ZA Group: Crypto Tidak Mungkin Menjadi Ancaman terhadap Sistem Moneter

Pasang Iklan Disini

Sebagai bagian dari makalah posisi panjang baru-baru ini tentang crypto, sebuah badan pengawas Afrika Selatan yang disebut Kelompok Kerja Fintech Antar pemerintah, atau IFWG, menyebut crypto sebagai risiko yang mungkin tetapi tidak mungkin bagi sistem moneter negara saat ini.

Dalam makalahnya 16 April , di bawah bagian berjudul “risiko aset kripto,” IFWG mengatakan:

“Risiko paralel, terfragmentasi, sistem moneter non-berdaulat: Risiko dengan potensi implikasi jangkauan terluas adalah ancaman terhadap sistem keuangan yang ada, di mana bank sentral memastikan sistem moneter yang efisien melalui pelaksanaan kebijakan dan pengaruh moneter pasokan uang atau mata uang fiat.”

Dalam hubungannya dengan beberapa badan pemerintah lainnya di negara itu, South African Reserve Bank, atau SARB, menyatakan keprihatinan tentang cryptocurrency dan kurangnya regulasi mereka pada tahun 2014, melalui briefing publik, makalah posisi 2020 dirinci.

Pada tahun 2016, Afrika Selatan menyaksikan pembentukan IFWG, yang terdiri dari badan-badan pemerintahan yang menghasilkan pernyataan 2014, dengan dua entitas tambahan melompat pada 2019.

“Tujuan keseluruhan IFWG adalah untuk mendorong inovasi fintech dengan mendukung penciptaan lingkungan regulasi yang memungkinkan dan mengkaji risiko dan manfaat dari inovasi yang muncul, sehingga mengadopsi pendekatan yang seimbang dan bertanggung jawab untuk inovasi tersebut,” tulis makalah tersebut.

Permintaan crypto yang tinggi akan mengganggu sistem moneter Afrika Selatan, menurut IFWG. “Peningkatan signifikan dalam permintaan aset crypto akan mengarah pada penciptaan sistem moneter paralel dan akhirnya terfragmentasi,” makalah itu mengakui di bawah bagian risiko aset crypto.

Memperhatikan cryptocurrency dapat melemahkan dampak bank sentral Afrika Selatan pada perekonomian, surat kabar itu menjelaskan prevalensi aset digital juga dapat menciptakan sebuah arena di mana mata uang fiat bertarung dengan cryptocurrency untuk mendominasi.

“Pada dasarnya, sistem moneter akan dijalankan oleh entitas swasta dengan tujuan individu,” kata surat kabar itu, menambahkan:

“Mengingat penggunaan aset crypto saat ini diamati, aset crypto belum dianggap sebagai risiko sistemik, dan risiko ini tidak mungkin terwujud dalam waktu dekat.”

Dengan panjang 58 halaman, makalah IFWG mencakup banyak titik kontak dan topik lainnya, termasuk risiko lain dan kasus penggunaan di sekitar aset digital, serta sudut regulasi.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *