Viral Gegara “Odading Mang Oleh”, Inilah Sosok Ade Londok yang Ditunjuk jadi Duta Kuliner

Daftar Indodax

Sosok Ade Londok mendadak viral beberapa waktu setelah videonya mempromosikan jajanan asal Bandung yaitu Odading. Dalam tayangan tersebut, ia sukses mengangkat Odading Mang Oleh atau lengkapnya bernama “Odading Nusa Sari Pak Sholeh” yang beralamat di Jalan Baranang Siang, Kosambi, Kota Bandung.

Uniknya, gaya Ade Londok saat mempromosikan makanan tersebut terbilang anti-mainstream. Alih-alih menggunakan bahasa yang halus, ia justru berlagak seperti orang yang marah-marah hingga menggunakan pantun. Namun, justru hal itulah yang kemudian membuat dirinya terkenal.

Siapa sosok Ade Londok?

Sosok Ade Londok dengan nama uniknya yang berasal dari anggota senior karang taruna [sumber gambar]Nama asli Ade Londok adalah Nandar Ukandar, sosok yang kemudian dikenal karena videonya mempromosikan Odading Mang Oleh viral di media sosial. Nama Londok sendiri ternyata merupakan pemberian dari rekan seniornya di karang taruna yang memiliki arti ‘bunglon’. Di mana hal tersebut sesuai dengan kepribadian Ade yang mampu menyesuaikan diri di lingkungan pertemanan.

Mulai dikenal setelah video Odading Mang Oleh viral

Tangkapan layar dari video viral dirinya saat mempromosikan Odading mang oleh [sumber gambar]Berkat video Odading Mang Oleh yang viral di media sosial, perlahan nama Ade Londok mulai dikenal oleh masyarakat. Gayanya mempromosikan makanan khas Bandung itu terbilang unik dan anti-mainstream. Hal itulah yang justru membuat dirinya berbeda dan terkesan unik. “Ikan hiu makan tomat, gobl*k mun teu kadie.” ucapnya di video.

Sukses mempromosikan Odading Nusa Sari Pak Sholeh

Odading Nusa Sari Pak Sholeh yang kini ramai pembeli [sumber gambar]Videonya yang lucu dan kocak tersebut ternyata sukses mengangkat kue Odading Mang Oleh yang terletak di Jalan Baranang Siang, Kosambi, Kota Bandung. Banyak dari mereka yang penasaran kemudian datang langsung ke lokasi untuk mencicipi. Bahkan menurut pengakuan Sholeh sebagai pemilik “Odading Nusa Sari Pak Sholeh”, ia mengalami peningkatan penjualan hingga empat kali lipat dari biasanya.

Ditunjuk sebagai Duta Kuliner Jawa Barat oleh Ridwan Kamil

Ade Londok saat bertemu dengan Ridwan Kamil [sumber gambar]Viralnya sosok Ade Londok dan kue Odading Mang Ole, rupa-rupanya menarik perhatian Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang kemudian menobatkan pria tersebut sebagai duta promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bidang kuliner Jawa Barat. “Kang Ade akan saya tugaskan mempromosikan UMKM kuliner di Jabar,” ucap Ridwan Kamil yang dikutip dari Liputan6 (18/09/2020).

Makanan khas yang ternyata menjadi langganan mantan Presiden SBY

Proses pembuatan Odading di gerobak Nusa Sari Pak Sholeh [sumber gambar]Jika penasaran dengan Odading, kue tersebut merupakan sebutan roti bantal bagi warga Jawa Barat. Sedangkan di Jawa Timur, akrab disebut sebagai roti goreng. Uniknya, Odading yang dijual Sholeh menjadi langganan Susilo Bambang Yudhoyono sebelum dirinya diangkat menjadi presiden RI ke-6.

Berkat video Odading Mang Oleh yang viral, Ade Londok kini dikenal banyak orang hingga ditunjuk sebagai Duta Kuliner skala Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Tak hanya itu, ia juga mendapatkan ponsel baru karena mengaku ponsel miliknya sering bermasalah (error). Hebat ya Sahabat Wikimedan.

Komentar
Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *