UMKM di Solo Dilatih Jualan Online

Wikimedan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengadakan sosialisasi belanja dan jualan secara online kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Kegiatan berlangsung di Bale Tawangarum, Kompleks Balai Kota, Solo, Kamis (15/11).

Acara sekaligus melibatkan marketplace Blibli.com. Tujuannya mendorong pelaku UMKM untuk go e-commerce atau go online dan meningkatkan pendapatan.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo Septriana Tangkari menjelaskan, kegiatan ini selaras dengan pencanangan yang digalakkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Yakni, program ekonomi kerakyatan.

“Kami ingin menggerakkan ekonomi rakyat dari sisi UMKM, yakni dengan go online. Dengan kegiatan ini diharapkan adanya peningkatan,” ungkap Septriana disela kegiatan sosialisasi.

Dengan semakin banyak UMKM yang go online, akan memberikan dampak terhadap peningkatan perekonomian. Ini akan membuat Indonesia menjadi Energy of Asia.

“Dengan menggandeng marketplace Blibli.com, diharapkan para pelaku UMKM semakin terstimulus untuk memaksimalkan e-commerce untuk mengembangkan usaha mereka,” harapnya.

UMKM di Indonesia mencapai 57,9 juta atau hampir 60 juta. Jumlah tersebut sangat besar jika dibandingkan dengan UMKM di Alibaba yang hanya 16 juta. Namun dari jumlah tersebut, hanya 9 persen saja yang sudah masuk ke marketplace.

“Maka dari itu, kami mendorong agar semakin banyak UMKM yang masuk ke marketplace. Karena dengan masuk ke marketplace, peningkatan bisa mencapai dua kali lipat atau bahkan 100 kali lipatnya,” imbuh Septriana.

(apl/JPC)


Kategori : Berita Nasional

Komentar
Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *