Wow! Estimasi Silpa DKI Capai Rp 12 Triliun

Daftar Indodax

Wikimedan – Mendekati akhir tahun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai menghitung target penyerapan anggaran. Setelah dibahas bersama dengan DPRD DKI Jakarta, estimasi sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) tahun ini hanya sebesar Rp 12 trilun.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah mengatakan Silpa tahun ini diperkirakan lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2017 lalu, tercatat Silpa APBD DKI mencapai Rp 13,1 triliun.

“Kami sudah hitung Silpa tahun ini sekitar Rp 12 triliun. Kan untuk menentukan 2019, Silpa itu masih estimasi, prediksi. Tapi nanti konkretnya setelah audit BPK, audit terhadap keuangan 2018,” terangnya di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (14/11).

Namun, setelah rapat selesai Saefullah terlihat tidak begitu bersemangat membahas terkait Silpa yang dibahas dalam Rapat Badan Anggaran (Banggar). Ia pun meminta waktu untuk mengecek ulang estimasi Silpa untuk lebih memastikan.

“Jadi itu (Rp 12 triliun) kan yang di dana tidak terduga saja kita sudah berapa tuh, kemudian saya lupa detilnya. Besok lah itu nanti rinciannya,” ucapnya.

Untuk diketahui, hingga Rabu (13/11) tercatat penyerapan APBD DKI 2018 baru mencapai 55 persen dari total APBD mencapai Rp 83,26 triliun. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan penyerapan masih diangka 55 persen dikarenakan banyaknya pekerjaan fisik yang sedang berjalan. Namun untuk pembayaraannya belum ditagihkan. 

“Sementara kalau penyerapan itu, dihitungnya berdasarkan yang sudah dibayar,” ujarnya.

(rgm/JPC)


Kategori : Berita Nasional

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *