Inilah Yuki Tsunoda Pebalap Termuda Formula 1 Kelahiran Tahun 2000

Daftar Indodax

Berita Olahraga – Yuki Tsunoda telah resmi menjadi pebalap Formula 1 usai direkrut oleh tim AlphaTauri untuk musim F1 2021. Tsunoda pun menjadi pebalap termuda di grid ajang balap jet darat ini.

Pebalap asal Jepang, Yuki Tsunoda telah mengamankan satu tempat di grid Formula 1. Tsunoda menggantikan posisi Daniil Kyvat yang kontraknya tidak diperpanjang oleh AlphaTauri.

Kehadiran Tsunoda pun menjadi penyegaran dalam susunan pebalap di F1 musim depan. Ia bakal jadi pebalap Jepang pertama yang berlomba di F1 sejak terakhir kali diwakili oleh Kamui Kobayashi pada 2014 silam.

Ia pun bakal menjadi pebalap termuda, sebab pebalap yang memiliki postur tubuh mungil itu baru lahir pada 11 Mei 2000 di Kanagawa, Jepang.

“Seperti kebanyakan pebalap, sudah menjadi tujuan utama saya untuk berlomba di F1, jadi saya sangat senang,” ujar Tsunoda, dilansir dari laman resmi F1.

Progres yang ditunjukkan Yuki Tsunoda tergolong cepat. Ia baru memulai kiprah di Eropa pada 2018, namun menorehkan prestasi apik hingga mendapatkan FIA super licence.

Tsunoda mengamankan super licence setelah menempati peringkat ketiga pada klasemen akhir Formula 2 musim 2020. Sebagai informasi, musim lalu merupakan debut Tsunoda di Formula 2.

Perkembangan cepat yang ditunjukkan Tsunoda juga diakui oleh Kepala Tim AlphaTauri, Franz Tost.

“Dia telah menunjukkan perpaduan yang tepat antara agresifitas dan pemahaman teknis yang baik di Formula 2. Ketika tes di Imola pada November, waktu lapnya sangat konsisten selama simulasi lomba dengan mobil musim 2018 milik kami,” ujar Tost.

“Dia terus menunjukkan kemajuan sepanjang hari dan memberikan masukan yang berguna kepada teknisi kami,” tukasnya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *