Viral Duel Irene dan Gothamchess, Ini Dia 5 Pemain Catur Indonesia Terbaik yang Jarang Diketahui

Daftar Indodax

Olahraga catur memang sudah ada sejak dulu, akan tetapi namanya jarang sekali menjadi sorotan publik. Namun, kini beberapa hari terakhir olahraga tersebut sedang trending karena viral video tentang duel yang dilakukan oleh Irene Sukandar dan juga Dewa Kipas alias Dadang Subur. Sebenarnya pertandingan yang mereka lakukan pun tidak resmi, hanya terpicu dari debat sengit di media sosial saja. Awalnya memang dimulai dari Dadang yang berhasil mengalahkan GothamChess pada pertandingan secara online di Chess.com. Namun, kemenangan tersebut dinilai hasil dari kecurangan sehingga kemudian dibanned oleh Chess.com. Kemudian Irene Sukandar selaku pemain catur Indonesia memberikan komentarnya tentang hal tersebut dan Dadang merasa tidak terima dengan tudingan yang dikatakan Irene.

Pada akhirnya Dadang mengajak Irene untuk berduel dan disiarkan di video YouTube milik Deddy Corbuzier. Akibat dari duel tersebut, banyak kini yang bertanya-tanya tentang siapa saja pemain catur di Indonesia yang sangat jarang diketahui dan disorot oleh publik. Mungkin kamu juga penasaran, bukan? Nah, berikut ini ada sejumlah nama pecatur Indonesia terbaik yang harus kamu tahu.

Irene Sukandar

Tentu saja di daftar pertama yang akan disebutkan kali ini ada Irene Sukandar. Hal ini tak perlu diragukan lagi karena ia berhasil mengalahkan Dewa Kipas dalam ajang duel tersebut. Namun, bukan hanya itu saja prestasinya. Namanya mulai dikenal setelah viral belakangan ini. Namun sebenarnya, pada Desember 2018 lalu, ia merupakan pemain catur pertama di Indonesia yang menyandang Grand Master Internasional Wanita dengan ratingnya saat ini 2413. Selain itu ia juga meraih sejumlah penghargaan lain mulai dari juara di Australian Women’s Masters 2014 di Melbourne hingga meraih juara juga di Asian Continental Chess Championship 2014 yang bertempat di Uni Emirat Arab. Kalau hebatnya udah dari dulu, kenapa viralnya baru sekarang ya?

Susanto Megaranto

Selain Irene, ada juga Susanto Megaranto yang saat ini menjabat sebagai pemain catur terbaik Indonesia bahkan menempati peringkat atas versi Federasi Catur Dunia alias FIDE. Prestasinya telah cukup banyak, salah satu di antaranya adalah keberhasilannya meraih gelar Grandmaster pada usia 17 tahun. Gelar tersebut menjadi yang paling tertinggi di dunia dalam dunia percaturan. Hal itu tentu saja membuatnya mengalahkan rekor dari Utut Adianto yang mendapatkan gelar tersebut di usia 21 tahun. Susanto kini juga tercatat sebagai pecatur terbaik dengan rating tertinggi sekitar 2550 poin per bulan Maret tahun 2021.

Novendra Priasmoro

Prestasi yang diraih oleh pemain catur terbaik Indonesia ini tidak main-main. Bahkan ia menorehkan dua prestasi sekaligus di mana sebagai juara di turnamen catur Liberec Open yang saat itu diadakan di Liberec, Republik Ceko. Ia juga memastikan menjadi peraih gelar Grandmaster setelah mendapat kemenangan secara beruntun di babak ketujuh turnamen tersebut. Ia juga telah 9 kali mengalahkan GothamChess dan saat ini ratingnya mencapai 2502, sedikit di bawah Susanto Megaranto.

Yoseph Theolifus Taher

Berikutnya ada Yoseph Theolifus Taher yang meraih rating 2455 dan telah berhasil menyandang gelar sebagai International Master pada tahun 2018 lalu. Pria kelahiran 1999 itu juga telah berhasil mencatat beberapa prestasi hebat seperti menahan remis dari GM Wang Hao yang dilakukan pada Kejuaraan Catur Kontinental Asia pada tahun 2018, tepatnya di Filipina. Ia juga pernah bermain remis bersama juara dunia catur wanita yaitu GM Ju Wenjun di babak yang keenam pertandingan Hunan Open 2019 yang diselenggarakan di China pada saat itu.

Sean Winshand Cuhendi

Nah, pada daftar terakhir ini ada Sean Winshand Cuhendi yang saat ini menempati peringkat ke empat pada daftar pemain catur terbaik di Indonesia. Tentunya dengan rating yang cukup tinggi yaitu sekitar 2149. Prestasi yang diraihnya pun sudah sedemikian banyak, salah satunya adalah peraih gelar International Master sejak tahun 2014 lalu. Sudah cukup lama dong ya, tapi kira-kira sejak kapan kalian kenal nama cowok berprestasi satu ini?

Itu dia sejumlah pemain catur terbaik di negara Indonesia yang jarang sekali dikenal dan diketahui oleh masyarakat. Sayang banget ya, orang orang hebat seperti mereka justru jarang mendapat perhatian. Lain halnya dengan orang-orang caper yang melakukan segala hal demi viral.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *