Walaupun Sempat Naik, AUDUSD Tetap Turun Mengabaikan Keyakinan Bisnis yang Pulih

Daftar Indodax

Beberapa saat yang lalu Australia merilis data mengenai keyakinan bisnis dan kondisi bisnis. Kedua data tersebut dilaporkan dengan hasil yang sangat memuaskan untuk bulan Mei 2020 ini. Sayangnya walaupun data memuaskan, pasangan AUDUSD gagal mendapatkan dorongan positif. Karena Dolar Australia bearish tajam.

Data tersebut dilaporkan dengan hasil keyakinan bisnis membaik ke -20 dibandingkan sebelumnya di -46. Sementara itu data mengenai kondisi bisnis juga mengalami kenaikan menuju ke -24 lebih baik dari sebelumnya di -34. Tapi lebih rendah dari apa yang diharapkan sebelumnya yaitu berada di -16.

Walaupun data kepercayaan bisnis mengalami kenaikan dalam dua bulan tanpa jeda, sayangnya masih bertahan di level paling suram sejak resesi pada tahun 1990 lalu. Kemungkinan hal tersebut yang membuat Dolar Australia bearish lebih panjang mengabaikan pemulihan. Saat ini pasangan AUDUSD sedang bergerak di sekitar nilai tukar 0,7005. Padahal sebelumnya pasangan sempat bullish menuju ke 0,7043 tertinggi dalam sesi.

Banyak yang memprediksi ada peluang Dolar Australia bearish lebih dalam. Penyebab utamanya adalah kondisi teknikal yang sudah jenuh beli. Apalagi dalam kurun waktu 2 bulan terakhir pasangan sudah naik di atas 2.000 pips karena risk on. Suntikan dana ekstra yang diberikan oleh The Fed membuat permintaan Dolar Australia melonjak sangat tinggi sekali.

Tapi tampaknya akan ada beberapa faktor yang bisa mendukung AUDUSD untuk kembali naik lagi. Mengingat ekonomi Australia menjadi yang paling kuat dibandingkan negara-negara maju lainnya dalam menghadapi pandemi ini. Walaupun kemarin dinyatakan akan masuk ke jurang resesi awal. Selain itu harapan pemulihan ekonomi global juga akan memberikan dukungan tambahan bagi Dolar Australia untuk lebih unggul di atas Dolar AS.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *