Varian Tak Terdeteksi Antigen, Ini Gejala Covid Omicron XBB

Pasang Iklan Disini

Wikimedan.com – Varian Tak Terdeteksi Antigen, Ini Gejala Covid Omicron XBB. Virus Covid-19 varian Omicron XBB diketahui telah muncul di berbagai negara salah satunya Indonesia. Adapun gejala yang disebabkan oleh XBB di antaranya mulai dari batuk, pilek, dan demam.

Kasus XBB pertama di Indonesia terdeteksi pada seorang perempuan yang baru kembali dari Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Ia kemudian melakukan pemeriksaan dan dinyatakan positif pada 26 September. Setelah menjalani isolasi, pasien telah dinyatakan sembuh pada 3 Oktober” ujar Juru Bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan RI M. Syahril.

Selain XBB, subvarian baru lainnya yaitu XBC. Keduanya dikabarkan menular secara cepat tetapi tidak menimbulkan gejala yang separah varian Delta

Namun, varian virus Covid-19 tidak terdeteksi oleh tes antigen. Oleh karena itu, penduduk RI harus tetap waspada meskipun varian yang baru disebut tidak menyebabkan gejala parah pada penderitanya.

Deteksi varian dan subvarian virus hanya bisa melalui pengurutan genom dengan menggunakan sampel yang dikumpulkan dari tes RT-PCR.

Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Erlina Burhan membantah kabar tentang Covid-19 varian XBB tak terdeteksi tes antigen.

Erlina menyatakan kabar yang beredar di banyak grup media sosial itu tak benar. Dia berkata tes antigen dan tes PCR masih bisa mendeteksi varian baru itu.

“Ini tidak sepenuhnya benar varian XBB tidak terdeteksi saat melakukan pemeriksaan antigen,” kata Erlina pada jumpa pers daring, Kamis (3/11).

 

Gejala Omicron XBB

Berdasarkan Center for Disease Control and Prevention (CDC), badan Amerika Serikat yang menangani pandemi, secara umum gejala varian ini mirip seperti gejala Covid-19.

Berikut gejala Omicron XBB dikutip dari situs CDC:

  1. Demam atau menggigil
  2. Batuk
  3. Sesak napas atau napas singkat
  4. Badan lemas dan mudah lelah
  5. Nyeri otot dan tubuh
  6. Sakit kepala
  7. Kehilangan indera perasa atau penciuman
  8. Sakit tenggorokan
  9. Pilek atau hidung tersumbat
  10. Mual atau muntah
  11. Diare.
Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *