10 Game Pesawat Tempur Terbaik di PC yang Mesti Dicoba

Keberadaan game-game pesawat tempur memang tidak setenar permainan berbasis open world, RPG, battle royale, dan yang lainnya. Jenis game ini tentunya dapat menjadi alternatif lain ketika kalian jenuh memainkan game dengan premis yang monoton.

Game berkonsep pesawat tempur tentunya menawarkan sebuah lingkungan baru, di mana kalian yang memainkannya akan diajak untuk menjelajahi luasnya langit biru. Namun, eksplorasi tersebut tidaklah senyaman yang dibayangkan, karena kalian mesti berperang di udara melawan pesawat tempur musuh yang siap menembak kapan saja.

Jika kalian masih kebingungan mencari game pesawat tempur yang seru dan menantang, Carisinyal akan memberikan daftar rekomendasinya di bawah ini. Semua game yang dibahas dapat kalian mainkan di platform Windows (PC), dan memiliki gameplay yang membuat kalian betah untuk memainkannya.

1. Bomber Crew (2017)

* sumber: store.steampowered.com

Bomber Crew adalah sebuah permainan yang berbasis real-time strategy yang dikembangkan oleh Runner Duck dan diterbitkan oleh Curve Digital. Game ini sendiri pertama kali dirilis pada platform Windows, OS X dan Linux di tanggal 19 Oktober 2017.

Dalam game ini, pemain dapat memberikan perintah kepada kru pesawat saat menjalankan kampanye misi pemboman selama Perang Dunia II. Semua anggota kru bisa memperoleh berbagai macam keterampilan yang didapatkan sepanjang permainan berlangsung.

Setiap misi yang dilaksanakan mempunyai tingkat risiko yang berbeda-beda. Bahaya dapat datang dari mana saja, termasuk dari cuaca buruk dan pesawat tempur musuh. Sebelum lepas landas di udara, pastikan bahan bakar, amunisi, serta kebutuhan lainnya tersedia dengan baik.

2. Vertical Strike Endless Challenge (2017)

Vertical Strike Endless Challenge

* sumber: store.steampowered.com

Terdapat dua pilihan kampanye yang bisa kalian mainkan dalam game pesawat tempur PC yang satu ini. Kampanye pertama adalah mode anti-air arcade di mana pemain mesti mendominasi langit dengan melakukan pertempuran udara dan harus memenangkannya.

Mode kedua bernama anti-ship arcade mode. Di sini pemain mempunyai misi untuk menenggelamkan kapal-kapal musuh ke dasar lautan sembari menghindari tembakan meriam.

Dalam game ini pemain dapat menggunakan berbagai macam pesawat, seperti jet tempur F-22, F-3A, dan masih banyak lagi. Pemain selanjutnya bisa memilih empat senjata berbeda yang terdiri dari berbagai rudal jarak jauh dan pendek. Semua senjata tersebut sangat berguna dan digunakan sesuai dengan pilihan mode kampanye masing-masing.

3. Ace Combat 7: Skies Unknown (2019)

Ace Combat 7

* sumber: www.thenerdmag.com

Game pesawat tempur PC ini menawarkan dua mode pengontrolan yang dapat dipilih oleh pemain, yakni novice (pemula), dan expert (berpengalaman). Sepanjang permainan, pemain akan disuguhi 28 jenis pesawat yang dapat dikendalikan, seperti A-10C Thunderbolt II, F-4E Phantom II, dan Gripen E.

Saat berada di kampanye tunggal, pemain akan mendapatkan mata uang yang disebut dengan MRP. Uang tersebut dapat digunakan untuk membeli pesawat baru dan peralatan tambahan lainnya melalui pohon teknologi.

Di awal permainan, pemain memulai gameplay dengan mengendalikan jenis pesawat F-16C. Setelah menyelesaikan misi keempat, pemain dapat mendapatkan pesawat baru secara otomatis berjenis Starfighter MiG-21 dan F-104. Setiap pesawat dilengkapi dengan rudal standar untuk perang di udara, perang di daratan, serta senjata khusus lainnya.

4. IL-2 Sturmovik: 1946 (2006)

IL-2 Sturmovik

* sumber: store.steampowered.com

Diceritakan bahwa Perang Dunia II masih berkecamuk di tahun 1946, dan pemain mesti berada dalam situasi konflik yang melibatkan banyak negara. Lewat kondisi mencekam tersebut, pemain akan mengendalikan berbagai macam pesawat tempur dan pembom untuk melakukan misi tertentu.

Game ini mempunyai skenario yang cukup luas tidak hanya melibatkan wilayah Eropa saja, namun kawasan Asia pun akan berpartisipasi. Pemain akan mengikuti peperangan di Uni Soviet, China, Korea dan Jepang. Di permainan ini, pemain akan dimanjakan dengan sembilan kampanye yang didalamnya terdapat 200 misi untuk selesaikan.

Pemain bisa memilih sebagai pilot pesawat tempur atau pesawat pembom untuk angkatan udara Jerman, Uni Soviet dan Jepang. Pemain kemudian mengendalikan salah satu jenis pesawat tersebut untuk berperang di langit Eropa dan melawan pesawat Amerika Super B-29 di Iwo Jima.

5. Battlestations: Midway (2007)

Battlestations

* sumber: www.gamespot.com

Berlatar belakang di Pasifik selama Perang Dunia II, game ini menggunakan mekanisme permainan aksi dan real-time tactics. Pemain dapat memerintahkan semua aset armadanya baik laut, udara, maupun darat dan mengambil kendali atas salah satu dari ketiganya.

Kampanye tunggal dalam game ini berfokus pada serangkaian misi di Pearl Harbor dan berisikan 11 skenario sejarah dari sudut pandang Amerika Serikat. Semua itu dimainkan lewat perspektif seorang pria muda bernama Henry Walker, dan sahabatnya Donald Locklear yang merupakan seorang pilot di Angkatan Udara bernama Flying Tigers.

Pemain kemudian dapat memerintahkan kapal patrol torpedo (Elco PT Boat), dan armada angkatan laut (CVBG) untuk berpartisipasi dalam Battle of Midway di Pearl Harbor. Game ini juga menawarkan beberapa level tantangan yang membuat pemain kesulitan. Di sisi lainnya, Battlestations: Midway menampilkan John F. Kennedy dan Franklin D. Roosevelt sebagai cameo.

6. Tom Clancy’s H.A.W.X 2 (2010)

Tom Clancy’s H.A.W.X 2

* sumber: www.techpowerup.com

Permainan ini menampilkan kampanye cerita yang dapat dimainkan secara tunggal maupun multipemain hingga tiga orang. Dalam sebagian besar misi, pemain mengemudikan pesawat tempur, tetapi kadang-kadang, pemain dapat mengontrol secara jarak jauh kendaraan udara tak berawak (UAV).

Selain itu, ada juga misi yang mengharuskan pemain berperan sebagai operator senjata di pesawat tempur Spooky AC-130. Para pemain kemudian akan terlibat dalam permainan untuk menerbangkan pesawat dari pangkalan udara, pendaratan untuk mempersenjatai pesawat, dan pengisian bahan bakar.

Dalam game ini, pemain nantinya akan mengendalikan karakter seperti Mayor Alex Hunter, seorang pilot dari skuadron Altitude Warfare – Experimental (HAWX), Kapten Dimitri Ivanovich Sokov dari Angkatan Udara Rusia, Letnan Colin Munro dari Angkatan Laut Kerajaan Inggris dan Kolonel David Crenshaw dari skuadron HAWX.

7. Wings! Remastered Edition (2014)

Wings! Remastered Edition

* sumber: store.steampowered.com

Ini adalah versi remastered dari game Wings yang pertama kali dirilis pada tahun 1990 di platform Amiga. Game ini menawarkan permainan arkade berlatar belakang Perang Dunia I, dan disajikan dalam sudut pandang orang pertama. Terdapat tiga arena permainan berbeda yang semuanya diselingi oleh cerita berbasis teks.

Permainan pertama pada dasarnya adalah simulator penerbangan berbasis 3D. Pemain mempunyai misi untuk menghancurkan pesawat tempur milik Angkatan Udara Jerman, dan sebuah pesawat apung Zeppelin.

Dalam arcade kedua, pemain bertugas memusnahkan unit-unit darat yang dimiliki oleh musuh, seperti meledakan kereta, truk, membunuh pasukan infanteri, dan menghancurkan markas-markas.

Sedangkan untuk segmen ketiga, pemain berfokus pada permainan pengeboman dalam konsep arena 2D top-down. Nantinya, pemain akan diberi amunisi bom yang terbatas, dan mesti menghancurkan beberapa bangunan yang sudah ditargetkan dalam misi.

8. Combat Wings: Battle of Britain (2008)

Combat Wings

* sumber: store.steampowered.com

Combat Wings: Battle of Britain adalah sebuah game simulasi perang yang menempatkan para pemain di kokpit pesawat tempur selama Perang Dunia II. Tugas pemain cukup jelas dalam game ini, tembaklah pesawat tempur musuh di langit Eropa dan pastikan mereka tidak menjatuhkan bom atau menembak pesawat yang sedang kalian kendalikan.

Selama permainan berlangsung, pemain tidak perlu memikirkan tentang bahan bakar atau mengatur mekanisme pesawat. Pemain hanya cukup berkonsentrasi untuk terbang, fokus dan tembaklah sebanyak mungkin musuh-musuh yang melintas.

Ada total 23 misi yang terjadi baik di siang hari maupun di malam yang gelap. Game ini menyediakan sembilan jenis pesawat yang dapat dikendalikan, seperti Handley Page Halifax, Hawker Hurricane Mk.I, Panavia Tornado, Heinkel He-111H, Junkers Ju-87B ‘Stuka’, Junkers Ju-88A, Messerschmitt BF-109E, Supermarine Spitfire Ski, dan Westland Whirlwind.

9. Warplanes: WW2 Dogfight (2018)

Warplanes

* sumber: store.steampowered.com

Dalam game pesawat tempur PC ini pemain diajak untuk mengendalikan lebih dari 50 pesawat bersejarah, mulai dari pesawat tempur klasik hingga pembom ringan dan berat. Masing-masing pesawat tersebut terdiri dari Spitfire, P-51, Hurricane, Lancaster, Il-2 “Shturmovik”, La-5FN, Ju-87 “Stuka”, Fw 200 “Condor” dan B-17 “Flying Fortress”.

Pemain akan bermain bermacam-macam kampanye untuk setiap negara, seperti Amerika Serikat, Uni Soviet, Inggris, Jepang dan Jerman. Selanjutnya, pemain akan berada di situasi Perang Dunia II dan berperan sebagai pemimpin pilot dari Skuadron Unit Angkatan Adara.

Dalam unit militer tersebut, pemain dapat mengumpulkan satu skuadron pilot terbaik dan melatihnya untuk membantumu perang di udara. Jika kalian cukup bernyali tinggi, kalian bisa menjalankan misi sendiri dengan berperang solo di langit melawan para musuh. Game ini juga menawarkan setting yang cukup luas dengan menampilkan lokasi peperangan di wilayah Eropa, Afrika dan Asia.

10. IL-2 Sturmovik: Battle of Stalingrad (2014)

IL-2 Sturmovik

* sumber: store.steampowered.com

IL-2 Sturmovik: Battle of Stalingrad berfokus pada Perang Dunia II selama musim dingin di periode tahun 1941 hingga 1943. Dalam game ini, pemain akan menerbangkan hingga 10 pesawat selama pertempuran di udara. Pesawat tempur terdiri dari Yakovlev Yak-1, LaGG-3, Me109f, Junkers Ju 87, IIlyushin II-2, serta pesawat pengebom Petlyakov Pe-2 dan Heinkel He 111.

Mode karir single player dalam game ini akan membawa pemain untuk terbang bertempur di peperangan Stalingrad, Moskow, dan Kuban. Semua mode tersebut memberikan pengalaman kepada pemain tentang mencekamnya situasi Eropa selama Perang Dunia II.

Pemain dapat memilih untuk bergabung ke dalam skuadron pesawat tempur atau pengebom. Pemain akan menjadi seorang pilot baru sebelum mencapai karir tertinggi sebagai komandan skuadron. Pemain nantinya menentukan biografi pilot, membaca sejarah dari skuadron yang dipilih, memeriksa koran tentang perkembangan perang, dan selanjutnya bersiaplah lepas landas berperang di udara.

Keseruan bermain game pesawat tempur tentunya bisa kalian rasakan jika sudah mencobanya. Nah, beberapa game pesawat tempur PC di atas sudah terdapat di Steam, dan kalian bisa langsung untuk menginstalnya di platform tersebut.

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *