note 10 Plus dibekali dengan baterai dengan kapasitas 4.300 mAh. Kapasitas baterai ini tergolong cukup mengingat HP ini menawarkan layar 6,8 inci QuadHD+ yang tentunya lebih banyak menguras baterai. Lantas, bagaimana dengan daya tahan baterai HP ini? Simak hasil tes GSMArena berikut ini.

baterai samsung galaxy note 10+

* sumber: baterai%20samsung%20galaxy%20note%2010+

Menilik hasil tes tersebut, terlihat kalau HP ini memiliki nilai endurance sebesar 107h dengan waktu bicara 32 jam 32 menit, internetan 12 jam 7 menit, dan video playback 18 jam 50 menit. Hasil tersebut tergolong bagus terlebih sekali mengingat HP ini memiliki layar yang lebar.

Situs Techradar juga mengatakan kalau Samsung Galaxy Note 10 Plus memiliki daya tahan baterai yang awet yakni bisa melewati satu harian lebih. Dengan penggunaan yang berat, baterai bisa tersisa 20 sampai 30%. Tentu hasil ini tergolong bagus. Terlebih faktor hemat daya ini juga dipengaruhi oleh manajemen daya Samsung yang telah sangat disempurnakan.

6. Super Fast Charging

Samsung Galaxy Note 10 Plus

* sumber: www.tomsguide.com

Selain memiliki daya tahan baterai yang baik, HP ini sudah mendukung pengisian cepat. Tidak tanggung-tanggung, Samsung Galaxy Note 10 Plus mendukung pengisian cepat 45W. Hanya saja charger bawaan HP ini hanya mendukung pengisian sampai 25W.

Berdasarkan pengalaman pengujian Techradar, teknologi pengisian 25W sanggup mengisi HP dari 0% sampai 100% hanya dalam waktu 70 menit saja. Tentu hasil ini tergolong bagus.

Oh yah, Samsung Galaxy Note 10 Plus juga sudah mendukung teknologi USB Power Delivery 3.0 dan Fast Qi/PMA wireless charging 15W. HP ini juga dapat berfungsi sebagai power bank alias bisa mendukung reverse wireless charging 9W.

7. Performa Kencang Mendukung UFS 3.0

Samsung Galaxy Note 10+

* sumber: www.techradar.com

Samsung Galaxy Note 10 Plus dibekali dengan chipset Exynos 9825 . Chipset ini terdiri dari delapan core dengan konfigurasi dua core Mongoose M4 2.73GHz, dua core Cortex-A75 2.4 GHz, dan empat core Cortex-A55 1.9 GHz. Sementara untuk pengolah grafisnya, tersemat GPU Mali-G76 MP12. Lantas, berapa nilai Antutu-nya? Simak datanya di bawah ini.

antutu samsung galaxy note 10 plus

* sumber: www.gsmarena.com

Terlihat kalau Samsung Galaxy Note 10 Plus memiliki nilai Antutu di angka 340 ribuan, sedikit di atas Samsung Galaxy S10 Plus dan kalah dari iPhone XS Max, serta beberapa HP dengan Snapdragon 855, salah satu contohnya OnePlus 7 Pro.

Meskipun demikian, jelas performa Samsung Galaxy Note 10 Plus tidak jelek. Angka tersebut adalah angka yang tinggi. Terlebih Samsung Galaxy Note 10 Plus dibekali penyimpanan tipe UFS 3.0 yang membuat performa baca dan tulis memori jadi lebih kencang. Apalagi HP ini didukung dengan RAM 6 GB dan tersedia pula varian RAM 12 GB.

Hasil menarik justru terlihat dari hasil pengujian AndroidAuthority seperti terlihat pada gambar berikut ini.

BENCHMARK SAMSUNG GALAXY NOTE 10 PLUS

* sumber: www.androidauthority.com

Terlihat kalau hasil Antutu-nya berbeda yakni mencapai 369.029, lebih tinggi dari hasil tes Antutu GSMArena. Sementara untuk Geekbench, terlihat kalau HP ini mendapat skor 3.434 untuk single-core dan 10.854 untuk multi-core. Sementara untuk SlingShot Extreme OpenGL, skornya mencapai 5.692 dan SlingShot Extreme Vulkan skornya mencapai 4.909.

Hasil benchmark tersebut jelas menegaskan kalau Samsung Galaxy Note 10 Plus yang tergolong kencang. Jangan lupakan juga soal kehadiran S-Pen yang menjadi nilai tambah HP ini dan memiliki banyak fungsi yang menarik dari sekadar hanya untuk menulis saja.

8. Integrasi Windows

Samsung Galaxy Note 10 Plus

* sumber: www.digitaltrends.com

Keunggulan lain dari Samsung Galaxy Note 10 Plus adalah kemudahannya untuk terintegrasi dengan sistem operasi Windows. Fitur ini disebut Link to Windows. Dengan fitur ini, HP dapat mudah terkoneksi dengan OS Windows. Hal ini jelas memperkuat kesan kalau Samsung Galaxy Note 10 Plus tidak lagi sekadar ponsel tetapi sebuah ponsel dengan kemampuan komputasi yang baik. Terlebih HP ini bisa digunakan dengan mode Dex, yakni mengubah HP menjadi perangkat seperti komputer dengan cara terhubung ke monitor.

Kekurangan Samsung Galaxy Note 10

Ada dua  kekurangan dari Samsung Galaxy Note 10 Plus ini, apa sajakah itu? Simak langsung pembahasannya berikut ini!

1. Bodi Terlalu Lebar

Samsung Galaxy Note 10+

* sumber: www.digitaltrends.com

Meskipun memiliki desain mewah dan layar yang baik, Samsung Galaxy Note 10 Plus ternyata memiliki bodi ukuran yang terlalu lebar. Ketebalan HP ini yang hanya 7.9 mm jadi satu hal menarik karena membuat HP ini lebih tipis jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Note 9 yang memiliki ketebalan 8,8 mm. Hanya saja, layarnya yang menawarkan dimensi 6,8 inci membuat desain bodinya terlalu lebar.

Hal ini dikeluhkan oleh GSMArena. Menurut mereka, HP ini kurang ergonomis ketika dipegang tangan. Posisi tombol power dan volume yang berada di bagian kiri juga membuat navigasi HP ini kurang nyaman karena orang-orang terbiasa dengan posisi tombol power dan volume di bagian kanan. Menurut mereka, Samsung Galaxy Note 10 Plus sulit dinavigasikan dengan satu tangan.

Situs Techradar juga sependapat dengan GSMArena. Menurut mereka, Samsung Galaxy Note 10 Plus memiliki bodi yang terlalu besar dan permukaannya tergolong lincin. Hal ini jelas menegaskan kalau bodi Samsung Galaxy Note 10 Plus terlalu lebar sehingga kurang nyaman digenggam.

2. Tidak Ada Audio Jack 3,5mm

Samsung Galaxy Note 10+

* sumber: www.digitaltrends.com

Samsung Galaxy Note 10 Plus hadir tanpa audio jack 3,5 mm. Hilangnya audio jack jelas bakal jadi satu kekecewaan. Hal ini karena seri Samsung kelas atas biasanya masih mempertahankan audio jack 3,5 mm ketika banyak pesaingnya yang sudah menghilangkannya. Istilahnya Samsung jadi tidak punya pendirian dan ikut-ikutan. Padahal rasanya mempertahankan audio jack 3,5 mm bisa jadi kelebihan menarik dari HP ini.

Simpulan

Samsung Galaxy Note 10 Plus adalah HP yang boleh dibilang mendekati sempurna. HP ini memiliki banyak keunggulan yang membuatnya pantas sebagai HP untuk kalangan bisnis dan mendukung produktivitas. Hampir semua aspek yang ada di HP ini unggul. Terlebih HP ini memiliki teknologi S-Pen, sesuatu yang hampir tidak dimiliki oleh tipe ponsel dari vendor lain.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, wajar jika Samsung Galaxy Note 10 Plus dibanderol dengan harga mahal. Harga belasan juta untuk berbagai fitur unggulan, rasanya masih masuk akal. Berminat meminang HP ini? Jika berminat, silakan beli HP ini di Bukalapak lewat link ini.

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *