VAR Bantu Cegah Kartu Merah Cristano Ronaldo


Berita Liga Champions, Juventus, Massimiliano Allegri, Cristiano Ronaldo
Berita Liga Champions – Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri yakin, Cristiano Ronaldo bisa tak diganjar kartu merah, jika VAR digunakan di Liga Champions.

Wikimedan – Manajer Juventus Massimiliano Allegri percaya Cristiano Ronaldo tak akan mendapat kartu merah melawan Valencia, jika VAR (video asisten wasit) digunakan di Liga Champions.

Cristiano Ronaldo diganjar kartu merah wasit usai kontak fisik dengan Jeison Murillo pada menit ke-29 di dalam kotak penalti. Ofisial di belakang gawang yakin, Ronaldo telah menyikutkan tangannya.

Wasit Jerman, Felix Brych, berkonsultasi dengan asistennya dan memilih untuk mengusir bintang Portugal itu.

Cristiano Ronaldo yang menangis, tinggalkan lapangan dengan raut muka tidak percaya. Tapi Massimiliano Allegri menyatakan, kartu merah Ronaldo tidak akan keluar jika UEFA menyetujui penggunaan VAR untuk turnamen klub utama Eropa itu.

“Saya hanya bisa mengatakan, VAR akan membantu wasit membuat keputusan secara tepat,” kata Massimiliano Allegri.

“Alasannya, karena itu masih menit ke-29 di babak pertama dalam sebuah pertandingan sulit. Bermain dengan 10 orang akibat kartu merah, itu tidak benar,” tegasnya.

“Itu bisa saja mempersulit situasi kami, tapi para pemain sangat bagus. Mereka bermain bagus selama pertandingan, sampai [kami unggul] 2-0 dan kemudian kami bertahan dengan disiplin. Mereka punya beberapa tembakan ke gawang, tapi tidak ada yang istimewa,” tambahnya.

Meskipun Ronaldo kena kartu merah, Juventus catatkan kemenangan 2-0 yang mengesankan di Stadion Mestalla lewat dua gol penalti Miralem Pjanic. Hasil itu membuat Juve berada di posisi kedua Grup H di belakang Manchester United, yang duduk di puncak klasemen setelah kalahkan Young Boys 3-0 di Bern.

Juventus akan hadapi Young Boys di Turin pada 2 Oktober mendatang, sebelum dua laga beruntun tandang dan kandang melawan United. Allegri pun merasa, timnya berada dalam posisi yang kuat.

Juventus dalam Kondisi Kuat

“Kami akan menghadapi Young Boys di kandang dan secara teori kami seharusnya bisa mengalahkan mereka,” kata Allegri.

“Ini tiga poin penting, yang memungkinkan kami untuk menghadapi grup dengan cara yang berbeda, tetapi kami masih harus memenangkan pertandingan yang tersisa,” tambahnya.

Cristiano Ronaldo Diragukan Tampil Kontra Manchester United

Masih harus dilihat apakah Ronaldo akan melewatkan pertandingan melawan United menyusul kartu merahnya. Tapi, dia pasti absen dalam pertandingan melawan Young Boys.

Kartu merah di Liga Champions menghasilkan larangan satu pertandingan otomatis tanpa hak banding. Hukuman laga kedua bergantung pada kebijaksanaan Badan Kontrol, Etika, dan Disiplin UEFA.

Peraturan UEFA 50,01 menyatakan, ‘Aturan menyebutkan, seorang pemain yang dikeluarkan dari lapangan permainan kena skorsing untuk pertandingan berikutnya dalam kompetisi klub UEFA (yaitu Liga Champions UEFA, Liga Europa UEFA, atau Piala Super UEFA)’.

“Dalam kasus pelanggaran serius, Badan Kontrol, Etika, dan Disiplin UEFA berhak untuk menambah hukuman ini, termasuk dengan memperpanjangnya ke kompetisi lain,” demikian aturan UEFA tersebut.

Advertisement

Komentar
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *