WHO Beri Kabar Baik Covid, Kasus Global Turun

Daftar Indodax

Wikimedan.com – WHO Beri Kabar Baik Covid, Kasus Global Turun. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberi kabar baik soal perkembangan kasus baru Covid-19. Dari laporan mingguan, yang dipublikasikan di situsnya, lembaga PBB ini mencatat penurunan kasus baru secara global.

Ini terlihat dari pekan yang bermula di tanggal 31 Januari hingga 6 Februari 2022. “Jumlah kasus mengalami penurunan sebesar 17%, jika dibanding minggu sebelumnya,” tulis WHO dikutip CNBC Indonesia , Kamis (10/2/2022).

Namun sayangnya, dalam data yang sama, WHO juga menyebutkan kenaikan jumlah kematian baru sebesar 7%. Total ada 19 juta kasus baru dilaporkan dan 68.000 kematian.

Sementara itu, pada 6 Februari, tercatat lebih dari 392 juta kasus Covid-19 terkonfirmasi sejak pandemi mewabah di akhir 2019. Jumlah kematian total warga dunia terkait Covid-19 sebanyak 5,7 juta.

Hati-hati ‘Anak’ Omicron

Meski memberi kabar melegakan, WHO tetap mengupdate fakta baru soal perkembangan varian Covid-19. Dalam konferensi persnya awal pekan ini, WHO menyebut subvarian Omicron, BA.2, lebih menular daripada versi asli, BA.1.

“BA.2 lebih mudah menular daripada BA.1. Sehingga kami meyakini akan melihat BA.2 meningkat dalam pendeteksian di seluruh dunia,” kata Pimpinan Teknis Covid-19 WHO, Maria Van Kerkhove, dikutip CNBC International.

Meski begitu, lembaga PBB tersebut masih belum tahu, apakah BA.2 akan bisa menginfeksi kembali seseorang yang sudah terinfeksi atau sebaliknya. Ia pun mengatakan perbedaan tingkat keparahan juga masih dikaji.

Ia mengatakan suntikan vaksin Covid-19 tetap sangat efektif untuk mencegah penyakit parah dan kematian. Ia meminta warga dunia untuk divaksinasi dan tetap memakai masker di dalam ruangan.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *