Walikota : Seluruh Desa Jalankan Program Stunting Dikota Subulussalam

SUBULUSSALAM Wikimedan | H. Affan Alfian Bintang SE sang Walikota Subulussalam mengatakan seluruh Desa harus menjalankan program pencegahan dan penanganan stunting di Kota Subulussalam.

Bahasa itu disampaikan Walikota Bintang, di hadapan Plt Ketua TP PKK Prodinsi Aceh, “Dyah Erti Idawati” yang sekaligus istri Plt Gubernur Aceh, dalam sambutanya pada acara launching Rumoh Gizi Kampong (RGK) Desa Subulussalam, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Minggu 1 Des, 2019.

Pemko Subulussalam, kata Walikota telah menyiapkan “perwal” sebagai dasar para kepala desa nantinya untuk menjalankan program stunting ini seperti mendirikan *Rumoh Gizi Kampong* dan Posyandu.

Kiranya seluruh Desa wajib menjalankan pencegahan stunting, dan mendirikan RGK, Posyandu seiring dengan PAUD,” ucap Walikota, yang akrab dipanggil dengan sebutan Pak Bintang.

Walikota, mengatakan, RGK merupakan implementasi pencegahan dan penanganan stunting, untuk mewujudkan kemandirian keluarga, dalam masa 1000 hari kehidupan, dimulai dari masa kehamilan sampai 2 tahun.

Dalam kesempatan itu Ketua TP PKK Kota Subulussalam, Hj Mariani Harahap mengatakan Rumoh Gizi Kampong bertujuan pelayanan resiko kelompok ibu hamil, mengutamakan pemberian gizi, seperti makan ikan dan sayur-sayuran,yang sesuai kebutuhan gizi.

Selain itu, RGK juga berperan meningkatkan pemahaman masyarakat, dengan kerjasama seluruh Stakeholders untuk upaya pencegahan dan Penanganan stunting dikota Subulussalam.(J,Saran)

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *