Yuk, Ketahui 6 Perbedaan Huawei P40 Pro dan P30 Pro Ini!

Pasang Iklan Disini

Huawei termasuk salah satu merk HP yang senantiasa menunjukkan taringnya dengan menghadirkan produk-produk flagship yang mencengangkan. Seperti halnya seri Huawei P30 yang dihadirkan pada tahun 2019 yang hadir dengan performa kamera yang memukau. Kini, telah hadir juga seri Huawei P40 pada tahun 2020 sebagai penerusnya yang hadir dengan berbagai peningkatan.

Dirilis dengan selisih hanya satu tahun, ternyata kedua seri ini masih layak dijadikan kompetitor untuk satu sama lain berkat spesifikasi keduanya yang agak mirip namun tetap menawarkan hal yang berbeda. Terdapat varian Pro pada masing-masing series yang merupakan varian yang lebih baik dari versi regulernya.

Namun, khusus Huawei P30, varian Pro ini merupakan yang teratas dibandingkan dengan varian reguler dan varian Lite-nya. Berbeda dengan Huawei P40 Pro yang dihimpit oleh varian reguler dan varian Pro+. Artikel kali ini akan membahas perbedaan antara varian Pro dari kedua seri ini.

Apalagi, Huawei P30 Pro kembali relevan di tahun 2020 berkat versi New Edition yang dirilis dengan jarak waktu berdekatan dengan Huawei P40 Pro. Alhasil konsumen pun jadi bertanya-tanya, “Pilih yang mana, ya?”

Jika Anda merupakan salah satu yang bertanya-tanya soal hal ini, lebih baik simak perbedaan Huawei P30 Pro dan P40 Pro sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli.

Spesifikasi Huawei P30 Pro

  • Layar:  OLED 6,47 inci
  • Chipset: Kirin 980 (7 nm)
  • GPU: Mali-G76 MP10
  • RAM: 8 GB RAM
  • Memori Internal: 256 GB
  • Memori Eksternal: NM (Memori Nano), hingga 256GB
  • Kamera Belakang: 40 MP + 8 MP + 20 MP + ToF
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4200 mAh battery

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Huawei P40 Pro

Huawei P40 Pro
  • Layar:  OLED 6,58 inci
  • Chipset: HiSilicon Kirin 990 5G (7 nm+)
  • GPU: Mali-G76 MP16
  • RAM: 8 GB RAM
  • Memori Internal: 128/256/512 GB
  • Memori Eksternal: NM (Memori Nano), hingga 256 GB
  • Kamera Belakang: 50 MP + 12 MP + 40 MP + TOF
  • Kamera Depan: 32 MP + IR TOF 3D
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4200 mAh battery

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Huawei P30 Pro dan P40 Pro

Kedua HP ini memang sama-sama menawarkan teknologi yang paling mutakhir. Meskipun begitu, baik Huawei P30 Pro maupun P40 Pro memiliki perbedaan yang perlu Anda ketahui, yakni sebagai berikut.

1. Ukuran Layar

perbedaan layar p30 p40 pro

Sebagai dua series flagship yang mengedepankan pengalaman pengguna, Huawei P30 Pro dan P40 Pro sama-sama hadir dengan ukuran layar yang lega. Namun, P30 Pro sayangnya memiliki ukuran yang lebih kecil, yakni 6,47 inci. Untungnya selisih ini hanya sedikit dibandingkan dengan ukuran 6,58 yang diusung P40 Pro.

Tidak hanya ukuran layar, bezel pada Huawei P30 Pro ternyata lebih besar. Hal ini membuat HP tersebut tidak mampu menawarkan rasio perbandingan bodi ke layar yang baik. Rasio perbandingan pada P30 Pro adalah 88,6% sementara P40 Pro memiliki rasio perbandingan bodi ke layar sebesar 91,6%.

Kedua layar ini sama-sama mengusung HDR10 sehingga sama-sama menghasilkan tampilan yang jernih dan tajam. Bedanya, P40 Pro sudah mengusung opsi laju penyegaran 90 Hz.

2. Posisi Kamera Depan

perbedaan posisi kamera depan

Sekilas kedua series ini memiliki desain bodi yang serupa, namun ada yang berbeda dari posisi peletakkan lensa depan. Ya, Huawei P30 Pro masih mengusung desain yang tergolong jadul dengan poni tetesan air yang diusungnya. Berbeda dengan Huawei P40 Pro yang sudah menyematkan punch-hole di kiri atas.

Berbagai merk HP sudah mulai menggantikan desain poni dengan punch-hole, hal ini karena desain punch-hole mampu membuat tampilan layar semakin bezel-less ketimbang poni. Terutama bagi dua kamera depan yang tersemat pada Huawei P40 Pro – tampilan punch-hole yang diusungnya membuat bezel di atasnya tampak lebih tipis ketimbang P30 Pro.

Namun, bagi sebagian orang mungkin tampilan kamera depan pada P40 Pro lebih mengganggu ketimbang P30 Pro, ini memang resiko yang harus ditempuh P40 Pro karena dual camera depan yang diusungnya sudah pasti terlihat lebih besar.

3. Resolusi Kamera

p40 pro kamera

Baik Huawei P30 Pro maupun P40 Pro sama-sama dikenal baik atas kemampuan kameranya yang mumpuni. Sangat wajar, karena baik P30 Pro maupun P40 Pro mengusung lensa optik Leica. Dua hal yang paling bisa dibanggakan dari sektor fotografi keduanya adalah pemotretan jarak jauh dan pemotretan pada kondisi pencahayaan minim.

Meskipun begitu, Huawei P30 Pro tidak bisa menampik bahwa dirinya memang lebih jadul dari P40 Pro, itulah mengapa resolusi kameranya lebih rendah dari seri penerusnya. P30 Pro menghadirkan empat buah kamera belakang dengan resolusi 40 MP (lebar), 8 MP (telefoto periskop), 20 MP (ultra lebar), dan ToF 3D sebagai sensor kedalaman.

Sedangkan, Huawei P40 Pro memiliki resolusi kamera yang berbeda. Contohnya seperti lensa kamera utama yang sebesar 50 MP (lebar), lensa Periskop dengan resolusi 12 MP, serta lensa ultra lebar yang kini beresolusi 40 MP. Kedua HP ini masih memiliki sensor kedalaman berupa lensa Time of Flight 3D.

Kamera belakang pada dua HP ini sama-sama mampu mengambil video resolusi 4K, namun P30 Pro hanya mampu merekamnya dengan frame rate 30 fps sedangkan P40 Pro sudah mendukung frame rate 60 fps.

Untuk lensa depan, P30 Pro dan P40 Pro sama-sama memiliki lensa utama dengan resolusi 32 MP. Namun, P30 Pro tidak dihadirkan dengan lensa IR ToF 3D seperti penerusnya.

4. Kemampuan Fast Wireless Charging

wireless charging

Segala hal tentang baterai, baik itu ketahanan maupun fiturnya, selalu mampu menjadi bahan pertimbangan pada sebuah HP. Huawei P30 Pro dan P40 Pro memiliki kapasitas baterai yang sama, yakni 4200 mAh. Lalu, baterai pada keduanya pun sama-sama bisa dicas menggunakan daya 40 W.

Yang berbeda adalah kemampuan pengisian daya cepat untuk pengecasan nirkabel. Untuk P30 Pro, kecepatan fast wireless charging berada pada tingkatan 15 W. Kecepatan ini masih tergolong tinggi jika dibandingkan dengan kecepatan standar 10 W. Meski begitu, ia masih kalah dengan P40 Pro yang bisa mengisi daya baterai dengan kecepatan 27 W.

5. Ketersediaan Google Play Services

google play store

* sumber: www.small-screen.co.uk

Sepertinya, perbedaan inilah yang akan menjadi penentu utama apakah Anda akan memilih Huawei P30 Pro atau P40 Pro. Meskipun P40 hadir dengan spesifikasi keseluruhan yang lebih baik, ada satu kekurangan yang sungguh membuat HP canggih ini kalah saing dibandingkan seri pendahulunya. Ya, Huawei P40 Pro sudah tidak mendukung Google Play Services.

Pasalnya, merk Tiongkok ini memang terlibat dalam konflik dengan negeri Paman Sam yang berujung pada Huawei tidak boleh lagi menerapkan aplikasi Google pada produk-produk yang dirilis. Alhasil, Anda tidak akan menemukan Google Play Store, YouTube, Google Maps, Google Music, pokoknya semua aplikasi yang berbau Google.

Meski demikian, Huawei P40 Pro masih berjalan pada sistem operasi EMUI 10 yang berbasiskan Android 10. HP ini menghadirkan AppStore bawaannya sendiri jika Anda ingin menginstal beragam aplikasi. Namun jika sebuah aplikasi perlu terhubung dengan Google Play Services, Anda tidak dapat menggunakan aplikasi tersebut sama sekali.

Untung saja, Huawei P30 Pro merupakan salah satu HP terakhir yang dirilis sebelum larangan penggunaan Google diberlakukan. Sehingga, Anda pun masih dapat menggunakan P30 Pro sebagaimana HP Android pada umumnya.

6. Kirin 980 vs. Kirin 990 5G

p30 pro vs p40 pro

Dapur pacu sungguh penting karena HP flagship manapun umumnya harus bisa menjalankan game dengan performa yang baik. Dan seperti yang bisa diduga, baik Huawei P30 Pro maupun P40 Pro telah disertakan dengan chipset kelas atas yang paling canggih.

Namun, keduanya menggunakan chipset yang berbeda. P30 Pro masih menggunakan Kirin 980 yang memang pada saat itu adalah chipset Kirin terbaru. Pada Huawei P40 Pro, tersemat chipset Kirin 990 yang sudah mendukung konektivitas 5G serta memiliki performa yang lebih baik.

Berdasarkan ulasan yang dilakukan GSMArena, Huawei P40 Pro meraih skor benchmark AnTuTu 8 sebesar 496356 – angka ini lebih tinggi dibandingkan Huawei P30 Pro (Performance Mode) sebesar 401208.

Jadi cukup jelas yang mana di antaranya yang sanggup memiliki performa lebih tinggi. Meski begitu, jangan pula remehkan Huawei P30 Pro karena skor yang diraihnya tetap tergolong yang paling canggih di jejeran HP berkelas lainnya.

Simpulan

Perbandingan antara dua HP canggih memang tidak pernah membosankan. Baik Huawei P30 Pro dan P40 Pro sama-sama memiliki kelebihan tersendiri yang membuat kita agak sulit menentukan: manakah yang lebih baik dari dua HP ini? Tapi, ini bukan soal perkara mana yang lebih baik, ini soal perkara prioritas mana yang ingin Anda dahulukan.

Apakah Anda ingin mengutamakan performa dan keunggulan dari sektor fotografi di atas segalanya? Atau apakah Anda ingin memiliki HP yang dapat dicas dengan cepat menggunakan wireless charging? Jika iya, Huawei P40 Pro adalah pilihan yang pas untuk Anda.

Oh iya, Anda bisa mengetahui lebih lanjut mengenai HP ini pada artikel kelebihan dan kekurangan Huawei P40 Pro. Namun, jika Anda tertarik pada HP ini, silakan beli Huawei P40 Pro pada link ini.

Namun, jika Anda sama sekali tidak ingin meninggalkan ekosistem Google pada HP Anda, Huawei P30 Pro tetap menawarkan pengalaman yang berdaya saing tinggi dengan spesifikasinya yang tetap terbilang OK. Anda bisa membeli Huawei P30 Pro pada link ini. Atau jika masih penasaran dengan seluk beluk P30 Pro, tidak ada salahnya baca juga kelebihan dan kekurangan Huawei P30 Pro.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *