Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme X!

Jika ada vendor ponsel yang memiliki perkembangan sangat cepat, maka Realme adalah jawabannya. Meski beberapa teknologi sering memakai teknologi dari induk perusahaannya, Oppo, produk dari Realme tetap selalu menarik perhatian. Hal ini bisa jadi karena Realme menghadirkan HP alternatif yang lebih murah dengan spesifikasi yang mirip dengan lini produk Oppo.

Salah satu contohnya adalah Realme X. HP yang satu ini mengusung teknologi kamera pop-up. Teknologi ini dapat ditemukan di Oppo F11 Pro. Tapi tentu Realme X hadir dengan harga yang lebih terjangkau sama seperti seri Realme lainnya.

Lantas, apa kamera pop-up yang jadi kelebihan dari Realme X? Tentu tidak. Ada kelebihan lain yang ditawarkan dari Realme X meski tentu ada juga kekurangannya. Apa sajakah itu? Simak pembahasanya berikut ini.

Sebelum membaca lebih lanjut, baca juga artikel tentang kelebihan dan kekurangan Realme 3 Pro. Mengingat, Realme 3 Pro memiliki spesifikasi yang mirip dengan Realme X. Terlebih di artikel ini, ada banyak pembahasan soal Realme 3 Pro. tersebut

Spesifikasi Realme X

  • Chipset: Qualcomm SDM730 Snapdragon 730 (8 nm)

  • RAM & Memori: 4 GB & 64 GB

  • Kamera: Dual 48 MP + 5 MP

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Realme X

Setelah Anda mengetahui spesifikasinya, kini kami beralih soal kelebihan HP-nya. Ada beberapa kelebihan dari Realme X yang perlu Anda pertimbangkan. Berikut kelebihan-kelebihannya:

1. Sensor Kamera Belakang Berkualitas

realme x

* sumber: www.digitaltrends.com

Realme X hadir dengan kamera belakang ganda. Satu kamera utama menghadirkan sensor 48 MP dengan bukaan f/1.7 yang didukung dengan fitur PDAF. Satu kamera lagi menawarkan kamera 5 MP dengan bukaan f/2.4, yang bisa memberikan efek bokeh.

Kamera ini jadi nilai jual dari Realme X. Mengapa? Karena sektor kamera di Realme X mampu menghadirkan foto yang tergolong bagus. Seperti yang diungkapkan oleh Digitaltrends, kamera belakang Realme X mampu menghasilkan foto di siang hari dengan hasil yang bagus.

Hal yang sama diungkapkan juga oleh GSMArena. Situs yang sering memuat info spesifikasi HP ini mengatakan kalau hasil tangkapan kamera Realme X mampu menghadirkan foto dengan kontras yang tinggi, kualitas yang bagus, dan warnanya cerah.

Sensor Sony IMX586 yang digunakan di kamera belakang HP ini ternyata mampu menghasilkan dynamic range yang lebar. Meskipun hal ini berimbas pada beberapa detail yang hilang ketika memotret dengan kondisi kontras yang tinggi. Secara keseluruhan sih, detail gambar yang ditangkap tergolong baik. Berikut contoh hasil tangkapan kamera Realme X.

Selain mode malam, ada juga beberapa mode lain seperti Pano, Time-lapse, Slow-mo, dan mode  2X zoom. Hanya saja mode 2X zoom  adalah mode digital zoom yang simpel, bukan mode zoom seperti halnya HP dengan kamera telefoto. Hal ini karena Realme X memang tidak memiliki mode kamera telefoto.

Adapun kamera kedua Realme X berfungsi untuk memberikan efek bokeh lewat mode potrait. Menurut Digitaltrends, hasil tangkapan kamera bokeh dari Realme X mampu menghasilkan foto objek dengan latar blur yang baik. Mode ini mampu membaca objek wajah yang lebih cepat dan akurat.

Boleh dibilang, hasil tangkapan kamera belakang Realme X ini secara keseluruhan tergolong baik. Meski ada beberapa detail yang terasa kurang tetapi secara keseluruhan, hasil tangkapan kameranya tergolong baik,. Apalagi untuk hasil foto mode malamnya.

2. Kamera Pop-Up

realme x

Realme X memiliki kamera dengan sensor 16 MP. Kamera ini memiliki sistem mekanis pop-up, alias sistem kamera tersembunyi yang bakal muncul ketika dibutuhkan, alias ketika pengguna hendak memakai kamera depan.

Kamera depan HP ini tergolong cukup bagus. Terdapat fitur seperti opsi untuk membesarkan mata atau menipiskan garis wajah Fitur-fitur seperti ini memang biasanya disukai oleh mereka yang butuh kamera selfie dengan fitur beauty.

Mekanisme bermotor Realme X muncul untuk mengekspos kamera selfie 16MP. Ini memiliki lensa aperture f / 2.0 dan fokus tetap. Di sisi perangkat lunak, ada segala macam opsi peningkatan beatifikasi seperti perataan kulit dan pembesaran mata dan penipisan wajah, dan yang lainnya.

Baik GSMArena maupun Digitaltrends, sama-sama memuji kualitas tangkapan kamera depan Realme X. Terutama untuk potret. Kedua situs tersebut, sama-sama memuji kualitas foto selfie potrait yang dihasilkan oleh HP ini.

Oh yah, sebagai catatan tambahan. Sistem motorik kamera depan HP ini diklaim Realme dapat bertahan sampai 200 ribu kali turun naik. Jika memakai perhitungan angka, kameranya ini dapat bertahan lama.

Sebagai contoh kasar, pemakai Realme X seharinya memakai kamera selfie sebanyak 100 kali. Maka dalam satu tahun, kamera pop-up Realme X sudah mencapai 36.500 kali. Jika hitungan ketahanan 200 ribu kali dibagi 36.500, hasilnya adalah 5,47 atau mari bulatkan jadi 5.

Hal ini berarti, ketahanan sistem motorik kamera depan Realme X bisa mencapai 5 tahu lamanya. Dan biasanya, kebanyakan orang sudah ganti HP dengan frekuensi 3 sampai 5 tahun. Tentu jika tidak terlalu sering selfie, hitungan tahunnya akan lebih lama.

3. Layar OLED dengan Akurasi Warna yang Baik

Realme x 4

* sumber: www.forbes.com

Layar 6,53 inci Full HD+, rasio 19.5:9, resolusi 1080 x 2340 piksel adalah spesifikasi yang ditawarkan oleh Realme X. Jangan lupakan juga kalau layar HP ini memiliki kerapatan layar 394 ppi. Tapi yang menjadi daya tarik dari layar di HP ini adalah penggunaan panel AMOLED.

Penggunaan panel AMOLED membuat tampilan layar di HP ini tergolong memiliki reproduksi warna yang baik. Bahkan, media sekelas Forbes, juga memuji tampilan layar Realme X. Meskipun menurut mereka, gamut warnanya tidak selebar Samsung Super AMOLED, tetapi warna yang ditampilkan dari layar HP di HP ini masih masuk kategori cerah. Satu kelebihan tersendiri tentunya.

4. USB Type-C dan VOOC Flash Charging

realme x vooc

 

Keunggulan menarik yang ditawarkan oleh Realme X adalah penggunaan USB Type-C. Hal ini jelas membuat Realme X menjadi berbeda dengan Realme 3 Pro yang tidak memakai USB Type-C. Selain memakai USB Type-C, Realme X juga memiliki pengisian daya yang cepat.

Adalah teknologi VOOC Flash Charging 20W milik Oppo yang membuat HP ini memiliki pengisian daya yang cepat. Tidak tanggung-tanggung, dengan hanya mengisi daya selama 30 menit, HP ini bisa terisi penuh sampai 50%.  Hal yang tentunya tergolong positif.

5. Fingerprint Under Display

Realme X fingerprint

Sensor sidik jari di layar memang jadi teknologi yang menarik belakangan ini.  Hanya saja, teknologi ini masih banyak ditemukan di HP kelas atas. Hanya beberapa di kelas menengah, termasuk Realme X.

Penggunaan sensor sidik jari di layar yang ada di Realme X tentu jadi kelebihan tersendiri mengingat Realme X berada di kelas menengah. Akan beda ceritanya ketika sensor sidik jari di layar ini jadi umum, bahkan bisa ditemukan di HP murah.

6. Chipset Mumpuni untuk Berbagai Tugas

[block]11[/block]

Realme X ditenagai dengan chipset Snapdragon 710. Chipset ini digunakan di perangkat lain seperti Oppo R17 Pro maupun Xiaomi Mi 8 SE. Chipset ini disokong dengan RAM 4 GB. Tersedia juga varian RAM 6 GB dan 8 GB. Untuk penyimpanan, tersedia opsi penyimpanan 64 GB maupun 128 GB.

Adapun performa Realme X ini bisa dikatakan seimbang atau tidak jauh berbeda dengan Realme 3 Pro. Hal ini karena Realme 3 Pro juga dibekali Snapdragon 710. Tentu penggunaan chipset membuat Realme X bakal masuk kategori kelas menengah, alih-alih masuk kategori kelas atas.

Karena masuk kelas menengah, performa Realme X tentu bisa dikatakan baik. Nilai Geekbench single core dengan angka 1.475 dan multi-core 5.915, tentu bukan angka yang kecil meskipun tidak tinggi pula. Secara umum, performa HP ini tergolong bersaing dengan HP lain di kelas menengah.

* sumber: www.gsmarena.com

* sumber: www.gsmarena.com

Untuk nilai Antutu-nya, berdasarkan data dari Kimovil,bisa mencapai angka 200 ribuan. Angka tersebut jelas terlalu tinggi mengingat Antutu Oppo R17 Pro dan Realme 3 Pro tidak mencapai angka tersebut. Angka yang paling masuk akal ditunjukan oleh channel Youtube Life of Gamer Hindi  yang menunjukan angka 154 ribuan.

Dengan angka tersebut, Realme X memiliki performa yang memang tidak terlalu spesial tetapi bukan yang terburuk, malah tergolong bagus di kelasnya. Yang cukup menarik perhatian, justru kehadiran ColorOS 6 (berbasis Android Pie) yang memiliki banyak fitur untuk meningkatkan pengalaman penggunaan HP ini.

7. Daya Tahan Baterai Termasuk Baik

Realme x

* sumber: www.forbes.com

Realme X dibekali baterai dengan kapasitas 3765 mAh. Jika dibandingkan dengan Realme 3 Pro, kapasitas baterai ini lebih kecil yang tentunya membuat Realme X kalah daya tahan baterai dengan saudaranya sendiri. Namun, penggunaan layar OLED di HP ini seharusnya membuat efisiensi baterai di HP ini lebih efisien.

GSMArena sendiri menguji daya  tahan baterai Realme X. Dalam pengujian tersebut, didapatkan informasi kalau Realme X mendapatkan endurance rating 86H.

uji baterai realme x

* sumber: www.gsmarena.com

Konsumsi baterai Realme X ini mendekati Samsung Galaxy A50. HP dari Samsung tersebut memiliki baterai 4.000 mAh. Artinya, dengan kapasitas baterai yang lebih kecil, Realme X memiliki daya tahan baterai yang tergolong mendekati dengan HP yang memiliki kapasitas yang lebih besar.

Kalau menurut Forbes, kapasitas baterai di HP ini tergolong solid, cukup untuk menemani seharian. Hanya tentu hitungan seharian bagi banyak orang belum tentu baik mengingat kebutuhan penggunaan HP saat ini cukup sering. Secara keseluruhan, untuk sektor baterai, Realme X termasuk memiliki daya tahan baterai yang cukup baik.

Kekurangan Realme X

Tidak ada yang sempurna, begitu pun dengan HP ini. Meski terlihat mewah dan keren, namun nyatanya HP ini punya beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan.

1. Bodi Plastik

Realme x 2

* sumber: www.forbes.com

Realme X memiliki desain bodi belakang mengkilat yang tampaknya sekarang jadi polesan umum untuk HP keluaran terbaru. Tidak terlalu masalah dengan hal ini, terlebih perpaduan polesan mengkilatnya menyatu baik dengan tampilan layar depan yang memiliki bingkai tipis dan tanpa notch. 

Hanya saja sayang, penggunaan bodi plastik membuat HP ini memang jadi terkesan murah. Meskipun bisa diantisipasi dengan penambahan kasing, tetapi penggunaan bodi plastik seakan membuat HP Realme terkesan biasa saja mengingat tipe HP lain yang dikeluarkan sebelumnya juga umumnya memiliki bodi plastik.

Untunya, layar depan HP ini yang memakai pelindung Corning Gorilla Glass 5 jadi satu kelebihan tersendiri. Hal ini jelas membuat layar Realme X bahkan terlihat lebih kokoh dibandingkan bodi bagian belakangnya.

2. Tidak Memiliki Slot MicroSD

realme x

* sumber: www.gsmarena.com

Realme X punya penyimpanan 64 GB, tetapi HP ini juga punya varian penyimpanan 128 GB. Tentu penyimpanan lebih besar harganya lebih mahal. Hal ini membuat calon pembeli harus berpikir baik untuk mempertimbangkan membeli Realme X varian penyimpanan 128 GB.

Mengapa?

Karena Realme X tidak dibekali dengan slot microSD. Tidak hadirnya slot ini membuat pengguna yang ingin menambah penyimpanan kehilangan harapan. Satu-satunya cara yah, selalu melakukan pemindahan data (back-up) jika memang memori penyimpanan sudah terasa penuh.

3. Tidak ada Kamera Ultra Wide

Realme X Cover

Penggunaan kamera ganda di belakang dengan kamera normal dan depth sensor bukanlah satu kekurangan. Tetapi mengingat pesaing sekarang lebih fokus dengan kamera kedua yang memiliki tipe lain, membuat HP ini jadi terasa sedikit ketinggalan.

Seandainya, kamera kedua HP ini memakan sensor ultrawide jelas membuat kamera HP ini semakin menarik. Kalaupun ingin memberi efek bokeh, HP lain yang tidak memiliki depth sensor tetap memiliki kemampuan pemotretan efek bokeh yang baik.

Simpulan

Realme X adalah produk yang menarik yang ditawarkan dari Realme. Penggunaan panel AMOLED, kamera pop-up dan sensor sidik jari di layar tentu jadi kelebihan menarik yang hampir tidak ditemukan di HP Realme lainnya.

Kehadiran Realme X ini sendiri bakal membuat persingan HP lebih menarik. Pasalnya, HP lain dengan teknologi yang sama menjual dengan harga yang lebih mahal. Lantas, berapa harga Realme X ini? Saat artikel ini dibuat, Realme X belum hadir resmi di Indonesia. Mari tunggu perkembangannya mengingat HP ini pasti bakalan masuk resmi ke Indonesia.

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *