Wali Kota: Harhubnas Momentum Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas Tertib & Patuh

MEDAN Wikimedan | Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH melepas peserta Fun Walk (jalan santai) di Jalan Pulau Pinang Medan, Mingu (22/9). Kegiatan olahraga yang digelar Pemko Medan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan ini dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang jatuh pada 17 September lalu.

Selain seluruh pegawai Dishub, ribuan warga juga turut serta dalam kegiatan tersebut. Apalagi sejumlah hadiah menarik telah dipersiapkan lewat undian lucky draw.

Sejak pukul 06.00 WIB, satu persatu warga hadir di kawasan lapangan bersejarah tersebut. Peserta yang ikut akan melewati rute yang telah ditetapkan. Adapun rutenya yakni dari Jalan Pulau Pinang (start)- Jalan Hindu- Jalan Perdana- Jalan Imam Bonjol- Jalan Letjen Suprapto- Jalan Pemuda- Jalan Ahmad Yani- Jalan Balai Kota- Jalan Bukit Barisan- Jalan Kereta Api dan finish di Jalan Pulau Pinang.

Pelepasan dilakukan Wali Kota didampingi Kadishub Iswar Lubis dan unsur Forkopimda Kota Medan ditandai dengan menerbangkan sejumlah balon ke udara dan mengangkat bendera pelepasan. Selain mengajak masyarakat gemar olahraga, fun walk ini juga sekaligus menjadi wujud terima kasih Pemko Medan kepada masyarakat atas penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Kementrian Perhubungan RI kepada Kota Medan karena dinilai menjadi kota yang mampu menata lalu lintas dan memiliki transportasi publik yang baik.

Saat bendera mulai diangkat, tampak seluruh peserta yang menggunakan pakaian olahraga bersiap untuk mulai berjalan menyusuri rute yang telah ditentukan. Tampak raut bahagia dan penuh semangat terpancar dari para peserta yang umumnya datang bersama keluarga. Namun, seperti biasa, kegiatan car free day (CFD) yang setiap Minggu pagi digelar Pemko Medan, tetap diramaikan ratusan warga untuk melakukan aktifitas olahraga lainnya seperti mengikuti senam jantung sehat, berlari, bersepeda dan memanfaatkan fasilitas olahraga yang tersedia di pinggir kawasan Lapangan Merdeka Medan.

Usai pelepasan, Wali Kota mengungkapkan kegiatan fun walk ini menjadi wujud rasa syukur sekaligus terima kasih Pemko Medan kepada masyarakat atas penghargaan WTN yang diterima di Jakarta beberapa waktu. Sebab bilang Wali Kota, penghargaan tersebut tentunya dapat diraih berkat dukungan penuh dan partisipasi masyarakat dalam berlalu lintas dengan patuh dan baik.

“Alhamdulliah, setiap pencapaian yang diraih tentu karena dukungan dan peran aktif masyarakat yang ikut serta berpartisipasi mensukseskan program Pemko Medan. Oleh karenanya, kegiatan ini kita tujukan bagi masyarakat sebagai ucapan terima kasih sekaligus membangun rasa kebersamaan. Sebab, soliditas dan sinergitas menjadi modal kita bersama untuk membangun Kota Medan menjadi lebih baik di segala bidang,” kata Wali Kota.

Oleh karenanya, Wali Kota mengajak momentum Harhubnas menjadi langkah baik untuk menjadi masyarakat yang semakin patuh dan taat dalam berlalu lintas. Hal ini jelas Wali Kota, semata-mata bukan karena penghargaan tapi untuk membuat Kota Medan memikili wajah perlalu lintasan yang baik dan lebih tertata. Dengan begitu, seluruh masyarakat akan merasa aman, nyaman sekaligus memghindari dan meminimalisir terjadinya angka kecelakaan.

“Jika kita semua menanamkan kesadaran dalam berlalu lintas serta menghargai hak pengguna jalan lainnya, niscaya Kota Medan akan menjadi kota yang tertib dan taat lalu lintas. Dengan begitu, rasa aman dan nyaman dapat kita rasakan bersama. Mari kita tingkatkan kesadaran berlalu lintas. Patuhi setiap rambu dan aturan yang berlaku dan jadilah pelopor keselamatan dalam berlalu lintas,” ajaknya.

Selanjutnya, Wali Kota menarik kupon undian lucky draw dengan hadiah utama satu unit sepeda motor. Kesempatan tersebut juga digunakan orang nomor satu di Pemko Medan tersebut untuk bersilaturhami dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat. Tampak Wali Kota juga memenuhi permintaan warga yang ingin berswafoto dengannya.

Sementara itu, Kadishub Iswar Lubis mengaku senang karena antusias warga cukup tinggi kegiatan fun walk tersebut. Iswar mengungkapkan, kegiatan ini juga untuk juga merekatkan kebersamaan seluruh jajaran di Dishub. Dengan harapan akan menumbuhkan semangat yang lebih tinggi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Tanggung jawab yang kami lakukan tentu butuh dukungan dari masyarakat. Untuk itu, kami berharap dan mengajak semua pihak khususnya masyarakat untuk menjadikan lalu lintas Kota Medan semakin baik dengan tetap mengedepankan dan mengikuti setiap peraturan yang berlaku,” pesannya.(er)

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *