Wabah Lalat Merebak, Warga Dusun I dan III Datangi Kantor Desa Pematang Kuala


SERGAI(Sumut),Wikimedan | Hampir seratusan warga dusun I dan dusun III Desa Pematang Kuala Kecamatan Teluk Mengkudu Sergai Bahkan segelintir masyarakat Desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Sergai mendatangi Kantor Kades Pematang Kuala Selasa (9/10/2018).

Adapun maksud kedatangan warga tersebut lantaran Protes warga terhadap banyaknya lalat yang ada disekitar halaman bahkan didalam rumah mereka, Arkanik salah seorang perwakilan warga dusun I dan III mengatakan kepada media. Banyaknya lalat dikarenakan adanya Perusahaan Ternak Ayam yang beroperasi di dusun III kata Arkanik. Yakni Perusahaan Ternak Ayam PT.BSF (Blue Sumatera Farm) dan 2 Perusahaan ternak ayam perorangan.

Warga protes agar Perusahaan Ternak Ayam tersebut harus tutup, Lantaran banyaknya lalat sangat menggangu apalagi disaat warga sedang makan dan minum, Bahkan jikalau tidurpun lalat tersebut masuk ke kelambu yang bertahun-tahun kami rasakan ungkap warga.

Sementara M.Fahmi selaku Camat Teluk Mengkudu sangat mengapresiasi atas tuntutan masyarakat, Kita akan cari solusi yang terbaik katanya bagaimana cara mengatasi banyaknya lalat tersebut, dan dari hasil mediasi ini kita beserta pengusaha bersepakat untuk menutup sementara atas beroperasinya Ternak Ayam ini kata Fahmi.

Ditempat terpisah Kades Pematang Kuala Ramlan mengatakan, Dengan adanya mediasi antara Pengusaha Ternak Ayam PT.BSF (Blue Sumatera Farm), Pengusaha Ternak Ayam Perorangan dan Masyarakat ini dapat menghasilkan titik temu. Dan dengan mediasi ini pihak Pengusaha Ternak Ayam baik dari PT.BSF maupun perorangan dengan sepakat untuk sementara ternak ayam ditutup dulu kata Ramlan.

Ditanya sampai kapan perusahaan ternak ayam tersebut bisa beroperasi kembali Ruslan mengatakan, kita belum bisa menyatakannya, Itu terpulang kepada masyarakat dan seandainya masyarakat kecamatan teluk mengkudu menolak untuk beroperasinya kembali Ternak Ayam tersebut besar kemungkinan akan ditutup untuk selamanya, Demi kesehatan dan kepentingan orang banyak khususnya masyarakat kecamatan Teluk Mengkudu dan masyarakat Tanjung Beringin ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kades Bagan Kuala Safril selaku Desa tetangga yang bersebelahan dengan Desa Pematang Kuala, Sebelum masyarakat berbuat Anarkis ada baiknya Ternak Ayam tersebut ditutup kata Safril.( AfGans)

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *