TPU Keputih Tambah 2 Blok Makam

Wikimedan – Pembangunan kompleks tempat pemakaman umum (TPU) Keputih berlanjut. Kemarin lahan sisi timur sudah diuruk. Rencananya, ada tambahan dua blok makam di area tersebut.Luas lahan yang sudah diuruk dan ditinggikan sekitar 60 x 60 meter. Akses kecil dan besar pun sudah disiapkan. Hanya, tanah belum ditinggikan sesuai akses yang ada.Paving untuk blok baru makam itu sudah memasuki proses lelang.

Anggaran yang disiapkan sekitar Rp 1,1 miliar. Begitu lelang selesai, pemenang lelang bisa segera merampungkan proyek tersebut.Hingga kemarin, dua alat berat masih disiagakan di lokasi. Kepala Pengelola TPU Keputih Edy Suherman mengatakan, lebar akses utama menuju makam sekitar 10 meter.

Sementara itu, untuk jalur di samping blok, disediakan sekitar 3 meter. Nah, salah satu jalur utama juga bakal terhubung dengan sisi utara makam.”Lahan yang tersedia tersebut cukup luas, bisa untuk dua blok makam,” katanya. Dia mengatakan, perluasan itu sesuai kebutuhan warga Surabaya.

Berdasar data TPU Keputih, paling tidak ada 150 jenazah yang dikuburkan dalam kurun waktu sebulan.Selain itu, blok makam di sisi timur lainnya diuruk. Posisinya berdekatan dengan JLLT. Sebelumnya, banyak area lahan perluasan yang merupakan bekas tambak.Meski begitu, pembangunan tetap difokuskan dulu di area lahan yang rampung diuruk. Tinggal penataan untuk meratakan tanah bekas urukan itu. Alat berat juga ditempatkan di sekitar area tersebut.Edy mengatakan, setiap blok makam bakal dibangun saluran air yang representatif dan tempat penanaman pohon.

Hal tersebut sesuai kajian teknis pembangunan.Lurah Keputih Mudita mengatakan, perluasan TPU Keputih sejatinya nyaris tanpa kendala. Mengenai perluasan TPU, rata-rata lahan terdampak sudah dibebaskan. Hanya, ada dua persil yang belum. ”Kurang sedikit. Cuma, pembangunannya dilakukan kan di sisi timur dulu,” katanya. Yang belum adalah bagian selatan. Dekat area makam nonmuslim. Dia mengaku belum mengetahui kelanjutan perluasan lahan terdampak itu.

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *