Viral Warung Ambruk Ke Selokan, Netizen : Efek Mokah Bareng

Daftar Indodax

Viral Warung Ambruk Ke Selokan, Netizen : Efek Mokah Bareng. Selalu ada hal-hal yang menjadi viral di Indonesia. Salah satunya sebuah video yang saat Kamis, 29 April 2021 lalu banyak di-posting di media sosial. Dalam video tersebut, terlihat beberapa orang berusaha menyelamatkan diri dari selokan dengan air yang sangat keruh dan berwarna hitam. Terdengar juga ada yang tertawa karena insiden ini hingga ada sosok hitam muncul dari selokan.

Ternyata video ini diambil di sebuah warung di Pati, Jawa Tengah. Nampaknya, kejadian ini berlangsung di warung yang terbuat dari kayu dan letaknya ada tepat di atas selokan. Warung seperti ini sebenarnya banyak sih ditemukan di mana-mana. Tapi kenapa sampai bisa ambruk begini ya?

Kronologi warung ambruk, kasihan tapi bikin ngakak

“Ada-ada saja kelakuan warga +62!”, mungkin jadi seruan yang tepat untuk kejadian ini. Coba pikirkan, seberapa sering sih kamu melihat atau mendengar berita warung ambruk ke selokan? Hanya segelintir saja loh. Lokasi video ini ada di warung depan sebuah minimarket, sebelah timur SMK Bhina Tunas Bhakti, Desa Kebon Sawahan, Juwana, Pati. Rupanya video ini diambil sesaat setelah warung yang terbuat dari kayu ini ambruk.

Katanya sih karena warungnya tidak kuat menahan berat orang-orang yang sedang makan dan nongkrong di sana. Alhasil, ambruklah dan orang-orang tersebut jatuh tercebur ke dalam got. Nahasnya, got di bawah warung ini sangat kotor sampai warnanya amat hitam. Salah seorang yang terekam bahkan naik dari got dan menghitam dari ujung kepala sampai ujung kaki. Kasihan tapi bikin ngakak.

Netizen kompak berkomentar tentang penyebab warung ambruk

Namanya juga tersebar di media sosial, jadi pasti tak luput dari komentar netizen. Video ini salah satunya diunggah oleh akun @infocegatansolo di Instagram. Tak butuh waktu lama deh, netizen langsung menyerbu dengan berbagai komentar. Tapi bisa dilihat, kali ini netizen kompak sekali menyebut bahwa ini pasti akibat mokah di bulan puasa. Mokah atau mokel adalah istilah dalam bahasa lokal yang berarti membatalkan puasa secara sengaja.

Ada juga yang berkomentar “enek genderuwo metu soko got” atau “ada genderuwo keluar dari got”. Bukan genderuwo beneran, tapi ya salah satu korban yang tercebur ke got super hitam ini. Tak tanggung-tanggung, sekujur tubuh kena air got jadi terlihat seperti genderuwo. Ia terlihat tertawa (dan malu, mungkin) karena tercebur total ke dalam got.

Tentang larangan tempat makan buka selama ramadhan

Karena komentar netizen tentang mokah atau mokel dan ambruknya warung kayu ini, jadi timbul pertanyaan. Apakah masih ada larangan tentang tempat makan buka di siang hari selama Ramadan? Jawabannya, ternyata masih ada di beberapa daerah, seperti di Kota Serang, Banten. Dalam Imbauan Bersama Nomor 451.13/335-Kesra/2021 yang berisi larangan restoran, rumah makan, warung nasi, dan kafe berjualan pada siang hari selama Ramadan.

Ya, walaupun larangan ini dinilai berlebihan oleh Kementerian Agama. “Kebijakan ini tidak sesuai dengan prinsip moderasi dalam mengamalkan ajaran agama secara adil dan seimbang, dan cenderung berlebih-lebihan,” kata juru bicara Kementerian Agama, Abdul Rochman, dikutip dari Detik.

Fakta bahwa ada yang berkumpul dan makan di siang bolong saat bulan Ramadan biarlah menjadi urusan masing-masing. Sebagai netizen dan pengguna media sosial, kita nilai saja video ini sebagai hal viral yang bikin ngakak walau kasihan juga sih harus sampai kecebur got.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *