Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo F11 Pro!

Ditulis oleh Jihan Fauziah – Diperbaharui 1 April 2019

HP dengan kamera belakang beresolusi 48 MP, juga kamera selfie berjenis pop-up yang bisa ‘muncul sendiri’ memang tampaknya sedang menjadi tren saat ini. Seolah tak mau kalah dari Vivo yang merilis HP dengan kamera selfie pop-up, Oppo yang masih bisa dibilang merupakan ‘saudara’ dari Vivo juga merilis dan meluncurkan Oppo F11 Pro yang sama-sama dibekali layar less-bazel serta kamera selfie pop-up.

Nah, pada kesempatan kali ini, Carisinyal akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo F11 Pro, spesial untuk Anda. Simak langsung saja pembahasan di bawah ini, agar Anda mengetahui apa saja yang menjadi nilai plus maupun minus dari HP keren ini.

Spesifikasi Oppo F11 Pro

  • Chipset: Mediatek Helio P70 (12nm)

  • RAM & Memori: 6 GB & 64 GB

  • Kamera: Dual 48 MP + 5 MP

  • Kisaran Harga: Rp 4.999.000

Spesifikasi selengkapnya

Kelebihan Oppo F11 Pro

1. Desain Mewah dan Kekinian

Oppo F11 Pro hadir dengan desain mewah dan kekinian. Kover belakangnya yang terbuat dari bahan plastik sama sekali tidak terlihat dan terasa murahan, apalagi kovernya ini hadir dengan warna gradasi yang cantik. Pilihan warnanya terdiri dari thunder black dan aurora green.

Di bagian depan, HP ini tampil lebih luas dengan bezel tipis tanpa notch yang bertengger di bagian atas layar, sehingga layarnya terasa lebih lega lagi.

2. Kualitas Layar Baik

*Sumber:https://youtu.be/l_kOERYYUkg

Oppo F11 Pro mengusung layar berukuran 6.5 inci dengan panel berteknologi LTPS IPS LCD dengan tampilan yang jernih dan kontras warna yang bagus. Layarnya sendiri memiliki rasio 19,5:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2340 piksel.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, layar dari HP ini tampil tanpa notch alias poni, serta bezel yang tipis. Sayangnya, layarnya ini belum diproteksi menggunakan pelindung layar Gorilla Glass.

3. Sektor Kamera Mumpuni

*Sumber: https://youtu.be/D3L-8XUbPHM

Beralih ke sektor kameranya. Oppo membekali HP ini dengan dual kamera beresolusi 48 MP dan satu lagi 5 MP khusus sensor kedalaman, yang dapat menghadirkan efek bokeh pada foto. Lensa kamera 48 MP dari Oppo F11 Pro ini mampu menghasilkan gambar beresolusi 12 MP dengan kualitas yang lebih baik, dalam hal ini, gambar dan warnanya lebih tajam dan lebih hidup dari biasanya.

Kamera belakangnya ini sudah dilengkapi dengan LED Flash serta mendukung fitur HDR dan panorama. Menurut GSMArena, kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera belakang HP ini memiliki detail dan dynamic range juga reproduksi warna yang bagus, terutama jika gambar diambil dalam kondisi pencahayaan yang memadai.

Untuk foto dalam kondisi low light, Oppo F11 Pro juga dapat Anda andalkan. GSMArena bahkan menyebutkan, kualitas gambarnya melebihi ekspektasi mereka. Oh ya, kamera Oppo F11 Pro ini juga sudah didukung dengan teknologi Ultra Night Mode untuk hasil jepretan foto dalam kondisi low light yang lebih baik, lho.

Nah, sementara di bagian depan, ada kamera berjenis motorized pop-up yang dapat naik dan juga turun. Kamera beresolusi 16 MP ini juga memiliki kualitas yang cukup bagus. Hasil gambarnya juga tidak mengecewakan, meski menurut opini pribadi saya, hasil fotonya terlihat kurang natural. Sangat disayangkan, kamera selfie dari HP ini tidak didukung dengan auto fokus.

Nah, buat Anda yang penasaran, berikut saya sertakan beberapa hasil jepretan dari kamera belakang dan kamera depan Oppo F11 Pro.

* sumber: www.gsmarena.com

* sumber: www.gsmarena.com

* sumber: www.gsmarena.com

* sumber: www.gsmarena.com

* sumber: www.gsmarena.com

* sumber: www.gsmarena.com

* sumber: www.gsmarena.com

* sumber: www.gsmarena.com

* sumber: www.gsmarena.com

* sumber: www.gsmarena.com

4. Performa Oke

*Sumber:https://youtu.be/x7wSRgwMIpU

Di sektor dapur pacunya, Oppo membekali HP ini dengan chipset besutan Mediatek, yakni Helio P70. Memang, chipsetnya bukanlah chipset gahar atau powerful, namun, HP Oppo F11 Pro punya performa yang oke di kelasnya.

GSMArena melakukan geekbench test (multi core) untuk HP ini. Hasilnya, Oppo F11 Pro memiliki skor yang lebih baik ketimbang, saudaranya, Oppo F9 Pro yang menggunakan chipset Helio P60. GSMArena menyebutkan, memang tak banyak perubahan yang terdapat pada Helio P70 ini, namun performa clock speed-nya lebih baik ketimbang Helio P60.

GSMArena juga melakukan geekbench test lagi (single core). Dan hasilnya, HP ini memperoleh skor yang tidak beda jauh dengan Oppo F9 Pro, namun tetap berada di atasnya.

Untuk skor antutunya, Oppo F11 Pro memperoleh skor sebanyak 150218, lebih unggul ketimbang Redmi Note 7 dan Samsung Galaxy A9 (2018) dengan Snapdragon 660-nya.

Nah, buat Anda yang sering menggunakan HP untuk membuka aplikasi ringan seperti sosial media, atau streaming video lewat YouTube, HP ini tentu adalah pilihan yang cocok. Buat Anda yang hobi main game juga gak usah khawatir. Oppo F11 Pro dapat menjalankan game berat seperti PUBG meski setting grafisnya harus diatur menjadi medium.

5. Baterai Tahan Lama

* sumber: www.gsmarena.com

Layar besar, performa oke maupun kamera gahar itu kurang lengkap rasanya kalau kapasitas baterainya kurang besar dan nggak tahan lama. Eits, tapi Anda tidak usah khawatir. Oppo F11 Pro punya baterai berkapasitas besar, yakni 4000 mAh. GadgetIn menyebutkan, baterai HP ini dapat bertahan seharian tanpa di-charge jika pemakaiannya wajar.

GSMArena melakukan endurance test pada baterai HP ini. Hasilnya, baterai Oppo F11 Pro mampu bertahan hingga 109 jam dengan rincian 33:09 jam untuk 3G talk time, 16:45 jam untuk web browsing dan 13:49 jam untuk pemutaran video.

For your info, HP ini didukung dengan teknologi VOOC 3.0 fast charging 20 W. Menurut GSMArena, Anda hanya membutuhkan waktu sebanyak 85 menit untuk mengisi daya baterai hingga penuh. Waktu pengisian daya baterai tersebut tergolong cepat untuk baterai sebesar 4000 mAh, lho.

6. Sensor Biometrik Tergolong Cepat

*Sumber: https://youtu.be/x7wSRgwMIpU

Oppo F11 Pro dibekali dengan sensor biometrik berupa sensor sidik jari dan juga face unlock. Sensor sidik jarinya sendiri masih berbentuk fisik, bukan under-display dan letaknya ada di bagian belakang bodinya.

Sensor biometriknya ini memiliki tingkat kecepatan membuka kunci layar yang bagus. Oh ya, HP ini juga dibekali dengan sensor lainnya seperti accelerometer, proximity, gyroscope dan compass.

7. Dilengkapi dengan Audio Jack

*Sumber: https://youtu.be/l_kOERYYUkg

Bagi sebagian orang, kehadiran audio jack berukuran 3.5 mm ini sangatlah penting. Ya, dengan adanya audio jack ini, Anda dapat memasang earphone tanpa perlu menggunakan konverter, seperti pada HP-HP yang tak memiliki audio jack. Beruntung, Oppo masih melengkapi Oppo F11 Pro ini dengan audio jack 3.5 mm.

Kekurangan Oppo F11 Pro

1. Tidak Tahan Air dan Debu

Sumber: https://youtu.be/x7wSRgwMIpU

HP Oppo F11 Pro memang punya banyak kelebihan, namun itu tak berarti HP ini tidak punya kekurangan. Salah satu kekurangan yang dimiliki Oppo F11 Pro adalah, HP ini tidak memiliki resistensi yang bagus terhadap air dan juga debu.

 

Ya, HP besutan vendor asal Tiongkok ini belum mengantongi sertifikasi IP yang menjadikannya masuk kedalam jajaran HP yang memiliki ketahanan yang baik terhadap air dan debu.

2. Tidak Ada NFC

* sumber: www.fourthsource.com

Satu lagi kekurangan yang dimiliki oleh HP ini adalah, Oppo F11 Pro tidak mendukung penggunaan NFC alias Near Field Communication. Salah satu fungsi dari NFC ini adalah untuk membantu Anda melakukan transaksi dengan mudah melalui HP Anda. Nah, fitur mewah ini biasanya banyak ditemui di HP-HP flagship, namun tak jarang pula ditemukan pada HP kelas menengah.

3. Masih Menggunakan Port MicroUSB

*Sumber: https://youtu.be/x7wSRgwMIpU

Kalau yang ini sih, paling disayangkan, nih. Oppo F11 Pro belum mengantongi port USB tipe-C yang sudah banyak digunakan pada HP-HP keluaran saat ini. HP ini masih mengusung port USB bertipe mikro yang sudah ketinggalan zaman. Padahal, hadirnya USB tipe-C ini setidaknya bisa menambah nilai plus, karena USB tipe-C memiliki kemampuan transfer data yang lebih baik ketimbang USB bertipe mikro.

Simpulan

HP ini cocok untuk Anda gunakan, bila Anda menginginkan HP Oppo dengan kamera pop-up yang terkesan keren. Selain itu, seperti yang sudah disebutkan, HP ini punya performa yang oke, terutama bila digunakan untuk menjalankan aplikasi ringan. Nah, jadi bila Anda membutuhkan HP untuk sekadar eksis di sosial media, HP ini juga cocok untuk Anda pilih.

Alternatif lain dari HP dengan kamera pop up ini adalah Vivo V15 Pro. HP ini juga cocok untuk Anda bila Anda memang mengidamkan HP dengan kamera yang bisa naik dan turun.

Bila Anda ingin HP yang punya performa lebih baik di kelas harga yang sama, Anda dapat menjadikan Pocophone F1 dari vendor sebelah sebagai pilihan utama.

Itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo F11 Pro. Nah, setelah membaca uraian di atas, apakah Anda tertarik untuk membeli HP ini?

 

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *